Lebih dari sekedar moda transportasi beberapa kuda legendaris di Lord of the Rings memiliki peranan yang tidak kalah penting. Cerita Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien memang penuh dengan berbagai hal menarik dan nuansa fantasi. Mulai dari para karakternya, berbagai hal seperti Rings of Power, bahkan hingga berbagai binatang yang muncul dalam ceritanya. Salah satunya adalah kuda. Dalam cerita Lord of the Rings terdapat beberapa kuda yang dianggap legendaris. Apa saja?

5Snowmane

Salah satu kuda legendaris dalam cerita Lord of the Rings yang ditunggangi oleh sosok petinggi kerajaan Rohan. Snowmane merupakan kuda legendaris yang ditunggangi oleh King Theoden. Sesuai dengan namanya, tubuh Snowmane didominasi oleh warna putih, serta bulu panjang putih, dan juga ekor yang berwarna putih. Dalam film The Two Towers, Theoden menunggangi Snowmane untuk memimpin perang.

Theoden saat itu memimpin pasukan Uruk-Hai dalam pertempuran di Helm’s Deep atau yang biasa dikenal sebagai Battle of Helm’s Deep. Selain itu, Snowmane juga menjadi kuda yang ditunggangi oleh Theoden dalam alur cerita The Return of the King ketika Battle of Pelennor Fields terjadi. Namun, sayangnya, kuda legendaris ini juga yang kemudian jadi penyebab kematian dari sang raja Rohan.

Di tengah-tengah pertempuran, Snowmane terkena serangan berupa anak panah berwarna hitam. Serangan itu membuat kuda tersebut akhirnya terjatuh dan melemparkan sang raja ke tanah. Tubuh dari Snowmane pun kemudian menimpa tubuh Theoden yang langsung menghabisi nyawanya. Monster terbang milik Witch-King kemudian menghabisi SNowmane. Di novelnya sendiri diceritakan jika Snowmane dimakamkan secara layak dan terdapat padung di atas nisannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.