Baru-baru ini, series Shogun dipastikan tidak berlanjut ke Season 2. Disney kembali mencetak kesuksesan besar dengan seri terbatas Shogun yang ditayangkan di FX. Series yang berlatar belakang Jepang ini dibintangi oleh Hiroyuki Sanada, dan menjadi tayangan terbesar di FX setelah ditonton lebih dari 9 juta orang dalam enam hari pertama penayangannya. Selain itu, series ini juga mendapat pujian tinggi dari para kritikus karena representasinya yang sangat akurat terhadap budaya dan dunianya.

Meskipun Shogun sukses besar, musim keduanya tidak akan terjadi meskipun seriesnya mendapat pujian di seluruh dunia. Co-creator Shogun, Justin Marks dan Rachel Kondo, mengungkapkan dalam wawancara terbaru dengan The Hollywood Reporter bahwa mereka telah membawa cerita Shogun ke kesimpulannya, yang berarti cerita tersebut telah berakhir di sepuluh episode yang telah mereka bagikan.

Series Shogun menceritakan dua pria, Lord Yoshii Toranaga (Sanada) dan John Blackthorne (Cosmo Jarvis). Kisah ini bermula ketika kapal John Blackthorne terdampar di sebuah pantai di Jepang. John Blackthorne sendiri merupakan seorang pelaut asal Inggris yang sedang membawa muatan senjata untuk diantar. Namun karena adanya masalah di tengah perjalanan membuat kapalnya terdampar.

Kemunculan kapal di desa nelayan membuat Blackthorne dan awak dicurigai aparat setempat hingga membuat mereka ditahan. Sementara itu, desa nelayan itu memiliki masalahnya sendiri. Kondisi politik desa itu bergejolak ketika seorang pemipimpin shogun bernama Yoshii Toranaga terancam dilengserkan oleh pemerintahan pusat. Mengetahui permasalahan tersebut, Blackthorne akhirnya memanfaatkan momentum itu dengan menawarkan bantuan dan membuat kesepakatan dengan Toranaga.

Ia berjanji akan membantu Toranaga dan sekutunya untuk menang dari lawan politiknya yang berbahaya. Sebagai imbalannya, Blackthorne meminta Toranaga untuk membebaskannya beserta para awak kapal dari desa itu. Akhirnya, Blackthorne melakukan perlawanan memakai kapal beserta muatan senjatanya yang menjadi kunci aksinya itu. Shogun sendiri ditayangkan perdana pada 27 Februari 2024, di Hulu dan FX. Kini, series Shogun sudah dapat disaksikan di Disney+ Hotstar. Dan meski sudah tidak adalagi Shogun Season 2, tetapi series ini berakhir dengan cukup apik, sehingga memberikan ending monumental bagi para penontonnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/