Season 1 dari series populer Shogun akhirnya selesai di episode 10 dan terdapat penjelasan mengenai ending yang membuat para fans terkesima. Shogun menjadi series yang saat ini menjadi perbincangan banyak fans berkat alur cerita yang sangat fenomenal. Bahkan, di berbagai situs rating film Shogun mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Season 1 sendiri selesai dengan perilisan episode 10 dan berikut adalah penjelasan dari ending ceritanya.

3Nasib Toranaga Yoshii

Salah satu pertanyaan besar yang muncul di benak para fans di ending Shogun adalah apakah kemudian Toranaga akan berhasil dengan semua rencananya. Dan juga pertanyaan besar lainnya adalah apa sebenarnya rencana yang selama ini disimpan atau dipersiapkan oleh Toranaga. Di sepanjang series Shogun, para penonton disuguhkan dengan momen di mana Toranaga harus berjuang untuk keluar dari himpitan Council of Regent lainnya.

Pasca Taikou alias Shogun atau pemimpin seluruh Jepang meninggal, kekuasaanya kemudian dibagi ke lima orang penguasa yang kemudian disebut sebagai Council of Regent. Toranaga sendiri merupakan salah satu dari Council of Regent. Namun, kita kemudian melihat jika Toranaga tidak pernah setuju atau tidak sepakat dengan para penguasa lainnya yang mana membuat dia kemudian dianggap pengkhianat.

Council of Regent lainnya berusaha untuk membangkitkan kembali era Shogun, yang mana Toranaga tidak setuju dengan hal itu. Toranaga sendiri sempat berada dalam posisi sulit di mana dia menjadi tahanan bagi keempat Council of Regent lainnya. Namun, hal ini kemudian mulai berubah pasca kemunculan John Blackthorne. Perlahan tapi pasti akhirnya Toranaga berhasil keluar dari wilayah Osaka kembali ke wilayahnya.

Selama dia berada di wilayah kekuasanya, Toranaga nampaknya sudah mempersiapkan berbagai rencana jangka panjang. Seperti yang disebutkan oleh Toda Hiromatsu jika rencana “Crimson Sky alias Langit Merah” akhirnya harus dijalankan. Apalagi, setelah sang adik sendiri, Saeki Nobutatsu, memutuskan untuk mengkhianati kakaknya di mana dia mengisi kekosongan dari sang kakak sebagai Council of Regent.

Di episode kemarin, Toranaga nampaknya sudah siap mulai menjalankan rencana Crimson Sky tersebut tanpa orang sadari. Kematian Toda Hiromatsu yang memutuskan untukĀ seppukuĀ di hadapan para menteri Toranaga ternyata merupakan bagian dari rencana tersebut. Dan dia juga sudah mempersiapkan bagian dari Toda Mariko seperti yang diperlihatkan di episode 9.

Dan di episode tersebut juga kita melihat jika Toranaga sudah siap dengan semua rencananya. Di episode 10 akhirnya terungkap dengan jelas keinginan dari Toranaga selama ini. Ternyata, diam-diam dia memang ingin menghidupkan kembali era Shogun dan dia pun mengincar posisi tersebut selama ini. Hal ini terungkap dalam percakapannya dengan salah satu bawahannya, Yabushige, saat akan mengeksekusi seppuku yang yabushige lakukan.

Toranaga memiliki mimpi untuk menghadrikan era perdamaian di Jepang di mana tidak ada lagi pertempuran besar yang bertujuan demi memperebutkan kekuasaan wilayah. Dengan menjadi Shogun, Toranaga akan menjadi pemimpin dengan kekuasaan absolut di Jepang. Dan era Shogun Toranaga kembali menghidupkan era kekuasaan Shogun yang sudah sangat lama tidak muncul.

Tidak ada satupun sekutu dekat dari Toranaga yang menyadari atau mengetahui tentang mimpi besar tersebut, termasuk rencananya untuk mengalahkan Ishido bahkan sebelum perang besar terjadi. Mengingat karakter Toranaga Yoshii merupakan adaptasi dari sosok Shogun Tokugawa Ieyasu, rencana Toranaga untuk menjadi Shogun rasanya memang sudah menjadi sebuah keniscayaan.

Dalam cataatan sejarah, Tokugawa Ieyasu berhasil menduduki jabatan Shogun setelah dia berhasil memenangkan Battle of Sekigahara dalam pertempurannya melawan Ishida Mitsunari. Dia kemudian menghapus sistem Council of Elders dengan dirinya sebagai penguasa tunggal Jepang.

Crimson Sky Alias Langit Merah – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.