Lebih dari sekedar moda transportasi beberapa kuda legendaris di Lord of the Rings memiliki peranan yang tidak kalah penting. Cerita Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien memang penuh dengan berbagai hal menarik dan nuansa fantasi. Mulai dari para karakternya, berbagai hal seperti Rings of Power, bahkan hingga berbagai binatang yang muncul dalam ceritanya. Salah satunya adalah kuda. Dalam cerita Lord of the Rings terdapat beberapa kuda yang dianggap legendaris. Apa saja?

7Bill The Pony

Kuda legendaris di Lord of the Rings yang pertama adalah Bill the Pony. Kuda poni berwarna coklat kecil ini muncul sekilas dalam film The Fellowship of the Ring. Meskipun begitu, kemunculan salah satu kuda legendaris ini cukup menyita perhatian dari para fans. Bill merupakan kuda yang membawa perbekalan dari para Hobbits dalam petualangan menuju Mordor.

Kuda ini juga merupakan teman perjalanan dari Samwise Gamgee. Dalam ceritanya, Sam kemudian membebaskan kuda tersebut di Doors of Durin. Hal tersebut karena keberadaan Bill akan sangat berbahaya jika dia berada di Mines of Moria. Meskipun dalam filmnya tidak ada penjelasan mengenai kuda Bill, namun novel The Fellowship of the Ring sempat menghadirkan sedikit asal-usulnya.

Menurut novelnya, nama Bill sendiri diambil dari sosok Bill Ferny yang merupakan sosok pria pemarah yang berasal dari Bree. Bill menjual kuda poni miliknya tersebut kepada Sam ketika para Hobbits kehilangan kuda poni mereka saat bermalam di Prancing Pony Inn. Dalam novelnya juga diceritakan jika Bill kabur dari para Hobbit mendapatkan serangan dari Watcher in the Water. Dan Sam khawatir dengan kondisi Bill. Untungnya, Bill berhasil ditemukan selamat dan kembali ikut perjalanan menuju the Shire dalam cerita The Return of the King. Sam bahkan membawanya pulang ke Hobbiton.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.