Spoiler untuk chapter terbaru One Piece menjadi bukti lain jika Blackbeard memang adalah pewaris tekad dari Rocks D Xebec. Sosok Blackbeard berhasil meraih popularitasnya di lautan hanya dengan waktu yang sangat singkat. Dia bahkan dianggap sebagai salah satu ancaman World Government dan jadi incaran dari Im. Yang menarik adalah terdapat spekulasi di kalangan fans jika sosok Blackbeard merupakan pewaris tekad dari bajak laut paling kejam di dunia, Rocks D Xebec.

Pewarisan Tekad Di One Piece

blackbeard pewaris tekad rocks

Dalam dunia One Piece, ada banyak sekali filosofi dan ideologi yang muncul dalam cerita, yang terkadang filosofi dan ideologi tersebut saling bersinggungan satu sama lain. Meski pun begitu, perbedaan ideologi dan filosofi inilah yang justru membuat para fans One Piece semakin menggali lebih dalam mengenai poin-poin dalam plotnya dan apa artinya bagi masa depan kelompok Topi Jerami.

Salah satu yang sering muncul dalam ceritanya – dan juga cukup sering dibahas di kalangan fans – adalah pewarisan tekad atau Inhereted Will. Meskipun dalam cerita One Piece kita melihat bagaimana Luffy dan kru Topi Jerami berjuang menemukan Laugh Tale serta berbagai cerita epik lainnya, namun Oda juga tidak jarang menghadirkan elemen menarik lain di ceritanya seperti pewarisan tekad tersebut.

Sampai sejauh ini, memang tidak ada penjelasan rinci mengenai pewarisan tekad yang ada dalam cerita One Piece. Namun, banyak fans yang coba berteori mengenai hal ini. Salah satu teori yang muncul di kalangan fans mengenai pewarisan tekad menyebutkan jika hal tersebut adalah sebenarnya merupakan sesuatu yang jauh lebih rumit dari sekedar konsep filosofis sederhana. Pewarisan tekad bisa jadi adalah sebuah bentuk reinkarnasi secara fisik.

Konsep tentang pewarisan tekad sendiri muncul dari kata-kata sang raja bajak laut, Gol D Roger. Menurut Roger, pewarisan tekad merupakan sebuah ide di mana orang akan mewariskan mimpi mereka dan idealisme mereka kepada generasi baru atau generasi yang akan datang. Dengan begitu, mimpi dan keinginan dari orang tersebut akan tetap tewujud meski pun mereka sudah tiada.

Salah satu contoh pewarisan tekad yang ada dalam cerita One Piece adalah Will of D atau Tekad D. Dari apa yang diketahui sejauh ini, Tekad D merupakan sebuah konsep di mana orang-orang yang memiliki nama D di tengahnya merupakan sosok yang akan membawa badai baru pada masa yang akan datang. Sang protagonis utama, yaitu Monkey D. Luffy, adalah sosok yang disebut akan melakukan hal itu.

Selain Luffy, seluruh keluarga Monkey, mulai dari Dragon sampai Garp, memiliki huruf D di tengah nama mereka. Namun, orang-orang dengan nama D (People of D) sendiri bukan hanya keluarga Luffy. Kita tahu ada sosok Portgas D Ace, Trafalgar D Water Law, bahkan Marshal D Teach. Untuk saat ini, masih belum diketahui apa sebenarnya arti atau kepanjangan dari D dan para fans sendiri banyak sekali memunculkan teori mengenai apa arti dari D.

Blackbeard Pewaris Tekad Rocks

blackbeard pewaris tekad rocks

Berkaitan dengan warisan tekad, dalam cerita One Piece ada dua sosok karakter yang sering disangkut pautkan dengan warisan tekad sebelumnya. Yang pertama adalah Monkey D Luffy. Dalam ceritanya, Luffy disebut-sebut adalah pewaris dari tekad Gol D Roger sekaligus juga pewaris dari Tekad D. Sosok Luffy yang disebut akan mewujudkan tekad dari Roger dan Joy Boy.

Ada berbagai paralel atau kesamaan yang kemudian dianggap jadi bukti jika Luffy adalah pewaris dari tekad Roger. Misalnya, Luffy dan Roger memiliki impian yang diduga sama. Kemudian, Luffy memiliki sikap yang dianggap mirip dengan Roger. Juga, seperti yang Geeks ketahui, Luffy adalah pemilik selanjutnya dari topi jerami legendaris milik Roger yang dianggap jadi petunjuk mengenai pewarisan tekad ini.

