Lebih dari sekedar moda transportasi beberapa kuda legendaris di Lord of the Rings memiliki peranan yang tidak kalah penting. Cerita Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien memang penuh dengan berbagai hal menarik dan nuansa fantasi. Mulai dari para karakternya, berbagai hal seperti Rings of Power, bahkan hingga berbagai binatang yang muncul dalam ceritanya. Salah satunya adalah kuda. Dalam cerita Lord of the Rings terdapat beberapa kuda yang dianggap legendaris. Apa saja?

6Windfola

Kuda legendaris di Lord of the Rings selanjutnya bernama Windfola yang ditunggangi oleh Eowyn dan Merry dalam Battle of Pelennor Fields. Eowyn menunggangi Windfola ketika dia menyamar menjadi salah satu pasukan tersebut dalam cerita The Return of the King. Dalam cerita novelnya, Windfola merupakan kuda yang memiiliki warna tubuh abu-abu. Namun, di filmnya, Windfola berwarna coklat.

Kata “Windfola” sendiri merupakan bahasa dari kerajaan Rohan yang berarti “Anak Kuda Angin.” Sayangnya, baik di cerita novelnya ataupun dalam cerita filmnya nasib akhir dari kuda legendaris Windfola sangat tragis. Dalam cerita novelnya, Windfola disebutkan melemparkan Eowyn dan Merry ketika dia sangat ketakutan melihat kemunculan dari Witch-King of Angmar.

Windfola bahkan kabur dari medan pertempuran dan meninggalkan keduanya. Kemungkinan besar, Windfola tewas akibat di tengah-tengah pertempuran. Dalam film The Return of the King, Windfola harus mengalami kematian yang sangat mengerikan ketika tubuhnya harus tertimpa Oliphaunt atau gajah raksasa yang biasa digunakan dalam berbagai pertempuran oleh kerajaan Haradrim.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.