Dalam cerita One Piece, ketika pengguna buah iblis Zoan berhasil membangkitkan seluruh kemampuannya atau awakening akan ada aura yang muncul dan berikut adalah penjelasannya. Zoan merupakan salah satu jenis buah iblis dalam cerita One Piece selain juga Paramecia dan juga Logia. Dalam ceritanya, pengguna buah iblis bisa membangkitkan seluruh kemampuan buah iblis tersebut yang biasa disebut awakening. Masing-masing jenis buah iblis memiliki awakening yang unik dan untuk jenis Zoan sendiri terdapat keunikan di mana muncul aura di sekitar penggunanya.

Awakening Zoan

awakening zoan one piece

Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan dan bentuk binatang, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal kekuatan. Bahkan, level peningkatan kekuatan dari Zoan jauh lebih besar dari Logia dan Paramecia.

Yang juga menarik adalah buah iblis Zoan mampu memberikan kemampuan penyembuhan di mana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat. Inilah yang kemudian menjadi beberapa keunggulan dari jenis Zoan. Pengguna buah iblis berjenis Zoan akan memiliki tiga bentuk utama yaitu bentuk manusia, bentuk hewannya, dan bentuk hybrid alias gabungan manusia dan binatangnya.

Seperti halnya jenis buah iblis lainnya, jenis buah iblis Zoan juga bisa melakukan awakening. Sejauh ini, diketahui ada kurang lebih tiga orang yang sudah berhasil membangkitkan buah iblis Zoannya yaitu Monkey D Luffy, Rob Lucci, dan yang paling baru adalah Gorosei Saint Jay Garcia Saturn. Apa yang kemudian jadi bukti jika pegguna buah iblis Zoan sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya?

Pertama, biasanya mereka akan memiliki bentuk yang tidak biasa atau memiliki penampilan yang jauh lebih menyeramkan dari sebelumnya. Kedua, terdapat aura yang muncul yang ada di bagian belakang tubuh pengguna buah iblisnya. Jika Geeks perhatikan, ada perbedaan aura yang muncul dari ketiga karakter tersebut yaitu perbedaan warna aura; hitam dan putih.

Penjelasan Aura Awakening Zoan

awakening zoan one piece

Lalu, apakah kemudian perbedaan warna aura dari ketiga karakter tersebut memiliki arti tertentu? Sejauh ini, Eiichiro Oda belum memberikan informasi atau penjelasan apa pun mengenai awakening Zoan tersebut terutama mengenai arti dari perbedaan dua warna aura. Namun, ada hal yang bisa jadi petunjuk yang mungkin bisa beri penjelasan mengenai arti dari aura itu.

Petunjuknya adalah perilaku dari para karakter. Dalam ceritanya, kita bisa melihat bagaimana Rob Lucci da Gorosei Saturn merupakan sosok yang jahat. Rob Lucci sendiri, seperti terungkap dalam kisah masa lalunya, sudah menghabisi nyawa ratusan orang sebelum bergabung dan setelah bergabung dengan CP9. Dan dari sifatnya pun nampak bagaimana Rob Lucci merupakan karakter yang ditakuti terutama mengenai kemampuannya.

Sementara, Gorosei juga merupakan pihak yang tidak segan untuk menghilangkan nyawa orang lain. Contoh nyatanya adalah bagaimana mereka tega menghabisi Professor Clover dan melakukan “Pembersihan Massal atau Pembersihan besar-besaran.” Sudah tidak terhitung berapa nyawa yang sudah direnggut oleh Gorosei, termasuk Gorosei Saturn. Dan jika Geeks perhatikan aura yang muncul dari kedua karakter tersebut berwarna hitam.

Hal ini berbanding terbalik dengan aura dari Luffy, di mana warnanya putih. Bahkan, seluruh tubuhnya pun menjadi putih. Besar kemungkinan hal tersebut terjadi karena Luffy memiliki sifat yang berbanding terbalik dengan Rob Lucci dan Gorosei Saturn, di mana Luffy justru lebih sering menolong orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang kemudian dia tolong dan negara yang dia bebaskan.

Luffy juga tidak pernah menghabisi nyawa orang lain, yang artinya Luffy adalah sosok karakter yang baik. Berdasarkan penjelasan di atas, arti dari aura awakening buah iblis Zoan dalam cerita One Piece adalah hal tersebut memberikan gambaran sifat dari penggunanya. Aura hitam berarti penggunanya merupakan sosok yang jahat seperti Lucci dan Gorosei Saturn. Sedangkan, untuk aura putih artinya penggunanya merupakan sosok yang murni dan baik seperti Luffy. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.