Dalam cerita Marvel Comics ada banyak variant dari karakter seperti sosok Hulk yang memiliki varian Space Punisher Hulk. Seperti yang Geeks ketahui, Hulk merupakan salah satu karakter Marvel yang paling kuat sekaligus juga ikonik. Jika berbicara mengenai kekuatan, tentunya tidak perlu diragukan lagi seperti apa kekuatan dari Hulk tersebut. Sama seperti karakter Marvel lain, Hulk juga memiliki berbagai versi atau variant di berbagai universe seperti sosok Space Punisher Hulk.

Space Punisher Hulk Di Marvel Comics

Space Punisher Hulk Marvel

Siapa sebenarnya Space Punisher Hulk? Dia merupakan salah satu karakter sekaligus merupakan versi alternatif dari sosok Hulk dan Bruce Banner. Space Punisher Hulk merupakan karakter superhero yang berasal dari Earth-12091 dan muncul pertama kali dalam cerita komik Space: Punisher #2. Karakter ini dianggap sebagai versi Hulk yang paling kuat di Marvel Universe.

Pada dasarnya, cerita awal kemunculan dari Space Punisher Hulk mirip seperti Hulk di universe utama di mana sosok Bruce Banner terkena radiasi sinar gamma dalam jumlah yang besar. Akibat dari hal tersebut, Bruce Banner kemudian bermutasi menjadi sosok Hulk. Namun, yang kemudian membedakan adalah ketika Bruce Banner versi Earth-616 berubah menjadi versi “normal” Hulk untuk Hulk versi Earth-12091 justru penampilannya lebih mirip seperti monster dengan dua pasang lengan dan wajah mengerikan.

Selain itu, perbedaan lainnya dari kedua versi Hulk ini adalah Space Punisher Hulk benar-benar memiliki kepribadian yang terpisah dari Bruce Banner. Artinya, tubuh dari Bruce Banner yang justru terjebak di tubuh Space Punisher Hulk. Hal ini membuat Bruce Banner tidak bisa memengaruhi alter egonya tersebut. Hulk versi alternatif ini juga jauh lebih tinggi dan besar serta jauh lebih kuat daripada Hulk versi universe utama. Inilah yang membuatnya sangat ditakuti di universe tersebut.

Karena tubuh Bruce Banner terjebak di dalam tubuh Space Punisher Hulk, hal ini pun membuat sosok monster hijau tersebut mampu untuk berpikir dan bergerak sendiri. Ini juga yang kemudian jadi alasan mengapa karakternya jauh lebih brutal dari Hulk versi universe utama. Dalam cerita Space: Punisher, karakter Space Punisher Hulk dimanfaatkan oleh Frank Castle yang mencoba untuk menghabisi pelaku yang sudah membunuh keluarganya.

Seberapa Kuat Space Punisher Hulk

Space Punisher Hulk MarvelMeskipun hanya muncul dalam dua cerita komiknya, namun ada beberapa informasi tentang level kekuatan dari Space Punisher Hulk serta seberapa mengerikan dan berbahayanya karakter ini. Dia dikenal orang-orang di universe tersebut sebagai “mesin pembunuh yang menghancurkan,” yang mana reputasi ini dia dapatkan dari seringnya Hulk tersebut menghancurkan kapal luar angkasa.

Dalam ceritanya, Space punisher Hulk jauh lebih kuat bahkan dari tim superhero kosmik Fantastic Four. Bahkan, Hulk mampu menghadapi mereka sendirian dan menghancurkan tubuh dari The Thing serta membuat tubuh Mr. Fantastic tidak berdaya. Tidak sedikit juga para superhero atau karakter lain yang justru akhirnya harus tewas di tangan Space Punisher Hulk karena kebrutalan dan kekuatan yang dia miliki.

Dengan memanfaatkan Space Punisher Hulk, Frank Castle akhirnya bisa mendapatkan informasi tentang kelompok Six-Fingered Hand dengan menghancurkan markas dari Barracuda. Dia juga menghabisi para karakter yang dikirim untuk menghabisi The Punisher. Sabretooth dan Deadpool juga jadi korban dari Space Punisher Hulk. Bahkan, Bruce Banner sendiri menjadi korban kengerian dari Hulk ini setelah dia mengeluarkannya dari tubuhnya dan membiarkan Bruce terkena tembakan tanpa mempengaruhi tubuhnya.

Selain kekuatan dahsyat tersebut, Space Punisher Hulk juga mampu bergerak dengan sangat cepat bahkan lebih cepat dari cahaya. Dia juga mampu melampaui batas realita, yang mana membuatnya bisa menghancurkan The Watchers. Kekuatan dahsyat dari Space Punisher hulk ini bahkan membuat Galactus bisa merasakan keberadaanya. Dan berkat hal tersebut Space Punisher Hulk menjadi versi Hulk paling kuat dan mengerikan di Marvel Universe serta jadi ancaman terbesar nomor dua setelah Galactus.

Siapa yang Bisa Hentikan Space Punisher Hulk

Space Punisher Hulk Marvel

Apakah ada karakter yang bisa hentikan Space Punisher Hulk? Jawabannya adalah hampir tidak ada. Meskipun hanya muncul dalam dua cerita komik saja, namun Space Punisher Hulk sudah menghancurkan semua musuh atau karakter yang mengancam nyawanya dengan sangat brutal. Hulk versi alternatif ini sudah menghancurkan mayoritas karakter kuat seperti Deadpool dan bahkan Sabretooth serta Fantastic Four.

Namun, Space Punisher Hulk belum menghadapi karakter lain seperti King Thanos, Rune King Thor, atau bahkan One Above All. Jadi, apakah ada karakter superhero “normal” yang mampu hentikan sosok Space Punisher Hulk? Maka, jawabannya adalah tidak ada. Namun, mungkin beberapa karakter overpower bisa dan memiliki kesempatan untuk mengalahkan Space Punisher Hulk. Dan untungnya, variant Hulk ini ada di universe alternatif sehingga tidak memberikan ancaman besar bagi universe utama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.