Sebuah concept art yang baru-baru ini dibagikan oleh concept artist dari Marvel Studios, memberikan kejutan mengenai karakter OB di season kedua Loki. Ternyata karakter ini hampir saja tampil sangat berbeda dari yang kita kenal, dan sempat direncanakan sebagai varian dari karakter yang kita kenal sebelumnya, Mobius.

Tepatnya Aleksi Briclot, sang concept atrist yang dipercaya untuk membuat gambaran tampilan para karakter di Loki season 2. Melalui Instagram, ia menampilkan desain awal untuk karakter Ouroboros, atau OB. Gambar tersebut menunjukkan OB direncanakan memiliki rambut merah dan jenggot lebat ala Mobius, jauh dari penggambaran OB yang kita kenal di versi final live actionnya.

OB Mobius

Mobius sendiri, sepanjang seri, berusaha keras menghindari pemikiran tentang kehidupan aslinya di garis waktu, jadi bayangkan saja betapa rumitnya jika ia harus menghadapi fakta bahwa ada varian lain dirinya yang bekerja di TVA. Ini pasti akan memberikan dampak besar pada kisah Mobius dan menambah kerumitan pada kisah karakter ini yang berupaya menyelamatkan TVA dan membantu Loki mencapai glorious purpose di penutup musim kedua “Loki”.

Mobius memang menjadi salah satu karakter paling menarik di “Loki”, tetapi adanya kembarannya di musim kedua bisa jadi malah mengurangi kesan yang sudah dibangun oleh Mobius yang asli. Bukan hanya itu, kita mungkin akan kehilangan karakter O.B. yang akhirnya kita kenal. O.B. langsung menjadi kesayangan penonton sejak muncul pertama kali, terutama berkat akting memukau dari Ke Huy Quan. Memunculkan Mobius lain sepertinya tidak akan memberikan sesuatu yang istimewa, mengingat konsep varian yang identik tapi berbeda ini sudah sering dieksplorasi ketika musim kedua dimulai.

Meskipun demikian, konsep ini sebenarnya mengambil inspirasi dari asal-usul Mobius di komik. Di komik, Mobius M Mobius adalah agen TVA seperti yang diperankan Owen Wilson. Ia bekerja sama dengan versi dirinya dari masa lalu dan masa depan di TVA, yaitu Mr. Tesseract dan Mr. Paradox. Sementara Mr. Ouroboros merupakan kloning dari Mobius M Mobius, yang menjelaskan kenapa konsep awal OB sangat mirip dengan Mobius. Namun, keputusan untuk menjadikan O.B. sebagai karakter orisinil terbukti menjadi pilihan yang lebih tepat untuk Marvel, terutama untuk menghindari kebingungan dengan memperkenalkan klon serta varian dalam “Loki”.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.