Dunia dalam seri Attack on Titan memang dipenuhi oleh berbagai hal yang menarik dan unik, seperti kemunculan sosok Titan yang menjadi ancaman besar umat manusia. Perseteruan abadi antara bangsa Marley dan Eldian juga menjadi hal yang menarik lainnya dari seri ini. Dan yang paling jelas tentunya adalah banyaknya karakter-karakter dahsyat yang muncul dalam cerita.

Eren dan Zeke Yeager mungkin adalah dua karakter utama yang saat ini menjadi sorotan. Kemudian kita juga melihat beberapa karakter lain seperti Reiner Braun, Pieck Finger, dan sebagainya. Namun, tidak semuanya karakter kuat yang hadir adalah para Titan Shifter. Ada juga karakter yang memiliki kekuatan, tetapi mereka tidak memiliki kekuatan Titan. Siapa saja?

Hange Zoe

Diantara sekian banyak karakter yang ada di resimen Survey Corps, Hange Zoe mungkin bisa dibilang adalah salah satu karakter yang kemunculannya kurang diapresiasi. Padahal, Hange merupakan sosok penting dalam kelompok tersebut. Meskipun Hange tidaklah kuat dalam hal fisik seperti karakter lain, namun Hange memiliki kelebihan dalam hal lain.

Hange diketahui memiliki kekuatan dalam hal kecerdasan yang dia miliki. Hange sering melakukan riset dan mencari serta mengumpulkan intelijen. Inilah yang membuat Hange menjadi sosok yang tidak tergantikan di Survey Corps. Tidak ada yang lebih paham tentang Titan dan eksperimen tersebut selain Hange. Thunder Spear menjadi bukti nyata kejeniusan Hange Zoe.

Historia Reiss

Sama halnya seperti Hange, Historia memang bukanlah sosok yang ahli dalam hal bertarung atau menjadi sosok yang banyak menghabisi Titan dalam pertarungan. Yang menjadikan sosok Historia sebagai karakter kuat adalah darah kerajaan yang ada dalam dirinya serta kompas moral yang dia yakini membuatnya menjadi sosok pemimpin yang luar biasa.

Hal tersebut pula yang kemudian membuat Historia menerima posisi Ratu atau pemimpin di wilayah Paradis. Reiss menjadi sosok yang paling penting di seluruh Pradis dan dunia Attack on Titan. Dia bisa saja memerintahkan pasukannya untuk melakukan apa pun. Tetapi, sikapnya yang luar biasa yang menjadikan Historia istimewa.

Mikasa Ackerman

Mikasa Ackerman mungkin adalah sosok paling kuat nomor dua atau tiga dari klan Ackerman selain Kenny dan juga Levi. Meskipun Mikasa adalah sosok yang sangat luar biasa dalam hal bertarung, yang membuat Mikasa spesial adalah dia tidak dibesarkan untuk menjadi seorang pembunuh atau petarung. Berbeda dengan Kenny dan juga Levi yang memang sudah dibentuk sedari kecil untuk hal tersebut.

Mikasa benar-benar harus berjuang keras dan berlatih untuk bisa memenuhi ekspektasi orang-orang bahwa dia adalah seorang Ackerman, dan juga membuka potensinya. Jika harus berhadapan dengan para pasukan lainnya, Mikasa bisa menghabisi mereka dengan mudah. Bahkan, jika pun harus berhadapan dengan Titan Shifter, peluang menang Mikasa sangat tinggi.

Erwin Smith

Salah satu karakter yang banyak dicintai oleh para fans di serinya, dan juga salah satu karakter yang populer. Meskipun Erwin Smith bukan bagian dari klan Ackerman, dia memiliki pengalaman dan kemampuan untuk bersaing dengan seorang Levi Ackerman. Bahkan, Erwin mampu membuat Levi menyerah.

Itulah bukti seberapa tangguh sosok Erwin sebagai seorang pasukan Survey Corps. Tetapi, sebenarnya kemampuan atau kehebatan terbesar dari Erwin terletak pada jiwa kepemimpinan dan kemampuan memimpinnya yang sangat tinggi. Belum lagi kemampuan taktis dan menyusun strategi. Dialah sosok yang paling berpengaruh di banyak pertempuran yang dihadapi oleh Paradis. Jika dia mau bahkan bisa saja Erwin menjadi pemimpin di Paradis.

Levi Ackerman

Dari seluruh daftar karakter yang ada, dan semua karakter non Shifter di serinya, Levi tetap menjadi yang pertama dalam hal kekuatan dan juga kemampuan. Tidak ada tentara atau manusia yang lebih baik dari Levi Ackerman. Gen Ackerman dalam dirinya membuat Levi menjadi Ackerman terbaik.

Kemampuan Levi bukan hanya membuatnya unggul dalam pertarungan melawan Titan, melainkan juga manusia. Bahkan, para Warrior Marley pun ketakutan saat melihat Levi karena level mereka yang jauh di bawah Levi. Contoh terbaru adalah Levi mampu mengalahkan Beast Titan sendiri. Jika bukan karena Ymir, Zeke mungkin sudah tewas.

Falco Grice

Falco mungkin bukan sosok yang kuat secara fisik atau secara kemampuan. Falco adalah sosok anak kecil yang berjuang dan berusaha bertahan hidup di tengah pertempuran Marley dan Eldian. Falco bisa dibilang adalah gambaran dari sosok Eren Yeager saat dia masih kecil. Satu hal yang membuat Falco luar biasa adalah kekuatan mentalnya.

Falco rela melakukan apa pun demi melindungi sosok yang dia cintai, Gabi Braun. Falco juga sudah sering disiksa, dihajar oleh orang dewasa, dan bahkan dia ikut bertarung dan berhasil selamat dari serangan Eren. Folco adalah sosok anak-anak yang harus terjebak dalam kebencian abadi. Namun, yang luar biasanya adalah Falco masih bisa melihat sisi baik dari semuanya.

Para pemilik kekuatan Titan memang harus diakui menjadi karakter kuat berkat hal tersebut. Mereka bisa bertransformasi menjadi monster berukuran rasasa, menghancurkan bangunan, dan sebagainya. Namun, para “manusia” di atas pun tidak kalah kuat dengan keunggulan mereka di berbagai bidang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.