Warner Bros baru-baru ini merilis trailer pertama dari trilogi film animasi yang dinantikan oleh para penggemar DC, yaitu “Justice League: Crisis on Infinite Earths”. Trilogi tiga bagian ini akan mengadaptasi salah satu event komik paling populer DC, yang akan berlangsung dalam kontinuitas Tomorrowverse, terpisah dari DC Universe yang akan datang.

Dengan ketiga film dijadwalkan rilis pada tahun 2024, trailer ini menghadirkan kembali karakter-karakter dari kontinuitas Tomorrowverse, termasuk Batman yang diisi suaranya oleh Jensen Ackles, Superman oleh Darren Criss, The Flash oleh Matt Bomer, dan banyak lagi. Hamir sama dengan versi komik Crisis on Infinite Earths, trilogi film animasi Justice League ini akan menggambarkan para Justice League yang berusaha menghentikan kehancuran multiverse. Selain itu, trailer ini juga memperkenalkan Crime Syndicate ke Tomorrowverse.

Crisis on Infinite Earths

Masih belum terungkap apa yang akan terjadi dengan kontinuitas Tomorrowverse setelah trilogi Justice League: Crisis on Infinite Earths berakhir. Namun, mengingat sifat cerita yang diadaptasi oleh film-film ini, tampaknya reboot kisah DC versi animasi akan menjadi kemungkinan. Tomorrowverse, yang dimulai pada tahun 2020 dengan “Superman: Man of Tomorrow”, tampaknya masih terlalu dini untuk berakhir. Namun, berkaca dari versi komik dimana Crisis on Infinite Earths berfungsi untuk me-reboot DC Comics, yang mungkin akan berlangsung serupa kali ini.

Reboot kontinuitas animasi DC bukanlah sesuatu yang baru. Tomorrowverse sendiri muncul setelah reboot dari kontinuitas DC Animated Movie Universe, yang berakhir pada tahun 2020 dengan dirilisnya “Justice League Dark: Apokolips War”. Penutupan film tersebut melahirkan universe baru, Tomorrowverse. Sekarang, universe animasi ini juga mungkin akan berakhir dengan cara yang serupa, dengan trilogi film Justice League, apalagi dengan munculnya DC Universe baru yang dipegang kendalinya oleh James Gunn.

DCU versi James Gunn seperti yang kita ketahui akan menggabungkan versi live-action dan animasi, dengan aktor-aktor di versi live-action yang juga akan memerankan tokoh mereka di versi animasi. Oleh karena itu, masuk akal jika trilogi film animasi Justice League ini akan mengakhiri era Tomorrowverse. Dengan ketiga filmnya dirilis pada tahun 2024, momen tersebut akan bertepatan dengan awal DCU yang ditandai oleh rilisnya series “Creature Commandos”.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.