Pada tahun 2023, Indiana Jones and the Dial of Destiny tampil kurang memuaskan ketika rilis di bioskop. Film yang menjadi petualangan terakhir bagi Harrison Ford sebagai Indiana Jones ini akhirnya menimbulkan kerugian besar bagi Disney di box office, dengan laporan baru mengungkapkan seberapa besar kerugian yang dialami mereka. Dilansir Forbes, Disney dilaporkan mengalami kerugian sebesar $134,2 juta akibat Indiana Jones and the Dial of Destiny,

Jumlah itu bahkan lebih besar dari pendapatan yang diperoleh film tersebut di box office. Kerugian itu terjadi akibat anggaran yang sangat besar untuk sekuel ini, dengan biaya tambahan dari pasca-produksinya sebesar $79 juta, yang membuat anggaran total keseluruhannya menjadi $387,2 juta. Film tersebut akhirnya hanya mendapatkan total $384 juta di box office. Menurut sumber, Disney sebenarnya hanya mendapat separuh dari pendapatan box office-nya, sehingga Disney diperkirakan hanya meraup $192 juta untuk Dial of Destiny.

Berita baiknya adalah film ini masih bisa menghasilkan lebih banyak uang bagi Disney di luar penjualan filmnyay di bioskop. Penjualan merchandise dari film tersebut akan menambah pendapatan, meskipun belum jelas seberapa besar uang yang diperoleh dari sumber ini. Film ini juga dilaporkan sangat sukses ketika dirilis untuk disewa dan dibeli secara digital di pasar VOD, dan menarik banyak penonton ketika ditambahkan ke Disney+.

Harrison Ford telah menyatakan bahwa Dial of Destiny akan menjadi film terakhirnya sebagai Indiana Jones. Tetapi franchise ini masih akan berlanjut, meskipun kegagalan box office mungkin membuatnya menjadi tidak mungkin. Phoebe Waller-Bridge juga setuju bahwa tidak ada yang dapat “menggantikan” Harrison Ford sebagai Indiana Jones, meskipun dia masih merasa bahwa ada potensi cerita untuk dijelajahi dengan karakter Helena Shaw.

James Mangold menyutradarai Indiana Jones and the Dial of Destiny dengan naskah yang ditulis bersama Jez Butterworth, John-Henry Butterworth, dan David Koepp. Film ini dibintangi oleh Harrison Ford, Phoebe Waller-Bridge, Antonio Banderas, John Rhys-Davies, Toby Jones, Boyd Holbrook, dan Mads Mikkelsen. Kita tunggu aja ya Geeks apa yang akan terjadi pada franchise Indiana Jones ini nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/