Sosok karakter Crocodile kemungkinan sudah hidup sejak Void Century atau abad yang hilang dalam cerita One Piece. Crocodile merupakan sosok villain yang menarik di mana dia menjadi salah satu karakter villain favorit dari para fans. karakternya sudah muncul sejak awal cerita One Piece. Meskipun sempat menghilang, namun kini dia jadi salah satu karakter penting dalam ceritanya. Terdapat sebuah teori menarik mengenai karakter Crocodile.

Crocodile di One Piece

crocodile one piece

Karakternya pertama kali muncul dalam arc Alabasta. Crocodile merupakan pemimpin dari kelompok villain Baroque Works. Sosoknya sudah tidak diragukan lagi adalah salah satu karakter tercerdas di dunia One Piece. Crocodile mampu melumpuhkan suatu negara, mempengaruhi rakyatnya, dan hampir penyebabkan adanya pemberontakan berskala besar.

Crocodile juga adalah lawan kuat yang dihadapi oleh Luffy untuk pertama kalinya, saat berada di arc Alabasta. Pasca dikalahkan oleh Luffy, Crocodile sendiri sempat terkurung di penjara Impel Down. Namun, momen penyerbuan Luffy ke penjara tersebut membuatnya  berhasil keluar dari sana. Saat perang Marineford terjadi, Crocodile adalah salah satu karakter yang terlibat dalam pertempurannya.

Namun, setelah peristiwa tersebut selesai sosoknya kemudian menghilang. Dalam chapter 1056 kemarin Crocodile kemudian diketahui berada di New World di mana dia membentuk sebuah kelompok bernama Cross Guild bersama dengan Dracule Mihawk dan Buggy. Satu hal yang membuat Crocodile masih relate dengan cerita saat ini adalah bagaimana dia mengincar salah satu Senjata Kuno, Pluton.

Bahkan, Pluton juga jadi alasan mengapa kemudian Crocodile memutuskan untuk menyerbu wilayah Alabasta. Dia kemudian membentuk Baroque Works untuk mencari Senjata Kuno tersebut dan coba untuk menebar teror di sana. Setelah cukup lama membuat penduduk Alabasta menderita, pada akhirnya dia berhasil dikalahkan oleh Luffy.

Fakta kemudian terungkap jika ternyata Pluton tidak ada di wilayah Alabasta. Dalam arc Wano diketahui justru Pluton ada di negara tersebut dan mengaktifkan Pluton artinya membuka perbatasan wilayah itu. Banyak pertanyaan besar mengapa kemudian Crocodile ingin memiliki salah satu Senjata Kuno tersebut. Berkaitan dengan Pluton dan Crocodile terdapat sebuat teori yang menarik.

Crocodile Berasal Dari Void Century

crocodile one piece

Ada banyak teori yang menarik mengenai sosok karakter Crocodile. Yang paling santer muncul di kalangan fans adalah Crocodile sebenarnya adalah wanita yang kemudian berubah menjadi laki-laku. Selain dari hal tersebut, ada teori menarik lainnya yang menyebutkan jika Crocodile kemungkinan berasal dari Void Century atau abad yang hilang di dunia One Piece.

Terdapat beberapa petunjuk mengenai teori tersebut. Pertama, rahasia besar Crocodile. Dalam chapter 165, Crocodile sempat mengungkapkan jati dirinya yang sebenarnya kepada anggota Baroque Works. Mereka semua nampak terkejut dan Bon Clay nampak yang paling terkejut dari semuanya. Di chapter 540, Ivankov mengatakan bahwa dia sudah mengenal Crocodile dari lama.

Ivankov juga tahu rahasia besar dari Crocodile. Banyak fans yang kemudian berspekulasi jika Ivankov yang kemudian merubah Crocodile menjadi pria dari yang asalnya wanita. Namun, di teori ini, kemungkinan ada hal lain yang Ivankov ketahui dan sembunyikan. Dan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan perubahan jenis kelamin. Artinya ada sesuatu yang lebih besar yang Ivankov ketahui tentang karakter Crocodile.

Petunjuk lainnya adalah bagaimana Crocodile bisa mengetahui tentang Pluton dan berusaha memburunya. Informasi tentang Senjata Kuno dan Pluton rasanya sudah terkubur sejak lama dan dari apa yang muncul di ceritanya seseorang tidak akan tahu tentang Senjata Kuno selain melalui Poneglyph. Di sisi lain, Crocodile sendiri tidak tahu dan tidak bisa membaca Poneglyph.

Dan petunjuk yang terakhir adalah Crocodile merupakan salah satu makhluk purbakala di dunia nyata. Buaya sendiri sudah berusia lebih dari 95 juta tahun pertama kali melakukan evolusi dari zaman dinosaurus. Oda Sensei merupakan mangaka yang sering menghadirkan elemen dunia nyata dalam ceritanya. Sehingga, bukan tidak mungkin jika Oda Sensei pun menghadirkan referensi yang sama terhadap Crocodile.

Dalam cerita One Piece, ada kemungkinan jika Crocodile bukan berasal dari era sekarang melainkan dari era lama yaitu Void Century atau abad yang hilang. Dari berbagai petunjuk tersebut rasanya memang masuk akal jika kemudian Crocodile mungkin berasal dari Void Century. Mengingat saat ini One Piece sudah mulai memasuki babak akhir ceritanya, mungkin akan ada penjelasan dari Oda Sensei terkait asal-usul dari Crocodile.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.