DCEU menghadirkab cukup banyak karakter orisinal di mana karakter tersebut tidak muncul atau tidak ada di komiknya. Dalam sebuah film adaptasi, seperti komik, bukan sebuah hal yang baru jika ada berbagai elemen yang dihilangkan atau ditambahkan di dalamnya. Salah satu elemen yang umumnya ditambahkan adalah karakter. Film-film tersebut biasanya menghadirkan karakter orisinal yang tidak ada di sumber aslinya. DCEU pun melakukan hal itu. Berikut adalah karakter orisinal di DCEU.

1. Calvin Swanwick

karakter orisinal dceu

Jendral Calvin Swanwick merupakan karakter orisinal yang pertama kali diperkenalkan di DCEU. Karakter yang diperankan oleh Harry Lennix ini muncul di film Man of Steel, di mana dia adalah sosok pemimpin angkatan bersenjata Amerika saat berhadapan dengan General Zod. Swanwick kemudian mendapatkan promosi jabatan, di mana posisinya yang baru adalah menteri pertahanan.

Banyak sekali fans yang sangat menyayangkan bagaimana pihak rumah produksi kurang memaksimalkan karakter Calvin Swanwick. Dalam film Zack Snyder’s Justice League akhirnya terungkap siapa karakter orisinal tersebut. Ternyata, dia adalah karakter yang jadi penyamaran dari J’onn J’onzz alias Martian Manhunter saat berada di bumi. Para fans menyayangkan bagaimana cerita Justice League tidak berlanjut yang akhirnya membuat karakter Martian Manhunter tidak pernah memiliki peranan yang besar.

2. Alistair Lord

Setelah mengalami berbagai perdebatan, pihak DC akhirnya memutuskan untuk merilis sekulel Wonder Woman, Wonder woman 1984, di HBO Max. Film yang rilis pada 2020 ini menghadirkan sosok villain klasik dari cerita komik, yaitu Maxwell Lord. Karakternya sendiri diperankan oleh aktor Pedro Pascal. Sosok pebisnis tersebut dihadirkan berbeda dari apa yang muncul dari komiknya.

Berbeda dengan versi komik, di mana impian terbesarnya menjadi alasan mengapa dia berbuat kejahatan yaitu menghapus berbagai karakter superhero yang ada, dalam versi Wonder Woman 1984 sang anak yang jadi motivasi Maxwell Lord untuk berbuat jahat. Sosok Alistair Lord merupakan karakter salah satu karakter orisinal yang muncul di DCEU, di mana meskipun perannya tidak besar namun dia memilki dampak besar terhadap hidup Maxwell Lord.

3. Milton

Sebelum mengisi posisi sebagai co-director dari DC Studios, James Gunn pernah menggarap film reboot dari Suicide Squad di tahun 2018 yaitu The Suicide Squad. Film ini rilis pada 2021 dan kembali menghadirkan cerita di mana Amanda Waller mengumpulkan orang-orang terpilih untuk bergabung dalaam tim Task Force X. Harley Quinn dan Rick Flag adalah beberapa karakter yang kembali muncul di filmnya.

Berbagai karakter lainnya merupakan “pendatang baru” seperti Peacemaker, Bloodsport, dan bahkan King Shark. Namun, banyak fans yang tidak sadar dengan karakter orisinal di film ini yaitu Milton. Dia adalah salah satu anggota pemberontak Corto Maltese yang membantu tim Suicide Squad saat menculik the Thinker. Karakter yang diperankan Julio caesar Ruiz ini juga ikut dalam penyerbuan untuk menghancurkan Jotunheim dan Project Starfish sebelum kemudian dia tewas terbunuh.

4. Ratcatcher 2

karakter orisinal dceu

Masih dari film The Suicide Squad, selain Milton karakter orisinal yang muncul di DCEU lainnya dalam film ini adalah Ratcatcher 2. Sebenarnya Ratcatcher merupakan salah satu karakter yang muncul dalam cerita komik. Namun, James Gunn memutuskan untuk menghadirkan versi lain dari karakter tersebut yang tidak lain adalah Ratcatcher 2 yang diperankan oleh Daniela Melchior.

Dia mengambil peran tersebut pasca kematian dari sang ayah, yang juga merupakan versi lainnya dari Ratcatcher. Nama asli Ratcacther 2 sendiri adalaah Cleo Cazo, di mana dia tumbuh besar di jalanan bersama ayahnya dan juga para tikus. Cleo berhasil menciptakan sebuah alat yang bisa mengendalikan para tikus. Ratcatcher 2 merupakan salah satu karakter orisinal yang populer.

5. Leota Adebayo

karakter orisinal dceu

James Gunn memperkenalkan karakter yang akan memiliki peranan besar kedepannya dalam pengembangan DCU. Dia adalah Leota Adebayo, karakter yang muncul dalam series Peacemaker. Diperankan oleh Danielle Brooks, Leota Adebayo merupakan salah satu anggota tim khusus yang dibentuk oleh Amanda Waller untuk menghadapi ancaman alien bernama “Butterflies.”

Di sepanjang seriesnya, sebenarnya Leota nampak tidak terlalu istimewa selain bagaimana kecerdasannya dalam hal teknologi. Namun, menjelang akhir musim perdana Peacemaker baru terungkap siapa sebenarnya Leota, yang tidak lain adalah putri dari Amanda Waller. Dalam komiknya, Amanda Waller memang memiliki beberapa putri. Tetapi, Peacemaker menghadirkan khusus karakter Leota Adebayo. Dan ini jadi satu-satunya putri Amanda yang ikut terlibat dalam proyek sang ibu. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.