Jika Luffy kemudian adalah pewaris tekad dari Roger, maka Marshall D Teach alias Blackbeard dianggap sebagai pewaris tekad dari sosok bajak laut paling mengerikan, Rocks D Xebec. Seperti halnya Luffy dan Roger, ada juga paralel atau kesamaan yang kemudian muncul antara sosok Blackbeard dan juga Rocks yang kemudian memunculkan teori dan spekulasi jika Blackbeard adalah pewaris tekad dari Rocks.

Contoh yang pertama adalah Rocks dan Blackbeard banyak merekrut orang-orang atau individu yang kuat. Kita masih belum tahu kapan Rocks mulai mengarungi lautan dan jadi ancaman World Government. Namun, sekitar 40 tahun lalu, Rocks mulai merekrut banyak individu kuat dan kemudian membangun markasnya di pulau Beehive. Dan seperti yang Geeks ketahui, sekarang pulau Beehive berada di bawah kekuasaan Blackbeard setelah sebelumnya Ochoku yang menguasai pulau tersebut.

Kesamaan lainnya adalah memiliki tekad atau mimpi yang sama. Dalam cerita One Piece, Blackbeard diperlihatkan sebagai sosok yang lapar akan dominasi dunia dan dia akan melakukan hal apa pun untuk bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Hal ini terbukti bagaimana dia rela menggunakan cara kekerasan dengan cara merebut salinan Road Poneglyph dari kelompok Law.

Blackbeard juga bahkan menculik Pudding, yang diduga akan dia manfaatkan untuk membaca isi Road Poneglyph. Impian ini juga ternyata mirip dengan sosok Rocks, seperti yang pernah diungkapkan oleh Sengoku di akhir arc Wano. Sengoku menjelaskan jika Rocks adalah kelompok bajak laut kejam yang tidak ragu untuk menghabisi siapa pun. Inilah yang kemudian membuat mereka begitu ditakuti dan jadi ancaman besar di dunia One Piece. Bahkan, namanya pun dihapus dari sejarah.

Yang juga menarik adalah bagaimana nama kapal dari Blackbeard, Saber of Xebec, memiliki kemiripan dengan nama asli Rocks. Nama Rocks memang sengaja dihapus dari sejarah dunia oleh para angkatan laut agar tidak ada yang mengetahui tentang sosoknya. Jadi, rasanya sulit jika Blackbeard sembarangan untuk memberikan nama kapalnya kecuali jika memang dia sudah tahu atau kenal siapa Rocks.

Petunjuk Lainnya

blackbeard pewaris tekad rocks

Selain kesamaan di atas, spoiler dari chapter 1096 beri petunjuk lain yang jadi bukti kuat lainnya jika Blackbeard adalah pewaris tekad dari Rocks D Xebec. Dalam chapter tersebut terungkap jika Rocks dan kelompoknya sengaja pergi ke pulau God Valley saat turnamen berburu diselenggarakan oleh kaum naga langit. Ini karena kelompok Rocks ingin mengincar hadiah dari turnamen berburu tersebut, yang tidak lain adalah buah iblis.

Dalam chapter itu diperlihatkan bagaimana Big Mom berhasil mengambil buah iblis Uo Uo yang kemudian dia berikan kepada Kaido, serta hampir saja mengambil buah iblis yang ada di tangan Kuma, Nikyu Nikyu, sebelum kemudian Kuma memakan buah iblis tersebut. Seperti yang muncul dalam cerita, ini juga yang kemudian Blackbeard lakukan selama dua tahun terakhir di timeline One Piece.

Sebelumnya, Jesus Burgess berusaha untuk mendapatkan buah iblis Mera Mera dalam turnamen di Corrida Colosseum sebelum kemudian buah iblisnya jatuh ke tangan Sabo. Setelah itu, kita kemudian melihat bagaimana kru Blackbeard lain berhasil mencuri buah iblis dari orang lain. Contohnya adalah Riki Riki no Mi milik Burgess, Wapu Wapu no Mi milik Van Augur, dan sebagainya.

Ini artinya semua kapten atau Titanic Captain dari kru bajak laut Blackbeard memiliki kekuatan buah iblis. Jika kita berkaca pada tema pembahasan artikel ini, yati pewarisan tekad, petunjuk ini jadi bukti kuat lainnya jika Blackbeard adalah pewaris tekad Rocks. Seperti halnya Rocks, Blackbeard ingin kru bajak lautnya memiliki kekuatan buah iblis dan mereka semua sangat kuat. Apakah semua hal yang sudah terungkap dalam cerita One Piece tersebut merupakan sebuah kebetulan? Rasanya kecil kemungkinan hal itu terjadi. Salah satu spekulasi yang cukup masuk akal adalah Blackbeard adalah pewaris tekad dari Rocks dan dia berusaha mewujudkan tekad tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.