Eiichiro Oda akhirnya beri konfirmasi jika Yonko lebih kuat dari admiral yang jadi kekuatan terbesar pihak angkatan laut. Series One Piece saat ini sudah mulai memasuki babak terakhir ceritanya, di mana momen puncak pertempuran sudah terjadi. Dan momen pertempuran epik tersebut saat ini sedang berlangsung di pulau Egghead. Yang menarik kemudian adalah pertempuran di pulau Egghead tersebut seolah jadi konfirmasi Oda Sensei jika Yonko lebih kuat dari admiral.

Perdebatan Yonko vs Admiral

yonko lebih kuat dari admiral oda

Perdebatan mana yang lebih kuat antara Yonko atau admiral memang sudah terjadi sejak lama di kalangan fans One Piece. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan. Posisi admiral merupakan jabatan tertinggi di angkatan laut, di mana posisi mereka berada di bawah Fleet Admiral. Para admiral tersebut adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di angkatan laut dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat.

Para admiral juga merupakan orang-orang terpilih di mana hanya mereka yang dianggap kuat di angkatan laut yang bisa mengisi posisi tersebut. Bahkan, para Gorosei sendiri yang menunjuk langsung siapa orang atau kandidat para admiral tersebut. Dengan semua kelebihan dan kedahsyatan kekuatan mereka, wajar jika kemudian para admiral menjadi sosok yang mengerikan. Apalagi, mereka memiliki kekuatan buah iblis yang juga sangat luar biasa.

Tetapi, apakah mereka lebih kuat dari para Yonko? Meskipun sebagian fans beranggapan jika admiral lebih kuat dari Yonko, namun pada kenyataannya Yonko memiliki status yang lebih superior dibandingkan para admiral. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa mereka disebut sebagai penguasa samudra. Ada beberapa bukti bagaimana Yonko jauh lebih kuat dibandingkan para admiral.

Pertama, ucapan dari Garp saat mereka hendak menangkap Rayleigh. Saat angkatan laut mencoba menangkap Rayleigh, Garp pun memberikan sebuah peringatan. Menurut Garp, pihak angkatan laut tidak akan mau menghadapi dua legenda sekaligus di waktu yang bersamaan, karena resiko kekalahan dan kehilangan mereka bisa sangat besar. Rayleigh memang bukan Yonko, namun kekuatannya dianggap setara atau hampir setara dengan Yonko.

Kedua, Sengoku pernah mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah bisa mengalahkan Whitebeard dan pasukannya dengan kekuatan militer. Pihak angkatan laut mengakui bahwa mereka butuh taktik yang lebih baik dan juga serangan dadakan untuk bisa mengalahkan Whitebeard. Ini menjadi bukti bahwa kekuatan satu orang Yonko masih jauh lebih dahsyat dibandingkan seluruh pasukan angkatan laut.

Ketiga, Oda Sensei sejauh ini hanya memperlihatkan bahwa para admiral tersebut memiliki kedahsyatan kekuatan yang setara atau sedikit di atas para komandan Yonko. Contohnya, saat Marco menghadapi Kizaru pertarungan mereka bisa dibilang seimbang. Bahkan, Marco sempat lebih unggul sampai kemudian dia lengah dan lengannya diborgol oleh batu laut. Jozu mampu menandingi kekuatan Aokiji, sampai kemudian dia juga lengah. Sabo mampu untuk menandingi kekuatan Fujitora.

Momen Pertarungan Luffy vs Kizaru

yonko lebih kuat dari admiral oda

Dalam arc Egghead yang sedang berjalan sekarang, Luffy akhirnya bertarung menghadapi Kizaru. Hal tersebut sengaja Luffy lakukan demi menolong dan melindungi Vegapunk. Pertarungan ini bisa dibilang sangat menarik, meskipun sayangnya pertarungan tersebut tidak terlalu panjang durasinya. Dalam pertarungan tersebut Luffy mampu untuk menyerang Kizaru dengan teknik Snakeman.

