Arc Wano Country sering kali dikaitkan dengan sosok Roronoa Zoro. Banyak fans beranggapan bahwa Zoro mungkin memiliki koneksi yang mendalam dengan Wano, bahkan mungkin asal-usulnya berasal dari sana. Hal ini wajar memang jika melihat berbagai elemen yang muncul di Wano memiliki kesamaan dengan Zoro. Misalnya, di Wano hampir semua penduduknya adalah ahli pedang dan samurai.

Kemudian tempat lahir Zoro di East Blue adalah desa Shimotsuki. Shimotsuki sendiri merupakan salah satu klan yang dihormati oleh para penduduk Wano. Mereka menghuni wilayah Ringo, dan menjadi penguasa di wilayah tersebut. Selain itu, ada juga teori lainnya yang berkaitan dengan sosok Zoro yaitu adanya kemungkinan koneksi antara Ushimaru dan Zoro.

Dalam teorinya, dijelaskan bahwa ada kemungkinan bahwa Shimotsuki Ushimaru merupakan ayah dari dari Zoro. Teori ini muncul berdasarkan desain karakter Ushimaru yang sangat mirip dengan sosok Zoro. Bahkan, beberapa karakter lain seperti Hyogoro pun mengakui bahwa Zoro dan Ushimaru memiliki kemiripan.

Namun, dalam kolom SBS Volume 101 Oda Sensei menjelaskan bahwa tidak ada koneksi antara Ushimaru dan Zoro. Seorang fan bertanya kepada Oda Sensei apakah memang Ushimaru benar merupakan ayah dari Zoro. Oda pun kemudian menjelaskan bahwa Ushimaru bukanlah ayah dari Zoro, dan keduanya tidak memiliki koneksi apa pun.

Menurut penjelasan Oda, setelah kematian dari Kozuki Oden, seluruh wilayah di Wano akhirnya bangkit dan berusaha untuk mengalahkan Orochi. Sayangnya, mereka semua berhasil dikalahkan oleh kelompok bajak laut Beast. Shimotsuki Ushimaru dan Onimaru, rubah yang mencuri pedang Shusui dari Zoro, merupakan pasangan yang populer saat itu.

Oda juga menjelaskan bahwa pada awalnya, dia hendak menghadirkan sebuah momen di mana Onimaru mencuri pedang Shusui dari Zoro, dan dia terkejut dengan penampilan Zoro di mana dia terlihat mirip dengan Ushimaru muda. Namun, Oda menuturkan bahwa hal tersebut membuat semuanya menjadi terlalu rumit sehingga dia memutuskan untuk menghilangkannya.

Selain menghadirkan informasi tentang Ushimaru, dan bagaimana Ushimaru serta Zoro bukanlah ayah dan anak, Oda pun memberikan informasi penting mengenai para Daimyo yang sempat dikurung bersama dengan Ushimaru di penjara batu Onigashima. Keduanya sempat menjadi misteri di mana para fans penasaran dengan nama mereka.

Menurut Oda, nama dari kedua Daimyo tersebut adalah Fugetsu Omusibi, Daimyo yang memiliki kepala berbentuk segitiga, dan Uzuki Tenpura. Yang menarik adalah Oda menjelaskan bahwa dia tidak akan menjelaskan atau menghadirkan tentang asal-usul dari keluarga Ushimaru. Namun, hal tersebut mungkin saja bisa berubah suatu hari nanti.

Oda juga menjelaskan bahwa dia tidak akan menghadirkan atau menyebutkan nama kedua karakter Daimyo tersebut dalam versi manganya, sehingga inilah alasan Oda menghadirkan nama keduanya di kolom SBS. Menarik tentunya melihat bagaimana Oda tidak mau menghadirkan asal-usul dari seluruh keluarga Ushimaru di manganya, meskipun sebenarnya dalam kolom SBS sebelumnya pun Oda sudah sempat menjelaskan tentang silsilah klan Shimotsuki.

Juga bagaimana Oda Sensei tidak mau untuk menghadirkan nama kedua Daimyo lainnya dalam cerita manganya juga cukup mengherankan. Mungkin, seperti halnya beberapa hal lainnya dalam seri One Piece, Oda beranggapan bahwa hal tersebut tidak ada kaitannya dengan cerita yang ada. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.