Meskipun para superhero yang tergabung di Justice League dalam cerita DC para superhero terkuat, namun ada juga karakter superhero terkuat non-Justice League. Sudah bukan rahasia jika Justice League memang berisi para karakter superhero terkuat, misalnya Superman, Wonder Woman, Martian Manhunter, dan sebagainya. Namun, nyatanya, ada juga karakter superhero DC terkuat non-Justice League.

1. Johnny Thunder

Johnny Thunder merupakan superhero terkuat DC yang berasal dari era Golden Age. Sejak kemunculannya, DC Comics sudah sering menghadirkan beberapa versi dari Johnny Thunder. Namun, yang sering jadi perbincangan adalah karakter Johnny Thunder ketika dia masih jadi sosok superhero. Dia bukan bergabung dengan tim Justice League, melainkan Justice Society of America.

Justice Society of America memang merupakan kelompok superhero yang muncul lebih dahulu daripada Justice League. Namun, tidak sedikit fans yang berharap karakternya jadi bagian dari kelompok superhero Justice League. Meskipun begitu, saat ini karakternya sudah mulai jarang muncul dalam cerita komik DC. Jika pun karakternya muncul, dia selalu digambarkan sebagai mantan superhero.

2. Rip Hunter

superhero terkuat dc non-justice league

Dalam DC universe, Rip Hunter merupakan salah satu penjelajah waktu yang sangat mematikan. Meskipun karakter dari Rip Hunter tidak memiliki kekuatan dahsyat seperti Superman, namun kekuatan dari pikirannya yang membuat dia sangat luar biasa dan diperhitungkan. Dalam beberapa cerita, Rip Hunter diceritakan sebagai sosok yang mendesain teknologi perjalanan waktu di DC universe.

Berbagai cerita komik DC juga menggambarkan karakter Rip Hunter sebagai sosok yang sangat mengetahui tentang multiverse dan juga aliran waktu. Dia juga paham tentang bagaimana melakukan perjalanan dan berpergian dengan menggunakan aliran waktu serta mengendalikannya. Dengan kemampuan ini, jelas Justice League akan sangat terbantu. Namun, mereka tidak pernah mengundah Rip Hunter untuk bergabung.

3. Negative Man

Negative Man sebenarnya merupakan salah satu superhero yang memiliki kekuatan super dahsyat. Sayangnya, kekuatan dan juga karakter dari Negatif Man kurang begitu mendapatkan perhatian para fans alias underrated karena komiknya memang jarang menghadirkan cerita yang memunculkan sosok Negative Man. Beberapa kekuatan dari Negative Man adalah penyerapan energi dan pengaturan kepadatan dari tubuhnya.

Negative Man merupakan salah satu superhero yang jarang dilirik oleh tim Justice League. Mereka tidak pernah menawarkan kesempatan bergabung dengan tim superhero tersebut. Untungnya, Negative Man memiliki kelompok superhero lain yang memang pas dengan situasi dan keadaanya yaitu Doom Patrol. Dan bersama anggota lainnya mereka sudah menjadi sebuah keluarga.

4. Mary Marvel

Shazam alias Billy Batson merupakan salah satu anggota dari Justice League, meskipun terkadang dia juga memutuskan untuk berpisah dengan kelompoknya. Namun, keluarga Marvel lainnya belum pernah mengalami hal yang sama seperti halnya Billy Batson. Salah satu anggota Marvel yang paling menonjol adalah Mary Marvel dan dia belum pernah menjadi bagian dari Justice League.

Mary Marvel merupakan sosok karakter yang populer dan sangat cerdas. Dia pernah muncul dalam cerita Super Buddies, yang merupakan spinoff dari Justice League. Sayangnya, dia tidak pernah mendapatkan kesempatan jadi anggota dari tim utama Justice League. Mary Marvel terkenal akan kekuatannya yang luar biasa dan juga cerdasa jika dibandingkan dengan anggota keluarga lainnya. Rasanya tidak ada salahnya Mary Marvel mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Justice League.

5. Static

Static sebenarnya adalah superhero yang awalnya menjadi bagian dari komik Wild Storm. Berbagai karakter superhero di dalamnya berbeda dengan DC. Namun, seiring berjalannya waktu, koneksi dari kedua komik menjadi semakin dekat. Salah satu superhero yang menarik dari Wild Storm adalah Static, di mana kekuatan super yang dia amiliki adalah memanipulasi energi listrik dan magnet.

Static sebenarnya bukan sosok superhero yang asing dengan kelompok superhero DC. Dia pernah bergabung dengan kelompok para superhero muda seperti Teen Titanss dan juga Young Justice. Dengan pengalaman Static dan juga pengalamannya di dua tim pahlawan lain membuatnya pantas untuk bisa bergabung dengan Justice League.

