Harus diakui bahwa Monkey D. Luffy sudah mengalami banyak sekali perubahan selama dia menjadi seorang bajak laut. Sudah banyak lawan yang dia hadapi, yang membuat pengalaman bertarungnya berkembang pesat. Dan akibatnya, Luffy dianggap menjadi salah satu bajak laut terhebat di dunia One Piece. Saat ini, terbukti Luffy sedang menghadapi makhluk paling kuat di dunia, Kaido.

Kaido merupakan salah satu Yonko, selain Shanks, Blackbeard, dan Big Mom. Kaido merupakan sosok paling kuat di dunia saat ini, di mana berdasarkan nilai buruannya, dia berada di bawah Whitebeard. Dan satu hal yang membuat Kaido luar biasa dan mendapatkan julukan makhluk paling kuat di dunia adalah bagaimana Kaido mampu bertahan dari berbagai serangan.

Seperti yang pernah dijelaskan dalam ceritanya, Kaido pernah ratusan kali mencoba untuk mati namun selalu gagal. Angkatan laut pun berkali-kali menangkapnya, menyiksanya, dan mencoba mengeksekusinya namun gagal. Dalam pertempuran Onigashima pun sudah banyak sekali serangan yang dilakukan terhadap Kaido, namun dia masih tetap bertahan – meski pun perlahan dia mulai melemah.

One Piece Perkenalkan 6 Prajurit Terkuat Kaido! | Greenscene

Ada sebuah hal yang menarik perhatian dalam chapter 1026 kemarin, di mana Luffy meminta Momonosuke untuk kemudian menggigit Kaido. Momo saat ini berhasil berubah wujud menjadi naga besar, setelah Shinobu membantunya untuk berubah menjadi dewasa. Dan dia pun ikut bertarung bersama Luffy di atap istana Kaido. Meski pun pada awalnya Momo tidak bisa karena ketakutan, namun akhirnya dia mampu menggigit Kaido.

Selanjutnya Luffy mengatakan kepada Momo bahwa setelah menggigit Yonko, tidak ada yang perlu lagi untuk ditakutkan. Sekilas memang tidak ada yang salah dengan apa yang diucapkan oleh Luffy, mengingat ini merupakan kata-kata motivasi bagi Momonosuke untuk bisa lebih berani. Namun, Luffy seolah meremehkan kekuatan Kaido. Dalam artikel lain, sempat disebutkan bagaimana kekuatan fisik dari Kaido.

▷ ONE PIECE 1008: Kaido's hybrid form after months of hypothesis 〜 Anime Sweet 💕Ratusan tusukan dan berbagai serangan yang diarahkan kepada Kaido masih belum cukup untuk bisa menumbangkannya. Bahkan, jika berbicara Luffy, Luffy sendiri sudah berhasil dikalahkan oleh Kaido lebih dari 2 kali. Artinya, level Luffy sekali pun bahkan masih belum sanggup untuk bisa mengalahkan Kaido – meski pun pada akhirnya diyakini Luffy akan mampu mengalahkannya.

Seperti yang disebutkan di atas, bisa dipahami bahwa kata-kata tersebut hanya untuk motivasi Momo semata. Namun, di sisi lain hal ini terlalu meremehkan Kaido. Apakah Kaido merupakan tolok ukur sebuah keberanian? Bukan berarti seperti itu. Perlu dipahami bahwa dengan julukannya sebagai makhluk paling kuat di seluruh dunia, artinya Kaido bukanlah sosok sembarangan.

Bagaimana dia bisa mengalahkan Luffy dengan mudah, dan bagaimana dia bisa bertahan sampai sejauh ini menjadi bukti seberapa dahsyat Kaido. Apa yang terjadi kepada Luffy dan Momo memang mungkin ada kaitannya dengan ‘plot armor’ dari cerita One Piece. Pasalnya, semua karakter yang berkaitan dengan Luffy, atau memiliki peran untuk bisa mewujudkan mimpi atau membantu Luffy, selalu juga terlibat dalam plot armor yang disediakan oleh Oda Sensei.

Sejauh ini, Kaido merupakan lawan yang paling sulit untuk ditaklukan dan paling membuat Luffy harus berjibaku dengan lebih keras. Lawan yang membuat Luffy memaksakan dirinya untuk berkembang. Jadi, rasanya tidak adil jika kemudian Luffy mengatakan bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan dari Kaido. Padahal Luffy sudah melihat apa yang dilakukan Kaido terhadap Wano dan merasakan kekuatannya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.