Namun, Kizaru juga nampaknya masih sanggup menghindari atau meladeni serangan tersebut dengan mudah. Bahkan, Kizaru mampu menendang Luffy dengan sangat keras sampai dia terlempar dari Frontier Dome dan terluka. Ketika kemudian Luffy mengaktifkan Gear 5, pertarungan semakin menarik. Kizaru tidak mampu berbuat banyak untuk bisas menghadapi Gear 5. Bahkan, jika Geeks perhatikan, Kizaru cenderung menghindar dari Luffy.

Dalam ceritanya, Kizaru justru lebih memprioritaskan untuk menghabisi Vegapunk dan melupakan Luffy. Hal itu seolah memberikan petunjuk jika Kizaru sadar mengalahkan Luffy bukan hal yang mudah baginya dan dia sadar jika menghadapi Gear 5 Luffy akan membuatnya kalah dalam pertarungan. Dan pada akhirnya, hal ini pun benar-benar terjadi seperti yang nampak di chapter 1095 kemarin.

Luffy menggunakan teknik White Star Gun, yang kemudian serangan tersebut mendapatkan lapisan Conqueror Haki. Serangan yang langsung mengenai kepala dari Kizaru tersebut benar-benar membuat sang admiral tidak berdaya. Di chapter tersebut nampak Kizaru tidak bisa bergerak sama sekali, sesuatu yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal yang sama juga memang terjadi kepada Luffy yang nampak kelelahan setelah menggunakan Gear 5.

Yonko Lebih Kuat Dari Admiral

yonko lebih kuat dari admiral oda

Kemenangan dari Luffy atas Kizaru seolah menghadirkan konfirmasi dari Oda Sensei jika Yonko memang jauh lebih kuat dari admiral. Padahal, bisa dikatakan jika Luffy adalah sosok Yonko yang baru. Tetapi, dia sanggup untuk mengalahkan seorang admiral yaitu Kizaru. Memang, harus diakui jika kemenangan Luffy ini memiliki campur tangan teknik Gear 5 yang sangat luar biasa.

Namun, perlu diingat juga jika Luffy sebelumnya menggunakan teknik yang sama saat menghadapi Rob Lucci. Artinya, dia sudah menguras cukup banyak energi dari tubuhnya. Belum lagi, dia juga menghadapi Seraphim sebelum kemudian dia rehat sejenak dan makan makanan yang Sanji sediakan dan puncaknya dia bertarung menghadapi Kizaru. Bagaimana dengan Kizaru?

Jika Geeks perhatikan, sang admiral justru tidak bertarung sebelumnya yang mana hal ini jelas menjadi sebuah keuntungan. Logikanya, dengan Kizaru yang masih dalam keadaan segar dan belum bertarung sebelumnya akan jauh lebih unggul dari segi energi dan kekuatan. Tetapi, faktanya, yang terjadi justru sebaliknya. Kizaru benar-benar dikuras habis tenaganya dan tergeletak tidak berdaya.

Jika membandingkan Luffy dengan Yonko kuat lain, seperti Shanks atau Blackbeard, Luffy mungkin bukanlah yang terkuat saat ini. Dia masih memiliki masalah dalam penggunaan Gear 5 untuk durasi yang lama. Jika saja Luffy tidak memiliki masalah tersebut, rasanya Kizaru sudah benar-benar tidak memiliki peluang untuk menang. Hal ini juga bisa jadi tolok ukur bagi para Yonko lain.

Dalam hal ini, jika Luffy sudah memiliki kekuatan dahsyat seperti Gear 5 artinya bisa kita bayangkan seberapa dahsyat Shanks dengan kekuatan Haki yang dia miliki serta Blackbeard yang memiliki dua kekuatan buah iblis. Kekuatan dahsyat itu rasanya bukan hanya mampu untuk mengalahkan admiral, bahkan Fleet Admiral sekalipun bisa saja dikalahkan dengan mudah. Jadi, kesimpulannya, Yonko sudah bisa dipastikan jauh lebih kuat dan dahsyat dari admiral.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.