Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika beberapa karakter superhero populer ternyata diadaptasi dari sosok asli beberapa selebriti. Geeks tentunya sudah kenal dengan berbagai karaketr superhero populer seperti Batman, Captain America, dan sebagainya. Biasanya,  para pembuat karakter komik terinspirasi dari seseorang seperti tokoh atau sosok penting. Namun, ada beberapa karakter superhero yang terinspirasi dari selebriti.Siapa saja mereka?

9President Calvin Ellis/Superman Earth-23

Ketika Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat pada 2008 silam, banyak orang-orang kulit hitam dan imigran lainnya yang seolah menemukan secercah harapan dan juga memunculkan optimisme yang besar ke seluruh dunia. Hal tersebut karena Obama merupakan presiden Amerika kulit hitam pertama dalam sejarah. Optimisme dari catatan penting sejarah ini pun kemudian menular ke dunia komik.

Dunia superhero dengan cepat menangkap momen luar biasa tersebut dengan menghadirkan Obama sebagai cameo. Namun, DC Comics menghadirkan cara lain di mana mereka menghadirkan Obama sebagai sosok superhero. Dalam hal ini, DC Comics memperkenalkan karakter Superman yang berasal dari universe alternatif yaitu Earth-23 yang bernama Presiden Calvin Ellis.

Pada awalnya, DC Comics hanya menghadirkan Presiden Ellis sebagai karakter “ekstra” yang menjadi bentuk penghargaan atau penghormatan terhadap Presiden Obama. Dia bahkan tidak memiliki nama pada saat itu. Namun, para pembaca seolah meyakini jika Superman dari Earth-23 tersebut merupakan “perwujudan” dari Presiden Obama. Calvin Ellis sendiri sempat menghilang pasca Final Crisis. Namun, setelah kembali di New 52, dia memiliki peranan yang lebih besar di DC Universe.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.