Sosok Uta menjadi idola baru bagi para penggemar One Piece. Karakter baru ciptaan Eiichiro Oda ini berhasil merebut perhatian para fans setelah kemunculannya dalam One Piece Film: Red. Selain merupakan karakter baru ciptaan Eiichiro Oda yang spesial, Uta juga ternyata adalah anak dari Shanks. Berbagai hal menarik inilah yang membuat Uta banyak menjadi sorotan para fans.

Uta merupakan karakter mahakarya terbaru dari Oda Sensei, setelah sebelumnya dia mengaku bosan untuk mengambar karakter pria dan juga sosok dewasa. Dan ternyata, tanpa diduga kepopuleran dari sosok Uta benar-benar luar biasa. Bahkan, sejak pertama kali diperkenalkan pun sosok Uta sudah banyak membuat para fans penasaran. Filmnya sendiri menghadirkan beberapa hal menarik tentang Uta.

Trailer One Piece Red Perkenalkan Anak Perempuan Shanks

Yang pertama adalah ternyata Luffy dan Uta sudah saling mengenal sejak lama. Luffy tahu bahwa Uta adalah anak dari Shanks, dan bahkan mereka merupakan teman masa kecil saat di desa Foosha. Namun, karena sudah lama berpisah akhirnya Uta pun sedikit melupakan Luffy. Meskipun begitu, keduanya nampak masih mengingat satu sama lain.

Yang kedua, Uta memiliki kekuatan buah iblis yang mana berkat kekuatan lagu yang dia bawakan dia akan membawa kebahagiaan bagi seluruh orang-orang. Namun, ternyata hal itu hanyalah sebuah ilusi yang muncul dalam ‘Uta’s World’ yang merupakan dunia utopia dalam pikiran atau benak Uta. Dia akan memanipulasi orang-orang untuk bisa bahagia dalam dunia tersebut dan melupakan dunia asli.

Apakah Uta Karakter Canon?

Berbicara mengenai sosok Uta, banyak para fans yang bertanya apakah karakternya merupakan bagian dari cerita utama serinya alias canon. Umumnya, para karakter yang muncul dalam film layar lebar One Piece bukanlah bagian dari cerita utama alias bukan canon. Namun, untuk Uta sendiri sebenarnya sangat sulit untuk menentukan apakah dia menjadi bagian dari canon atau tidak.

Sebenarnya, Uta pernah muncul dalam cerita utama One Piece, tepatnya pada chapter 1055. Shanks saat itu nampak sedang bertarung melawan Aramaki. Dia mengatakan bahwa menghadapi para generasi baru yang akan membawa perubahan merupakan sesuatu yang tidak etis. Dalam momen inilah kita melihat Shanks teringat akan sosok generasi baru yang akan membawa perubahan besar pada dunia.

Ada sosok Luffy yang masih kecil, di mana saat itu dia menusuk pipinya untuk membuktikan kepada Shanks bahwa dia sudah dewasa. Kemudian ada juga momen Momonosuke kecil bersama Kozuki Oden, dan juga Hiyori yang baru lahir bersama dengan ibunya, Kozuki Toki. Dan yang terakhir ada sosok misterius berbalut siluet, yang mana jika melihat dari desain karakternya sosok tersebut adalah Uta.

Meskipun kita tahu bahwa itu adalah sosok Uta, namun Oda sama sekali belum pernah mengonfirmasi, menjelaskan, atau memberi tahu tentang sosok Uta dalam cerita utamanya. Hal ini berbeda dengan Momonosuke atau pun Luffy. Meskipun sebagian fans menganggap siluet tersebut menjadi bukti bahwa Uta adalah karakter canon, namun selama Oda masih belum memperkenalkannya dalam cerita utama – baik melalui narasi, kilas balik, atau referensi – maka artinya Uta bukan bagian dari canon.

Di sisi lain, kemunculan siluet Uta ini juga bisa jadi petunjuk tentang kemunculannya di seri utama One Piece. Untuk saat ini, mungkin Oda masih belum akan menghadirkan Uta dalam versi canon. Namun, bukan hal mustahil jika kedepannya Oda akan memperkenalkan Uta secara fisik muncul dalam cerita utamanya. Tentunya ini akan menjadi sangat luar biasa.

Apakah Uta Akan Menjadi Nakama Baru?

Salah satu spekulasi atau pertanyaan yang sering muncul ketika ada satu karakter muncul dalam cerita atau sebuah adalah apakah sosok karakter tersebut akan bergabung menjadi Nakama baru. Sudah banyak bukti bagaimana sebuah karakter sering kali dikaitkan dengan menjadi Nakama baru. Salah satu contohnya adalah Carrot. Salah satu suku Minks ini menjadi salah satu kandidat para fans untuk menjadi Nakama baru.

Hal ini terjadi sebelum arc Wano selesai. Carrot sudah ikut bersama Luffy bahkan sejak arc Whole Cake Island, bahkan sampai akhir arc Wano Country. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Carrot dispekulasikan menjadi bagian dari Nakama kedepannya, yang ternyata tidak terbukti. Carrot jusru mendapatkan tugas baru yaitu sebagai pemimpin Mokomo Dukedom yang baru.

Lalu, bagaimana dengan Uta? Seperti penjelasan di atas, Uta bukanlah karakter canon – untuk saat ini. Sehingga, rasanya mustahil bagi Uta untuk kemudian bisa bergabung dengan kelompok Topi Jerami. Jika kemudian berkaca pada filmnya, Uta rasanya tidak akan mau bergabung dengan kelompok Luffy. Mengapa? Karena dia sudah merasa menjadi bagian dari kru dari kelompok bajak laut Rambut Merah.

Meskipun begitu, lagi-lagi, seperti yang disebutkan di atas, bahwa hal ini bisa saja berubah ketika Oda benar-benar memperkenalkan Uta dalam cerita utamanya. Ketika Uta sudah 100% menjadi bagian dari canon, bukan hal mustahil bagi Oda untuk membuatnya menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei memiliki rencana kedepannya untuk sosok Uta.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.