Siapa sosok misterius di episode 1 House of the Dragon? Sesuai dengan judulnya, House of the Dragon adalah serial prekuel Game of Thrones yang berfokus pada klan penunggang naga, Targaryen. Rilis perdana pada tanggal 21 Agustus, serial yang berlangsung sekitar 172 tahun sebelum era Mad King ini terbilang cukup berhasil menarik perhatian banyak penggemar. Salah satu alasannya adalah karena plotnya yang menghadirkan legenda ‘Dance of the Dragon‘. Yaitu perebutan kekuasaan di Westeros yang akhirnya menjadi perang saudara di antara klan Targaryen.

Meskipun baru menayangkan episode perdananya yang berjudul ‘The Heirs of the Dragon‘, tetapi serialnya sudah mulai memperkenalkan sejumlah karakter menarik. Yang nantinya akan memainkan peran penting dalam konflik Targaryen, khususnya yang terjadi di King’s Landing. Selain para Targaryen, seperti King Viserys, Princess Rhaenyra, dan Prince Daemon, episode 1 kemarin juga telah menghadirkan seorang karakter yang cukup menarik perhatian sekaligus misterius.

Dia adalah Ser Criston Cole, yang telah berhasil mengalahkan Daemon di pertandingan para kesatria Seven Kingdom. Tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa aura dari karakter Criston mirip seperti Jon Snow, karakter penuh kejutan yang akhirnya mempunyai peran sangat penting di serial Game of Thrones. Apakah ini artinya Criston juga akan mempunyai peran yang tidak kalah penting di serial House of the Dragon? Sebelum membahas hal tersebut, mari kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya sosok misterius dari Ser Criston Cole.

BACA JUGA: Apa Arti Mimpi Aegon di House of the Dragon?

Karakter Underdog di House of the Dragon

Pemeran Ser Criston Cole di serial House of the Dragon adalah seorang aktor muda bernama Fabien Frankel. Dalam sesi wawancaranya dengan Extra beberapa waktu lalu, Frankel sempat mengatakan bahwa karakternya tersebut cukup pendiam dan merupakan seorang ‘underdog’. Dia juga menambahkan bahwa Criston adalah karakter yang akan memainkan peran cukup penting dalam politik kekuasaan di serialnya. Penjelasan karakternya ini cukup selaras dengan penggambaran karakter Criston di novel asli Fire & Blood karya George R.R. Martin.

Di novelnya, Criston adalah seorang kesatria dari klan Cole yang akhirnya mendapatkan kesempatan emas untuk menjadi Lord Commander dari Kingsguard yang awalnya mengabdi pada King Viserys (Paddy Considine). Karena sering bersinggungan dengan Princess Rhaenyra (Emma D’Arcy), nantinya dia akan menjadi sahabat bagi sang putri. Di mana Rhaenyra sendiri adalah salah satu pihak utama yang terlibat dalam perebutan kekuasaan di King’s Landing. Dari sini sudah cukup jelas bahwa secara tidak langsung, Criston nantinya akan terseret dalam perang saudara klan Targaryen.

BACA JUGA: 9 Karakter Penting di House of the Dragon!

Berdasarkan penggambaran resmi HBO, Criston merupakan seorang keturunan Dornish. Dia adalah seorang anak dari pelayan Lord of Blackhaven yang sama sekali tidak mempunyai tanah atau wilayah seperti kebanyakan kesatria di Seven Kingdom. Beberapa hal yang bisa dia banggakan hanyalah namanya dan juga keterampilannya dalam menggunakan pedang. Sekilas karakternya ini memang mirip seperti Jon Snow yang awalnya bukan siapa-siapa, tetapi akhirnya memainkan peran besar di Game of Thrones.

Masa Depan Criston di House of the Dragon

Jika serialnya mengambil arah yang sama seperti novelnya, tidak lama lagi Criston akan menjadi bagian dari Kingsguard untuk King Viserys. Karena di novelnya, tidak lama setelah dia mengalahkan Prince Daemon (Matt Smith), King Viserys ingin menyenangkan Rhaenyra dengan menjadikan Criston sebagai pengawal pribadinya. Pada titik inilah Criston yang usianya masih muda, berhasil menjadi anggota Kingsguard. Meskipun awalnya dia sangat bersahabat dengan Rhaenyra, tetapi takdir masa depannya akan berubah drastis.

BACA JUGA: 4 Perebut Kekuasaan di House of the Dragon!

Itulah pembahasan mengenai sosok misterius di episode 1, Ser Criston Cole, yang nantinya akan memainkan peran penting dalam politik kekuasaan Seven Kingdom. Sejauh ini masih belum terungkap apakah kisah serialnya akan 100% mengambil materi dari novelnya atau tidak. Yang jelas, karakter underdog sepertinya memang layak untuk diwaspadai, khusunya oleh Princess Rhaenyra dan juga Prince Daemon. Kita lihat saja nanti seperti apa pergerakan Criston dan intrik politiknya di serial House of the Dragon episode mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.