Dracule Mihawk merupakan salah satu karakter dan juga pengguna pedang terkuat dalam alur cerita One Piece, namun seperti apa sebenarnya kekuatan Mihawk? Semua fans dari series One Piece tentu mengenal siapa sosok Dracule Mihawk. Rasanya kita tidak perlu lagi meragukan sosok Mihawk sebagai salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece saat ini. Namun, seperti apa sebenarnya kekuatan dari Mihawk?

Penjelasan Kekuatan Dracule Mihawk

kekuatan mihawk one piece

Sosok Dracule Mihawk merupakan salah satu karakter yang unik dan menarik dalam alur cerita One Piece. Meskipun dia tidak memiliki kemampuan buah iblis, tetapi kemampuan berpedang dari Mihawk sangatlah dahsyat. Hampir tidak ada yang bisa menandingi kemampuan berpedangnya. Selain itu, dia juga sangat handal dalam sebuah pertarungan.

Seperti yang Geeks semua sudah ketahui, bahwa Mihawk dahulu adalah rival terkuat dari Shanks, salah satu Yonko yang berkuasa di wilayah New World. Kabar mengatakan bahwa setiap kali mereka berdua bertarung, seluruh Grand Line akan terguncang. Whitebeard sendiri mengakui bahwa pertarungan antara Shanks dan Mihawk sangat legendaris dan menakjubkan.

Kemunculan pertama dari sosok Mihawk bisa dibilang sangat menarik. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana dia menyerang kelompok bajak laut Don Krieg hanya untuk mengobati kebosanannya. Dia tidak membutuhkan tujuan yang ambisius seperti karakter lainnya. Mengapa? Karena, dia pada dasarnya sudah jadi sosok yang paling kuat dalam alur ceritanya.

Yang menarik adalah terdapat sebuah teori menarik mengenai kekuatan Mihawk dan kekuatan berpedangnya. Dalam teori ini dijelaskan jika bukan Mihawk yang sebenarnya memiliki kekuatan dahsyat dalam berpedang, melainkan Yoru itu sendiri memang memiliki kekuatan tersendiri. Mihawk hanya perlu mengendalikannya tanpa perlu mengatur atau meningkatkan kekuatannya.

Kekuatan Milik Yoru

kekuatan mihawk one piece

Secara garis besar, teorinya menjelaskan jika kekuatan dahsyat yang Dracule Mihawk miliki saat ini sebenarnya bukan berasal dari bagaimana Mihawk berlatih pedang. Melainkan, karena Yoru memang sedari awal sudah memiliki kekuatan magis yang sangat dahsyat. Ada beberapa petunjuk mengenai hal ini, misalnya bagaimana komentar Zoro setelah Mihawk menghancurkan kapal Don Krieg.

Menurut Zoro, dia tidak pernah melihat bagaimana pengguna pedang begitu lembut dan membiarkan pedangnya “bergerak” sendiri. Mihawk kemudian mengatakan jika sebuah pedang tanpa ada keberkahan atau kekuatan magis di dalamnya maka itu bukanlah sebuah pedang. Dalam cerita One Piece, kita sudah diperlihatkan banyak sekalai momen di mana pedang memiliki tingkatan.

Yoru dianggap sebagai salah satu yang paling kuat yang mana wajar jika membuat pedang ini penuh dengan kekuatan magis. Dalam pertempuran puncak di Marineford, ketika Luffy hendak menyerang Luffy dia sempat mengatakan jika “kekuatan ini tidak mengenal batasan.” Hal ini dianggap menjadi referensi dari sumber kekuatan Yoru, dan tidak peduli dengan adanya Mihawk, kekuatan Yoru sangatlah luar biasa.

Yang menarik juga adalah pernyataan selanjutnya dari Mihawk di momen tersebut. Mihawk meminta maaf kepada Shanks, namun semuanya terserah kepada takdir yang Yoru hadirkan. Berkaitan dengan pedang dan kekuatan magis di dalamnya, dalam chapter 1033 sosok pembuat pedang legendaris yaitu, Shimotsuki Kouzaburo, menyebutkan jika sebuah pedang akan memiliki kepribadian dan tekadnya sendiri.

Seorang ahli pedang harus kemudian mampu untuk menguasainya atau mengendalikannya, sesuatu yang sudah Mihawk lakukan selama ini namun belum berhasil dilakukan oleh Zoro. Pertanyaan besarnya kemudian mengapa Mihawk bisa memiliki Yoru atau pedang hitam dan bagaimana dia bisa mendapatkan dan mengendalikannya. Sayangnya, Oda Sensei belum memberikan informasi apa pun tentang hal ini.

Dari penjelasan Tenguyama alias Sukiyaki, Haki adalah kunci untuk membuat sebuah pedang berubah menjadi pedang hitam. Dan pedang hitam akan membuat pedang tersebut menjadi sangat kuat. Orang yang menggunakan atau memiliki pedang yang kuat bisa dikatakan sebagai seorang ahli pedang yang sangat kuat. Inilah yang kemudian kita lihat ketika Zoro menerima Shusui.

Mengapa kemudian Mihawk memutuskan untuk tidak mengendalikan Yoru dan membuat pedang hitam tersebut bisa bergerak dengan bebas? Menurut teorinya, jawaban tersebut sangat simpel yaitu Mihawk tidak harus melakukannya. Mihawk adalah ahli pedang terbaik di dunia One Piece yang mana saat ini yang dia lakukan hanyalah mengawasi dan melihat siapa sosok “mangsa” yang bisaa menarik perhatiannya. Contohnya adalah Zoro, Vista, dan sebagainya.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari teori ini adalah Dracule Mihawk memang adalah sosok ahli pedang terbaik di dunia. Kemampuan dan kekuatan berpedang Mihawk di dunia One Piece tentu tidak perlu kita ragukan lagi. Namun, yang juga menjadi catatan adalah adanya kemungkinan faktor lain yang membuat dia menjadi kuat yaitu kekuatan magis yang ada di dalam pedang Yoru. Dari berbagai petunjuk yang ada, Yoru memang memiliki jiwa dan kekuatan dahsyat di dalamnya.

Dengan kekuatan dahsyat dan jiwa tersebut, yang juga dipadukan dengan kemampuan berpedang dari Mihawk, membuat dia jadi sosok ahli pedang terkuat di dunia. Belum ada yang sanggup untuk menandingi Mihawk sejauh ini dan menarik untuk dinantikan apakah kemudian Zoro akan sanggup mengalahkan Mihawk dan melampaui kedahsyatan dari mentornya tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.