Dalam kolom SBS, biasanya Eiichiro Oda menghadirkan beberapa cerita asal-usul yang tidak muncul di alur cerita utama One Piece. Koloms SBS sendiri merupakan kolom tanya jawab antara pembaca dari manga One Piece sang kreator, Eiichiro Oda. Biasanya Oda Sensei akan menjawab berbagai pertanyaan dari para fans, termasuk mengenai asal-usul karakter atau sesuatu di kolom SBS. Berikut adalah beberapa cerita asal-usul yang muncul di kolom SBS.

Asal-usul Heart Pirates

kolom sbs one piece

Kelompok bajak laut hati atau Heart Pirates merupakan salah satu kelompok bajak laut yang diperhitungkan dalam cerita One Piece. Mereka merupakan salah satu kelompok bajak laut yang dianggap menjadi bagian dari Worst Generation. Heart Pirates sendiri menjadi salah satu kelompok bajak laut yang populer di kalangan fans One Piece. Namun, banyak fans penasaran tentang kelompok tersebut.

Berkaitan dengan hal ini, Oda Sensei pernah menghadirkan informasi mengenai asal-usul dari Heart Pirates dalam kolom SBS di manga One Piece. Dalam kolom SBS Volume 84, Oda menjelaskan bagaimana tiga orang kru utama Heart Pirates – Shachi, Bepo, dan Penguin – bisa bertemu dengan Law. Menurut penjelasan Oda, 13 tahun pasca insiden besar yang terjadi di wilayah tempat Law berasal dia kemudian pergi kota tetangga yaitu Swallow Island.

Di pulau tersebut, Law yang dalam keadaan menangis dan sedih kemudian bertemu dengan Bepo yang sedang mengalami perundungan oleh Shachi dan Penguin. Law pun kemudian menyelamatkan Bepo dengan cara mengalahkan mereka berdua. Kekalahan tersebut justru membuat Penguin dan Shachi terkesima, dan tertarik untuk bergabung dengan Law. Mereka kemudian membentuk Heart Pirates.

Asal-usul Kid Pirates

kolom sbs one piece

Selain menghadirkan asal-usul Heart Pirates, kolom SBS juga pernah menghadirkan informasi tentang asal-usul Kid Pirates. Kelompok bajak laut Eustass Kid adalah salah satu kelompok bajak laut pendatang baru terkuat di dunia One Piece. Kid sendiri merupakan salah satu anggota dari 11 Supernova alias bajak laut dengan nilai buruan yang tinggi, bersama dengan Luffy. Kelompok Kid Pirates sempat menjadi bahan perbincangan, setelah kapten mereka memiliki nilai buruan paling besar di arc Sabaody.

Dalam kolom SBS Volume 104, Oda Sensei memberikan informasi mengenai cerita masa lalu dari kelompok Kid di cerita One Piece. Informasi pertama yang Oda bagikan tentang kelompok Kid adalah mereka berasal dari sebuah pulau di wilayah South Blue. Pulau tersebut tidak memiliki afiliasi atau tidak berada bawah pengawasan dari World Government. Ironisnya, mereka ternyata tidak memiliki sosok pemimpin atau mereka yang bertindak sebagai kepala pemerintahan.

Pulau tersebut justru dikuasai oleh sebuah kelompok kriminal. Yang juga tidak kalah menarik adalah adanya informasi jika sebenarnya Kid adalah salah satu pemimpin dari kelompok kriminal lokal di pulau tersebut. Kid dan Killer menjadi teman dekat dari seorang gadis bernama Victoria S. (Shirton) Doruyanaika. Dia adalah sosok yang sangat kedua karakter tersebut kagumi. Mereka berdua sama-sama menyukai sosok Victoria. Kematian Victoria jadi penyebab mereka membentuk kelompok bajak laut dan menamai kapal mereka dengan Victoria Punk.

Asal-Usul Buah Iblis

Sebenarnya, kolom SBS tidak menjelaskan secara detil dan secara langsung mengenai buah iblis dalam cerita One Piece. Namun, melalui kolom SBS Oda memberikan informasi jika akan ada momen di mana para fans akan mendapatkan fakta mengenai asal-usul buah iblis. Di kolom SBS Volume 48, Oda menyebutkan bahwa informasi mengenai buah iblis akan diungkap oleh sosok ilmuwan paling cerdas.

Di arc Egghead, akhirnya teka-teki tersebut terjawab setelah lebih dari 20 tahun. Sosok ilmuwan yang memberikan informasi mengenai buah iblis ternyata adalah Vegapunk, ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece. Vegapunk menjelaskan bahwa buah iblis merupakan hasil perwujudan dari hasrat besar manusia. Meskipun begitu, memang masih belum diketahui bagaimana kemudian buah iblis bisa terbentuk.

Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis masih jadi sebuah tanda tanya besar meskipun Vegapunk sudah memberikan informasi mengenai hal tersebut. Para fans masih beum tahu siapa yang kemudian membuat buah iblis, bagaimana cara membuatnya, dan apa alasan buah iblis tersebut dibuat. Mungkin, Oda Sensei akan menghadirkan informasi lainnya yang berkaitan dengan asal-usul buah iblis pada masa yang akan datang.

