Sudah sejak lama para fans penasaran dengan sosok salah satu Yonko dalam cerita One Piece yaitu Shanks si Rambut Merah. Shanks merupakan salah satu karakter yang misterius dalam seri One Piece. Seperti halnya beberapa karakter lainnya, Eiichiro Oda masih merahasiakan informasi mengenai salah satu Yonko tersebut. Padahal, Shanks merupakan salah satu karakter yang muncul di awal serinya.

Sejauh ini, sosok Shanks memang hanya muncul beberapa kali. Dia hanya muncul dalam beberapa panel saja dalam sebuah situasi epik. Misalnya, saat momen pertama kali dia menyelamatkan Luffy. Atau ketika Shanks datang di Marineford dan menghentikan peperangan tersebut. Yang paling baru adalah bagaimana dia menghentikan admiral Aramaki di Wano.

SOSOK Shanks si Rambut Merah, Villain yang Diramalkan Akan Jadi Musuh Terakhir Luffy dalam One Piece - Tribunnewswiki.com Mobile

Oda Sensei sendiri sangat jarang mengupas atau menyinggung masa lalu Shanks. Dia lebih senang menghadirkan informasi tentang kekuatannya, seperti kekuatan Haki yang dahsyat. Selain itu, satu hal yang membuat Shanks “berbeda” adalah bagaimana orang-orang memperlakukan sosok Shanks. Nampak semua orang begitu menghormati atau mendengarkan apa yang Shanks katakan.

Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, siapa sebenarnya sosok Shanks? Rasanya, reputasinya sebagai Yonko tidak akan cukup untuk bisa mendapatkan rasa hormat sebesar itu. Hal ini pun memunculkan banyak spekulasi di kalangan fans, yang mana salah satunya mereka menyebutkan bahwa Shanks kemungkinan merupakan keturunan kaum naga langit.

Benarkah Shanks Keturunan Naga Langit?

Pertanyaan besarnya kemudian apakah Shanks memang benar keturunan naga langit? Jika melihat bagaimana orang-orang memperlakukannya, spekulasi itu bukan sesuatu yang mustahil. Di sisi lain, Geeks tentunya melihat bagaimana sikap Gorosei saat arc Reverie terjadi. Lima Tetua Bintang adalah salah satu penguasa tertinggi Pemerintah Dunia.

Bagaimana kemudian dia menganggap sosok Shanks seolah tamu bisa kita asumsikan bahwa dia bukanlah sosok biasa. Atau setidaknya Gorosei mengenal reputasi Shanks. Dan sepertinya spekulasinya memang benar terbukti seperti yang terungkap beberapa waktu kemarin. Eiichiro Oda akhirnya menghadirkan berbagai informasi lainnya mengenai sosok Shanks dalam booklet “One Piece 4 Billion.”

Booklet ini juga memang sengaja Oda hadirkan untuk menyambut film One Piece Film: Red. Selain itu, booklet ini pun berisi berbagai informasi penting mengenai Shanks dan juga Uta. Kita pun sedikit mendapatkan gambaran mengenai masa lalu Shanks. Salah satu informasi yang menarik dan penting tentang masa lalu Shanks adalah menurut Gorosei, dia berasal dari sebuah keluarga bernama “Fearland”  atau “Figarland.”

Why did Shanks go to meet the Five Elders (Gorosei)? How could a pirate talk to them? - Quora

Sayangnya, bookletnya sendiri tidak memberikan informasi detail mengenai keluarga Shanks tersebut. Kita tidak tahu dari mana asalnya atau siapa mereka sebenarnya, dan mengapa kemudian Gorosei bisa tahu tentang keluarga tersebut. Namun, bagaimana kemudian Gorosei mengetahui asal-usul Shanks dan keluarga Fearland/Figarland artinya keluarga tersebut bisa jadi bukanlah keluarga biasa.

Salah satu kemungkinan yang paling kuat adalah keluarga Fearland/Figarland merupakan salah satu dari 20 kerajaan yang bergabung untuk mengalahkan Kerajaan Kuno. Artinya, mereka mungkin adalah salah satu pendiri Pemerintah Dunia. Keluarga ini juga mungkin sempat berada di Mary Geoise untuk tinggal beberapa waktu. Namun, mereka bisa jadi memutuskan untuk keluar dari sana seperti halnya keluarga Donquixote dan juga Nefertari.

Masih Jadi Keturunan Naga Langit?

Dengan tidak adanya informasi mengenai Shanks atau keluarganya, sangat sulit untuk menarik kesimpulan apakah Shanks masih menjadi bagian dari kaum naga langit. Namun, melihat bagaimana sikap Gorosei, Sengoku, dan yang lain kemungkinan keluarga Fearland masih menjadi bagian dari kaum naga langit. Atau skenario lainnya adalah meskipun mereka tidak lagi jadi bagian dari kaum naga langit, ada semacam kontribusi atau hutang budi besar terhadap keluarga Fearland.

Celestial Dragons Members - Comic Vine

Dengan demikian keluarga mereka terus dihormati, baik oleh Gorosei atau banyak pihak yang berkaitan dengan Pemerintah Dunia. Tetapi, ada juga kemungkinan lain. Mengingat bagaimana Gorosei masih bersikap baik terhadap Shanks bisa jadi karena keluarga Fearland sebagian masih ada di Mary Geoise. Hanya Shanks yang kemudian memutuskan untuk keluar dan menjadi bajak laut.

Terkait Masa Lalu?

Skenario menarik lainnya adalah Gorosei tahu cerita masa lalu Shanks. Dalam bookletnya dijelaskan bahwa saat usia satu tahun dia sempat diculik dan menghilang, sampai kemudian Rayleigh dan Roger yang menemukannya. Dalam hal ini, Gorosei tahu apa alasan Shanks menjadi bajak laut, dan juga masa lalunya. Sehingga, mereka mungkin tetap menganggap Shanks sebagai bagian dari keluarga Fearland.

Gorosei mungkin memaklumi atau memahami situasi Shanks yang dibesarkan oleh Roger. Sehingga, dia pun memiliki pola pikir dan perilaku layaknya seorang bajak laut. Mereka tahu semua detailnya, yang mana Gorosei mungkin memberikan “pengecualian” kepada Shanks. Sehingga, meskipun Gorosei tahu bahwa Shanks adalah seorang bajak laut namun dia tetap menghormati garis keturunannya.

One Piece mengungkapkan asal usul Shanks - World news

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, informasi tentang keluarga Fearland yang bisa kita ketahui adalah mereka bukanlah keluarga biasa. Dan mengapa Gorosei kemudian hormat terhadap Shanks kemungkinan ada kaitannya dengan keluarganya. Hal ini berdasarkan petunjuk bagaimana para Gorosei mengetahui dan mengenal keluarga itu. Artinya, mereka bukanlah keluarga sembarangan.

Ada kemungkinan keluarga Fearland merupakan salah satu dari 20 keluarga kerajaan yang membentuk Pemerintah Dunia, yang mana artinya mereka adalah kaum naga langit. Jika memang benar demikian, maka asumsinya Shanks pun adalah keturunan kaum naga langit. Namun, semuanya masih perlu konfirmasi lebih lanjut dari Oda. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.