Sosok Dracule Mihawk dalam cerita One Piece kemungkinan terkena kutukan akibat apa yang sudah dia lakukan di masa lalu. Seperti yang Geeks ketahui, Mihawk merupakan salah satu karakter yang masih misterius hingga saat ini. Namun, terdapat sebuah teori yang menarik yang menyebutkan jika Mihawk terkena kutukan masa lalu sehingga membuat dia menjadi seperti sekarang.

Masa Lalu Mihawk

Dengan sosoknya yang sangat dahyat tentunya para fans penasaran dengan sosok Mihawk. Mereka penasaran dengan apa yang terjadi masa lalu, sehingga membuat dia menjadi seperti sekarang. Banyak spekulasi yang bereda di kalangan fans terkait Mihawk. Misalnya, dia merupakan mantan murid dari Silvers Rayleigh seperti halnya Shanks. Dari Rayleigh dia kemudian belajar berpedang.

Namun, ada beberapa fakta menarik mengenai masa lalu dari sosok Mihawk. Misalnya, dalam kolom SBS Volume 63 kita melihat bagaimana Shichibukai ketika masih kecil. Dalam gambarnya nampak bagaimana Mihawk menggunakan pakaian yang lebih bagus dari para Shichibukai lainnya. Namun, memang pakaian yang Mihawk gunakan tersebut terlihat sedikit robek dan berantakan.

Dari gambar itu juga seolah terungkap jika Mihawk sudah harus terlibat konflik sejak usianya masih kecil. Selanjutnya, di akhir manga chapter 956 kita melihat bagaimana Dracule Mihawk sudah pernah jadi buruan untuk jangka waktu yang cukup lama. Di usianya yang ke 19 tahun, 10 tahun pasca eksekusi Roger, Mihawk sudah berhasil meraih kesuksesan besar di laut.

Yang juga menarik adalah dalam chapter 1058 kemarin Oda membeberkan satu informasi penting tentang Mihawk. Ternyata, dahulu dia memiliki julukan yang sangat mengerikan yaitu “Pemburu Angkatan Laut.” Dan dari pakaian yang dia kenakan pun nampak bagaimana Mihawk kemungkinan berasal dari sebuah keluarga terhormat dari sebuah kerajaan yang hancur.

Mihawk Terkena Kutukan Masa Lalu

Mihawk one piece

Mengapa kemudian keluarga kerajaan dari Mihawk bisa hancur dan mengapa kemudian Mihak sudah diburu oleh pihak angkatan laut sejak usianya masih kecil? Pertarungan Zoro melawan S-Hawk memunculkan dialog yang menarik. Menurut teorinya, Zoro menyebutkan jika S-Hawk masih memiliki sisi manusia. Artinya, bisa jadi Dracule Mihawk bukanlah manusia seperti yang kita duga.

Yang menarik adalah ada juga teori yang lain yang populer di kalangan fans menyebutkan jika Mihawk berasal dari ras yang sama dengan Stussy yaitu ras vampir. Meskipun begitu, teori ini menjelaskan jika teori Mihawk adalah ras vampir seperti Stussy terlalu umum bagi Oda. Lagipula, kekuatan Stussy itu juga kemungkinan berasal dari buah iblis hasil rekayasa Vegapunk dahulu.

Juga, jika Geeks perhatikan lebih dekat dari sosok Mihawk, nampak bagaimana sifat yang Zoro ungkapkan tersebut justru kontradiksi atau terjadi sebaliknya. Mihawk malah memperlihatkan sisi manusia yang tinggi. Misalnya, peduli terhadap orang lain, memiliki rasa humor yang sedikit, peduli terhap sekitarnya seperti terhadap Perona dan Humandrills, dan sebagainya.

Apa yang kemudian terjadi kepada Mihawk kemungkinan adalah sifat yang apatis terhadap kematian. Mengapa demikian? Mengapa hal itu bisa terjadi? Ini terjadi kemungkinan besar karena Mihawk sudah terlalu sering terlibat konflik dan kekerasan di sepanjang hidupnya. Karena pengalaman hidup tidak menyenangkan itu membuat Mihawk sudah tidak lagi peduli akan kematian. Bahkan, jika Geeks perhatian pulau Kuraigana terdiri dari banyak sekali makam.

Hal tersebut juga dianggap memberikan petunjuk mengapa kemudian Mihawk memutuskan untuk hidup sendiri, terlepas dari bukti jika dia bisa saja tinggal bersama orang lain. Mihawk dianggap jika dia percaya kematian mengikutinya. Sehingga, dia tidak ingin ada orang dekat-dekat dengannya. Hal ini pun kemudian memunculkan spekulasi jika Mihawk kemungkinan terkena kutukan. Dan kutukan tersebut yang membuat bola matanya mirip dengan milik Im.

Mihawk Akan Tunjukan Dirinya

Mihawk one piece

Dengan teka-teki yang sangat luar biasa tentang sosok Mihawk, tentunya para fans penasaran seperti apa sebenarnya sosoknya. Dan mengingat saat ini One Piece sudah memasuki fase terakhir ceritanya, kemungkinan Oda Sensei tidak akan lama lagi akan memperlihatkan siapa sebenarnya Dracule Mihawk. Dimulai dengan pembuktian sosok Mihawk adalah “Pemburu Angkatan Laut.”

Teorinya sendiri meyakini jika Dracule Mihawk – dan Cross Guild – kemungkinan akan menyelamatkan Weevil dari tangan admiral Green Bull. Hal ini karena Bakkin akan meminta tolong Crocodile dan Cross Guild untuk menyelamatkan nyawa anaknya. Kemudian, pertarungan melawan Green Bull juga akan menghadirkan hal lainnya di mana Mihawk akan yakin terhadap Buggy.

Dalam satu momen, Mihawk akan meyakini jika Buggy adalah sosok yang memiliki sesuatu yang spesial dalam dirinya seperti sosok Monkey D Luffy. Buggy akan membantu Mihawk untuk mewujudkan apa yang sebelumnya belum pernah dia capai. Dan di akhir teorinya dijelaskan bahwa dengan semua hal yang akan terjadi nantinya kepada Mihawk, di akhir ceritanya diperlihatkan pertarungan epik antara Mihawk dan juga Zoro. Setelah pertarungannya menghadapi Zoro, Mihawk mungkin akhirnya akan menemukan kedamaian dalam dirinya. Kita nantikan saja kelanjutan cerita Mihawk di chapter One Piece selanjutnya ya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.