Kabar duka muncul pada 8 Maret 2024 di mana kreator dari series Dragon Ball dan mangaka legendaris, Akira Toriyama, meninggal dunia. Kabar ini muncul setelah situs resmi dari pihak Dragon Ball mengunggah pernyataan resmi terkait hal itu. Dalam pernyataan resminya, mereka menyebutkan bahwa Akira Toriyama meninggal di usia yang ke 68 tahun. Sang mangaka diketahui meninggal dunia pada 1 Maret 2024 kemarin akibat subdural hematoma atau pecah pembuluh darah akut.

Berikut adalah terjemahan dari pernyataan resmi terkait kreator Dragon Ball, Akira Toriyama, yang meninggal dunia beberapa hari lalu.

Teman-teman dan Partner yang tercinta

Kami dengan rasa sedih yang sangat mendalam menginformasikan kepada kalian bahwa kreator dari manga Dragon Ball Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret akibat subdural hematoma. Dia meninggal di usia yang ke 68 tahun.

Kami benar-benar sangat menyesal bahwa dia masih memiliki beberapa pekerjaan yang sedang dilakukan dengan antusiasme yang sangat tinggi. Juga, masih ada banyak hal yang ingin dia capai.

Namun, dia sudah memiliki banyak judul manga dan karya lainnya di dunia ini. Berkat dukungan dari banyak orang di seluruh dunia, dia mampu untuk melanjutkan semua aktivitas kreatif tersebut selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap bahwa kreasi unik dari dunia yang Akira Toriyama hadirkan akan terus dicintai oleh semua orang untuk waktu waktu yang akan datang.

Kami menginformasikan kabar duka ini kepada kalian dengan rasa penuh terima kasih atas kebaikan kalian selama hidupnya.

Upacara pemakaman sendiri sudah dilaksanakan oleh pihak keluarga dan beberapa rekan dekat. Untuk menghormati pesan terakhirnya yang meninginkan kedamaian, kami secara hormat menginformasikan kepada kalian semua bahwa kami tidak menerima bunga, hadiah belasungkawa, kunjungan, penawaran dan hal lainnya. Juga, kami meminta kepada semuanya untuk tidak melakukan wawancara dengan pihak keluarganya.

Rencana selanjutnya untuk menghadirkan upacara penghormatan masih belum ditentukan, kami akan memberitahukannya ketika sudah terkonfirmasi. Kami benar-benar sangat berterima kasih atas pengertian dan dukungan kalian.”

akira toriyama meninggal dunia

Akira Toriyama sendiri lahir di Nagoya, Aichi, pada tahun 1955. Dia pertama kali memperkenalkan series Dragon Ball kepada dunia pada 1984, yang mana alur cerita Goku tersebut kemudian memberikan pengaruh besar terhadap industri manga dan anime saat ini. Bahkan, mayoritas dari formula cerita dan komedi yang ada, seperti yang muncul dalam series One Piece, sebenarnya mengadaptasi formula dari Dragon Ball.

Akira Toriyama sendiri masih terus berkarya hingga sekarang, di mana dia bahkan mengerjakan berbagai proyek Dragon Ball lainnya. Kabar meninggalnya Akira Toriyama jelas bukan hanya menjadi pukulan berat dan kabar menyedihkan bagi para fans. Namun, juga bagi industri manga dan anime itu sendiri. Selamat Jalan legenda.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.