6. Mogo

superhero terkuat dc non-justice league

Superhero terkuat DC non-Justice League ini memang tidak biasa. Dia bukan manusia atau makhluk hidup lain melainkan planet. Mogo merupakan salah satu anggota dari Green Lantern Corps. Dalam ceritanya, Mogo memiliki peranan besar mulai dari ikut membantu mengalahkan Sinestro Corps sampai membantu untuk mencari siapa pemilik baru Green Power Ring di seluruh alam raya DC.

Justice League sendiri sudah pernah beberapa kali berkolaborasi dengan beberapa anggota dari Green Lantern Corps, misalnya John Stewart, Hal Jordan, dan juga Jessica Cruz. Dengan kedahsyatan kekuatan dan keunikan dari karakter Mogo, mungkin DC bisa menghadirkan cerita di mana para Justice League menjalin kerja sama dengan planet hidup ini dalam menghadapi musuh yang kuat.

7. Danny The Street

Karakter superhero terkuat DC non-Justice League yang tidak biasa lainnya adalah Danny the Sreet. Jika Mogo adalah planet hidup, maka Danny, sesuai namanya, adalah sebuah karakter superhero berwujud jalanan. Meskipun begitu, seperti halnya Mogo, Danny adalah jalanan yang hidup. Danny bisa merubah lokasinya, merubah penampilan atau bentuknya, dan yang epik adalah dia bisa menyerang penghuninya.

Danny the Street sendiri merupakan superhero yang lebih sering menjalin kerja sama dengan tim Doom Patrol, bersama dengan Negative Man. Justice League tentunya akan mendapatkan keuntungan yang sangat luar biasa dari makhluk yang sangat luar biasa seperti halnya Danny. Contohnya, Justice League tidak perlu lagi untuk menggunakan satelit milik Batman sebagai markas mereka. Para Justice League bisa hidup dan tinggal di tubuh Danny.

8. Raven

superhero terkuat dc non-justice league

Geeks yang merupakan penggemar tim Teen Titans mungkin sudah mengenal siapa Raven. Dia merupakan salah satu anggota Teen Titans dan juga salah satu superhero dengan kekuatan supranatural yang sangat luar biasa. Kekuatan dahsyat dari Raven memang tidak sembangan mengingat dia adalah putri dari sang raja iblis di DC Universe yaitu Etrigon. Meskipun begitu, Raven sudah membuktikan bahwa kekuatannya dia gunakan untuk kebaikan.

Raven sempat disebut-sebut akan jadi bagian dari tim Justice League di awala kemunculannya. Namun, setelah koneksinya dengan Justice League Dark dan juga Teen Titans justru Raven lebih banyak muncul sebagai bagian dari tim superhero remaja tersebut. Dengan sedikitnya anggota tim Justice League yang memiliki kekuatan supranatural, wajar jika Raven bisa jadi tambahan menarik dan luar biasa bagi Justice League.

9. The Sandman

superhero terkuat dc non-justice league

Sudah ada beberapa karakter yang pernah menggunakan identitas The sandman sejak pertama kali muncul. Namun, hanya ada satu nama yang erat dengan titel tersebut. Sosok itu tidak lain adalah Morpheus. Morpheus, the Lord of Dreams atau Penguasa Dunia Mimpi, merupakan karakter yang diciptakan oleh Neil Gaiman. Dia bukan berasal dari universe utama DC.

Meskipun begitu, setelah berbagai cerita seriesnya rilis universe The Sandman dan DC sering kali bersinggungan. Namun, crossover yang proper atau tepat jarang terjadi. Perbedaan universe ini juga yang membuat Morpheus jadi salah satu superhero terkruat DC non-Justice Leaguee. Namun, tentunya para fans tidak akan keberatan untuk melihat bagaimana Morpheus berkolaborasi dengan tim pahlawan besar.

10. Bat-Mite

superhero terkuat dc non-justice league

Superhero terkuat DC non-Justice League terakhir adalah Bat-Mite. Bat-Mite memiliki bentuk yang mirip seperti anak kecil dan berpenampilan mirip seperti Batman. Sama halnya seperti Mr. Mxyzptlk, Bat-Mite juga berasal dari dimensi kelima. Meskipun begitu, dia berbeda dari sang villain di mana kekuatan sihirnya tidak dia gunakan untuk kejahilan atau kejahatan.

Bat-Mite sebenarnya sangat erat kaitannya dengan sosok Batman, di mana dia sering menghadirkan skenario yang membuat Batman harus beraksi. Dengan karakternya yang sangat luar biasa, di mana dia berasal dari dimensi kelima, jelas ini akan membuat Bat-Mite sebagai anggota Justice League yang dahsyat. Namun, di sisi lain, ini juga akan membuat Justice League overpowered.

DC universe memiliki banyak superhero terkuat non-Justice League yang mana akan sangat menarik jika mereka menjalin kerja sama dengan tim superhero itu. Dengan kekuatan dan kemampuan yang mereka miliki, para superhero ini tentunya akan sangat berguna dan jadi tambahan luar biasa bagi tim Justice League.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.