kabar terbaru dari proyek film Fantastic Four menyebutkan aktris Julai Garner akan berperan sebagai Shalla-Bal, Silver Surfer wanita pertama di Marvel Universe. Marvel Studios sedang berbenah dan bergerak cepat untuk menghadirkan berbagai proyek yang sudah mereka siapkan. Salah satu proyek film yang sedang dalam sorotan saat ini adalah Fantastic Four. Sempat muncul rumor jika filmnya akan menghadirkan karakter Silver Surfer versi wanita. Kabar terbaru kemudian menyebutkan Julia Garner akan berperan sebagai Shalla-Bal Silver Surfer wanita pertama di Marvel Universe.

3Silver Surfer Wanita Pertama

Jika pada umumnya sosok asli di balik nama Silver Surfer adalah Norrid Radd, namun sosok di balik Silfer Surfer wanita ini adalah Shalla-Bal. Dia merupakan sosok karakter yang pertama kali muncul di komik Silver Surfer #1 pada tahun 1968. Shalla-Bal merupakan karakter hasil karya dari Stan Lee dan John Buscema. Dalam cerita komiknya, Shalla-Bal berasal dari sebuah planet bernama Zenn-La.

Planet Zenn-La sendiri merupakan sebuah planet yang awalnya diciptakan oleh Norrin Radd alias Silver Surfer. Shalla-Bal sendiri merupakan Ratu alias penguasa di planet tersebut. Ada sebuah kisah dramatis antara Shalla-Bal dan Norrin Radd. Dia merupakan love interest sekaligus juga istri dari Norrin Radd dalam cerita komiknya. Mereka berdua bertemu setelah kematian dari ibu Radd.

Sang Silver Surfer memutuskan untuk tidak memperdulikan perasaan ibunya dan lebih fokus pada tugasnya. Ketika kemudian Norrin Radd mendapatkan Power Cosmic dari Galactus dan menjadi Silver Surfer, dia memutuskan untuk meninggalkan Shall-Bal. Hal tersebut sengaja dia lakukan agar Galacus tidak mengincar planet Zenn-La dan memakannya. Sehingga Shalla-Bal selamat dari rasa lapar Galactus.

Meskipun begitu, Radd memutuskan untuk kembali ke planet Zenn-La. Pada momen inilah dia akhirnya menikahi Shalla-Bal. Dan pada momen ini juga Shalla-Bal menjadi Silver Surfer wanita pertama di Marvel Universe. Hal ini terjadi setelah Norrin Radd membagikan sedikit kekuatan Power Cosmic miliknya kepada sang istri. Meskipun begitu, ada alasan mengapa dia membagikan Power Cosmic kepada Shalla-Bal.

Di sepanjang cerita komiknya, Shalla-Bal harus mengalami banyak nasib tragis. Mulai dari tubuhnya yang dimanfaatkan untuk dikloning, hingga dimanfaatkan dan dikendalikan oleh Mephisto. Bahkan, dia juga beberapa kali diceritakan tewas. Melihat kondisi tersebut dan juga ancaman dari Galactus akhirnya Norrin Radd memutuskan untuk membagi kekuatan Power Cosmic miliknya agar Shalla-Bal bisa bertahan dari serangan Galactus dan ancaman lain.

Dengan kekuatan Power Cosmic itu juga Shalla-Bal bahkan harus menjadi Herald of Galactus layaknya Norrin Radd. Selain di komik Silver Surfer sendiri, Shalla-Bal sudah muncul di beberapa cerita komik lainnya. Dalam mayoritas cerita Marvel, Shalla-Bal digambarkan sebagai sosok alien berbentuk manusia yang merupakan pemimpin dari planet Zenn-La.

Namun, cerita Shalla-Bal jadi Silver Surfer wanita pertama di Marvel Universe terjadi dalam sebuah miniseries yaitu Earth X. Dalam miniseries tersebut dia muncul sebagai Silver Surfer, meskipun hanya sebentar. Setelah mendapatkan kekuatan Power Cosmic, Shalla-Bal kemudian menjadi Herald bagi sosok Galactus yang baru yaitu Franklin Richards. Sayangnya, dia diceritakan tewas.

Shalla-Bal sendiri tidak memiliki kekuatan super apapun. Dia hanya memiliki kemampuan fisiologis yaitu usia yang panjang sebagai penduduk planet Zenn-La. Selain itu, tidak ada lagi kekuatan dahsyat dari karakternya. Ketika dia menjadi Silver Surfer, kekuatannya pun mirip dengan Norrin Rad. Karena dalam cerita komiknya sendiri Shalla-Bal tidak terlalu lama muncul sebagai Silver Surfer, tidak banyak informasi yang kita ketahui tentang karakternya.

Shalla-Bal Di MCU – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.