Masa Lalu Koby Dan Hibari

kolom sbs one piece

Hibari merupakan salah satu karakter baru yang muncul dalam arc Egghead. Hibari merupakan karakter yang sempat meminta kepada Prince Grus, salah satu pemimpin SWORD, untuk membantu membebaskan Koby yang diculik oleh Blackbeard. Dalam percakapan tersebut, Hibari mengatakan jika dia berhutang budi kepada sosok Koby. Namun, tidak ada penjelasan mengenai hal ini.

Hibari juga nampak memiliki kedekatan emosional dengan sosok Koby, seperti yang nampak dalam upaya penyelamatannya di pulau Beehive. Dalam kolom SBS volume 107, akhirnya Oda ungkapkan masa lalu dari hubungan Koby dan Hibari. Ternyata, Hibari memiliki hutang budi kepada Koby karena Koby sudah menyelamatkan benda berharganya yaitu boneka beruang yang selalu dia bawa kemanapun.

Suatu hari, dalam sebuah pertempuran Hibari diselamatkan nyawanya oleh Koby. Namun, dia kehilangan boneka beruangnya. Koby pun menghilang selama beberapa hari dan kemudian setelah dia kembali, Koby mengembalikan boneka beruang tersebut kepada Hibari. Sebagai bentuk terima kasihnya, Hibari memberi nama beruang tersebut ‘Koby-Senpai.’ Oda Sensei sendiri tidak memberikan ecara gamblang apakah Hibari jatuh cinta terhadap Koby dan membiarkan para fansnya menebak situasi yang ada.

Asal-usul Prince Grus

Cerita asal-usul lain yang muncul di kolom SBS Volume 107 adalah asal-usul dari Prince Grus. Seperti halnya Hibari, Prince Grus juga merupakan sala satu karakter baru yang muncul di arc Egghead yang merupakan salah satu petinggi dari SWORD. Dia ikut dalam momen penyelamatan Koby ke pulau Beehive. Para fans sendiri penasaran dengan masa lalu dari petinggi SWORD ini.

Dalam kolom SBS volume 107, Oda mengungkapkan jika saat masih kecil sosok Prince Grus merupakan anak yang selalu murung. Dia selalu menundukan pandangannya ketika berjalan. Karena hal inilah, Prince Grus sering menabrak sesuatu seperti tembok, binatang, orang, dan bahkan bajak laut. Hal ini juga sering jadi alasan mengapa Prince Grus mengalami luka atau diserang oleh orang lain.

Melihat masalah ini, sang ibu kemudian memaksa Prince Grus untuk menggunakan topi yang panjang sehingga dia tidak lagi menabrak sesuatu. Inilah yang kemudian membuat Prince Grus terus menggunakan topi panjang hingga saat ini. Peranan dari Prince Grus sendiri kemungkinan masih akan krusial pada masa yang akan datang, apalagi arc Egghead mulai memasuki puncaknya.

Asal-usul Roronoa Zoro

kolom sbs one piece

Cerita asal-usul lain yang muncul di kolom SBS yang terakhir dan paling fenomenal tidak lain adalah cerita masa lalu klan Shimotsuki dan Roronoa Zoro. Banyak fans yang berasumsi jika Zoro berasal dari sebuah keluarga samurai melihat dari kemampuan berpedangnya yang luar biasa. Dan banyak juga fans yang berasumsi jika Zoro kemungkinan berasal dari klan Shimotsuki.

Eiichiro Oda akhirnya resmi ungkap leluhur dari Zoro melalui sebuah diagram keturunan dari klan Shimotsuki. Hal ini terungkap dalam kolom SBS Volume 105. Dalam kolom SBS tersebut, Oda memberikan gambaran mengenai timeline dari asal-usul Zoro serta desa Shimotsuki di East Blue. Keluarga Zoro sendiri diawali oleh Shimotsuki Furiko, yang merupakan nenek dari Zoro, menikah dengan seorang samurai hebat di desa mereka yang bernama roronoa Pinzoro.

Mereka kemudian memiliki seorang anak bernama Roronoa Arashi. Arashi sendiri kemudian menikah dengan seorang putri seorang bandit atau kriminal bernama Tera. Hasil pernikahan antara Shimotsuki Arashi dan Tera akhirnya melahirkan Roronoa Zoro. Tetapi, kedua orang tua Zoro diceritakan tewas sejak lama. Meskipun pada akhirnya Oda resmi ungkap leluhur dari sosok Roronoa Zoro dalam kolom SBS di manga One Piece, sebagian fans banyak yang menyayangkan satu hal. Mereka menyayangkan bagaimana informasi mengenai asal-usul dan leluhur dari Zoro harus Oda hadirkan dalam sebuah kolom SBS. Padahal, para fans berharap jika informasi mengenai informasi mengenai masa lalu dari Zoro bisa terungkap dalam cerita utama.

Kolom SBS dalam manga One Piece sering kali menghadirkan informasi penting yang melengkapi atau mengonfirmasi apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Meskipun begitu, kolom SBS juga tidak jarang menghadirkan informasi baru yang tidak pernah ada atau belum dihadirkan dalam cerita utamanya. Salah satunya adalah informasi mengenai asal-usul dari sesuatu seperti contoh di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.