Baru-baru ini, Yoichi Takahashi, mengumumkan akan pensiun setelah 43 tahun bekerja sebagai mangaka. Sang kreator Captain Tsubasa ini sekarang berencana untuk mengakhiri dua seri Captain Tsubasa yang saat ini sedang berjalan. Menurut Takahashi, dua seri tersebut adalah Captain Tsubasa: Rising Sun dan Captain Tsubasa: Memories, keduanya akan berakhir pada April 2024.

Namun yang harus dicatat, Takahashi mengatakan juga bahwa akan ada lebih banyak seri Captain Tsubasa baru yang dibuat oleh kreator lain, bukan oleh dirinya sendiri. Takahashi mengatakan bahwa ia akan mengawasi setiap naskah dari seri Captain Tsubasa baru di masa depan, dan dia ingin Captain Tsubasa menjelajahi alur cerita yang belum pernah dia buat sebelumnya.

Tentang alasan Takahashi pensiun, sang mangaka mengatakan bahwa keputusan itu tidak diambil dengan mudah. Selama bertahun-tahun, ia menghadapi sejumlah masalah kesehatan, dan perubahan dalam lingkungan kreatif membantu Takahashi untuk mengambil keputusan ini.

“Sebenarnya, saya pikir saya masih dalam keadaan sehat hari ini. Namun, karena terus membuat manga, penurunan kondisi fisik terkait usia menjadi tidak terhindarkan. Kecepatan menggambar saya telah melambat secara signifikan… [dan] lebih lagi, penglihatan saya telah menurun. Sulit untuk fokus,” ungkap Takahashi. Sang kreator juga menyebut bahwa peralihan industri manga ke seni digital sangat menantang baginya. Jadi, ketika menghadapi tahun baru, pencipta Captain Tsubasa merasa bahwa 2024 adalah waktu yang tepat untuk pensiunnya.

Tentu saja, para pembaca manga hanya menginginkan yang terbaik bagi Takahashi ke depan, mengingat dia meninggalkan warisan yang luar biasa. Ia tetap terkenal sebagai pencipta Captain Tsubasa yang debut pada tahun 1981. Hingga saat ini, seri ini telah terjual lebih dari 90 juta kopi, menjadikannya salah satu manga olahraga terbesar sepanjang masa. Bagi banyak orang, Captain Tsubasa adalah karya klasik, dan Takahashi adalah otak di balik kesuksesannya. Kini, sang seniman bersiap untuk mundur dari pekerjaannya, dan para penggemar tak sabar untuk memberi tahu Takahashi seberapa besar karya-karyanya berarti bagi mereka. Kita tunggu aja ya Geeks informasi terbaru dari Captain Tsubasa.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/