Episode 3 dari Loki season 2 memunculkan sebuah teori menarik yang memberikan petunjuk jika Ravonna Renslayer kemungkinan adalah variant dari He Who Remains. Nama Ravonna Renslayer menjadi salah satu karakter kunci dalam series Loki. Karakternya sendiri muncul pertama kali di season 1 kemarin. Dalam ceritanya, Ravonna merupakan sosok penting di TVA dan juga bagi sang penguasa, He Who Remains. Episode terbaru Loki season 2 memunculkan teori jika Ravonna adalah variant dari He Who Remains.

Ravonna Di Series Loki

ravonna renslayer variant he who remainsSeperti yang disebutkan di atas, Ravonna Renslayer merupakan salah satu karakter penting dan berpengaruh di series Loki. Dia juga merupakan sosok yang sangat penting bagi organisasi Time Variance Authority alias TVA. Dalam cerita Loki season 1, Ravonna diperkenalkan sebagai salah satu hakim tinggi di organisasi tersebut. Dia merupakan rekan dekat dari Mobius saat itu.

Ravonna awalnya nampak tidak berbahaya yang mana membuat Mobius sering kali bergantung kepadanya. Namun, ketika kemudian Sylvie dan Loki mulai menjelaskan tentang apa yang terjadi kepada Mobius, terutama tentang Ravonna, akhirnya dia sadar siapa rekannya tersebut. Bahkan, Ravonna pun tega untuk melakukan prune terhadap ketiganya karena dianggap sebagai “ancaman.”

Hal inilah yang kemudian mengubah pandangan dari Mobius tentang Ravonna. Mobius sendiri sebenarnya coba untuk memberikan penjelasan kepada Ravonna jika semua agen TVA adalah variant. Namun, Ravonna pun tidak mau mendengar hal tersebut dan memutuskan untuk tetap setia kepada He Who Remains. Ravonna pun sempat menghilang sebelum kemudian dia kembali muncul di episode 3 Loki season 2.

Dalam episode ini, Ravonna nampak keluar dari portal TVA di wilayah Illinois Chicago pada 1868. Tujuan dia pergi ke tahun tersebut adalah untuk bertemu dengan Miss Minutes. Setelah mereka bertemu, menurut penuturan Miss Minutes semua hal tersebut sudah direncanakan oleh He Who Remains sendiri saat dia menyadari jika waktunya sudah tidak lama lagi.

Miss Minutes sendiri menyebutkan jika Victor Timely adalah sosok He Who Remains pada masa lalu. Untuk kemudian “merubah” Victor Timely menjadi He Who Remains, Miss Minutes meminta untuk membawakan buku petunjuk manual dari TVA dan memberikannya kepada Timely. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjadi cikal bakal terbentuknya TVA pada masa yang akan datang.

Namun, kejutan muncul di mana Ravonna kemudian mengungkapkan jika sosok penting di TVA sebenarnya bukan He Who Remains melainkan dirinya. Ravonna yakin jika penyebab kacaunya TVA saat ini adalah karena dia menghilang. Yang tidak kalah menarik adalah di akhir episodenya Miss Minutes mengatakan jika dia menyimpan sebuah rahasia besar tentang Ravonna yang akan membuatnya marah besar.

Ravonna Adalah Variant He Who Remains

ravonna renslayer variant he who remainsLalu, apa yang kemudian jadi rahasia besar yang Miss Minutes ketahui tentang sosok Ravonna Renslayer? Banyak fans yang coba menebak tentang kemungkinan tersebut. Namun, terdapat salah satu teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans yang menyebutkan jika ada kemungkinan Ravonna merupakan salah satu variant dari He Who Remains dalam cerita Loki.

Sama seperti Victor Timely, Ravonna Renslayer sudah jadi bagian penting dalam sejarah di Marvel Comics. Ravonna sering kali digambarkan sebagai love interest dari Kang the Conqueror. Tetapi, tidak jarang juga Marvel menghadirkan sosok Ravonna sebagai sosok villain dalam versinya sendiri. Bahkan, dalam salah satu arc, Ravonna pernah menirukan sosok Kang the Conqueror.

Dalam series tersebut, Ravonna memulai semuanya sebagai sosok pasukan yang setia bagi Time Keepers dan kemudian bagi He Who Remains. Namun, dalam episode perdana Loki season 2 kemarin terdapat rekaman dari masa lalu TVA yang mana He Who Remains memuji sosok Ravonna sebagai “seseorang/pribadi yang luar biasa.” Ini jadi salah satu petunjuk jika Ravonna adalah variant dari He Who Remains.

Petunjuk lainnya adalah ucapan Loki dan Mobius tentang bagaimana semua orang di TVA adalah variant dan bagaimana He Who Remains sudah menghapus ingatan mereka bukan hanya sekali, namun kemungkinan berkali-kali. Logikanya, jika semua orang di TVA adalah variant maka Ravonna pun adalah variant. Dan dia adalah variant dari He Who Remains yang jadi penguasa TVA.

Seperti yang juga disebutkan di atas, Miss Minutes memiliki rahasia tentang Ravonna yang akan membuat dia marah. Rahasia tersebut bisa jadi adalah dokumen atau rekaman atau ingatan tentang apa yang terjadi kepada Ravonna di awal kemunculan TVA, seperti yang Loki sempat temukan di episode pertama. Miss Minutes yakin jika Ravonna akan marah besar jika kemudian dia mengetahui He Who Remains sudah menghapus ingatannya tentang bagaimana dia sempat menjadi rekan dan love interest dari sang villain utama.

Yang juga bisa jadi petunjuk besar dari hal ini adalah ucapan dari Sylvie saat bertemu dengan Ravonna. Menurut Sylvie, dia tahu apa yang kemudian jadi impian atau hasrat dari Ravonna yang tidak lain adalah kekuasaan. Sylvie tahu jika Ravonna ingin jadi sosok pemimpin di TVA, sosok yang berada di ujung waktu dan berkuasa serta menjadi sosok “pemenang” dalam Multiversal War seperti halnya He Who Remains.

Mengapa kemudian He Who Remains menghapus ingatan Ravonna? Seperti halnya yang Ravonna lakukan terhadap Loki, Sylvie, dan Mobius, di mana dia tega melakukan prune terhadap ketiganya karena mereka dianggap sebagai ancaman. He Who Remains bisa jadi juga melihat Ravonna sebagai ancaman, karena dia tahu siapa sebenarnya Ravonna. He Who Remains kemungkinan hanya memanfaatkan sosok Ravonna demi kepentingannya.

Kesimpulan

ravonna renslayer variant he who remains

Jadi, kesimpulannya adalah Ravonna Renslayer kemungkinan adalah salah satu variant dari He Who Remains. Hal ini dilihat dari berdasarkan berbagai bukti yang ada. Pertama, dalam cerita komiknya Ravonna adalah sosok penting bagi Kang dan He Who Remains. Kedua, dalam series Loki sosok Ravonna dianggap sebagai ancaman bagi He Who Remains karena kemungkinan dia tahu siapa Ravonna sebenarnya.

Ketiga, bagaimana ambisi dari Ravonna untuk jadi penguasa TVA dan jadi yang berkuasa di ujung waktu seolah menjadi gambaran yang mirip dengan sosok He Who Remains. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan Ravonna lakukan selanjutnya, mengingat Sylvie sudah “mengabulkan” keinginaan tersebut seperti yang diperlihatkan di akhir episode 3. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.