Francis Lawrence, sutradara dari film I Am Legend, baru-baru ini mengungkapkan kesulitan yang dihadapi dalam pengembangan sekuel I Am Legend 2. Film asli yang rilis pada tahun 2007, diadaptasi dari novel pasca-apokaliptik karya Richard Matheson, dibintangi oleh Will Smith sebagai Robert Neville, seorang virologis Angkatan Darat AS. Dia bertahan hidup di reruntuhan New York City sambil mencari obat untuk virus rekayasa genetik yang telah mengubah sebagian besar umat manusia menjadi zombie.

Film ini mendapatkan banyak sekali pujian, namun terkesan mandek saat berniat untuk membuat sekuelnya. Namun setelah bertahun-tahun berusaha mengembangkan lanjutan cerita, pada Maret 2022, sekuel baru akhirnya diumumkan dengan Michael B. Jordan akan berperan sebagai lawan main Will Smith yang dipastikan kembali, juga dengan sang sutradara yang akan kembali mengarahkan film keduanya. Dalam wawancara terbaru dengan The Hollywood Reporter, Lawrence berbagi pandangannya tentang masalah yang menghambat pengembangan I Am Legend 2.

“Ini cukup sulit. Kami berbicara tentang sekuel atau prekuel segera setelah kami membuat yang asli. Kemudian kami semua berpisah dan melakukan hal berbeda. Lalu, saya mendengar mereka akan membuat reboot dan menggantinya dengan seseorang lain, tapi itu tidak terjadi. Saya tahu Akiva sedang mengerjakan sesuatu sekarang, tapi jujur saja, fokus saya adalah pada Constantine 2. Jadi, kita lihat saja. Semoga beruntung.”

Ia mengungkapkan bahwa pembicaraan tentang membuat sekuel atau prekuel telah dimulai segera setelah mereka menyelesaikan film pertama. Namun, menurut sang sutradara, semua orang yang terlibat “berpisah dan melakukan hal berbeda” hingga akhirnya muncul rencana untuk reboot. Lawrence menyadari bahwa penulis naskah asli, Akiva Goldsman, saat ini sedang mengerjakan proyek tersebut, namun fokus Lawrence saat ini tertuju pada Constantine 2 yang akan datang.

Pernyataan Lawrence ini memberikan wawasan tentang tantangan yang dihadapi dalam menghidupkan kembali seri yang sudah lama ditunggu. Meskipun ada kesulitan, antusiasme penggemar terhadap sekuel I Am Legend tetap tinggi, terutama dengan keterlibatan aktor berkaliber seperti Will Smith dan Michael B. Jordan. Dengan harapan yang tetap tinggi, para penggemar berharap bahwa I Am Legend 2 dapat melewati tantangan produksinya dan akhirnya tiba di layar lebar.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.