James Gunn kemungkinan akan hadirkan versi baru dari Justice Society of America alias JSA di jagat sinematik baru DCU. Seperti yang Geeks ketahui, ada dua kelompok superhero yang sudah muncul di jagat sinematik DC sebelumnya yaitu Justice League dan Justice Society of America. Terdapat sebuah teori yang menarik di kalangan fans di mana dijelaskan jika James Gunn kemungkinan akan hadirkan versi baru dari JSA di DCU.

JSA Versi DCEU

james gunn jsa

Justice Society of America merupakan kelompok superhero yang baru saja diperkenalkan di DCEU. Mereka muncul dalam cerita di film Black Adam di mana mereka bersatu untuk kemudian mengalahkan sang karakter utama, yaitu Black Adam. Meskipun baru muncul di DCEU, dari referensi yang muncul di film tersebut memberi petunjuk jika mereka sudah ada sebelum Justice League muncul.

Hal ini terbukti bagaimana Hawkman dan Doctor Fate sudah saling kenal sejak lama. Mereka berdua pun memutuskan untuk membangun ulang JSA, bukan membentuk dari awal seperti yang Justice League lakukan. Petunjuk lainnya adalah muncul karakter Albert Pratt yang merupakan paman dari Albert Rothstein, yang merupakan pemiliki awal titel Atom Smasher dan anggota dari Justice Society of America.

Sayangnya, nasib dari kelompok superhero ini tidak berlangsung lama meskipun sudah direfensikan kembali dalam post-credit scene film Shazam! Fury of the Gods. Padahal, potensi dari kelompok superhero ini tidak kalah luar biasa dari Justice League. Meskipun begitu, terdapat sebuah teori yang menarik mengenai kelompok superhero tersebut di mana kemungkinan akan muncul versi baru dari kelompoknya.

JSA Versi DCU

james gunn jsa

Kemunculan jagat sinematik baru yang dihadirkan oleh DC Studios bersama James Gunn dan Peter Safran membuka banyak potensi yang menarik dan luar biasa. Di sisi lain, ini juga membuka banyak sekali spekulasi dan teori yang kemudian berkembang di kalangan fans. Salah satu teori yang cukup menarik yang muncul di kalangan fans adalah bagaimana James Gunn akan hadirkan versi baru dari JSA.

Bagaimana kemudian Gunn melakukan hal tersebut? Seperti yang dijelaskan di atas, Justice Society of America atau JSA merupakan kelompok superhero yang sudah ada sejak lama di DCEU. Meskipun mereka baru muncul dan diperkenalkan, namun keberadaan mereka direferensikan sudah ada sejak lama. Bahkan, sebagian anggota mereka pun ada yang sudah pensiun.

Menurut teorinya, DCU juga akan memiliki Justice Society of America alias JSA versi mereka sendiri. Tentunya akan ada beberapa hal yang kemudian berbeda antara JSA versi DCEU dan DCU. JSA versi baru atau versi DCU ini tidak seperti yang Geeks kira, di mana isinya adalah karakter klasik seperti Starman, Atom Smasher, dan sebagainya. Tetapi, JSA versi baru garapan James Gunn ini adalah versi lain dari Justice League International.

Justice League International sendiri merupakan kelompok superhero DC yang merupakan versi lain dari Justice League. Kelompok pahlawan ini sengaja dibentuk sebagai wujud representasi terhadap seluruh dunia. Maxwell Lord dan Persatuan Bangsa-Bangsa bahkan  mendukung upaya mereka. Kelompok ini muncul di era 1987 dan bahkan memiliki series komiknya sendiri.

Lalu, apa maksud JLI adalah versi baru dari JSA di DCU? Dalam teorinya dijelaskan jika kelompok superhero Justice League International akan berperan sebagai Justice Society of America di jagat sinematik baru DC tersebut. Dengan kata lain, mereka akan jadi kelompok superhero pertama yang terbentuk di universe baru itu, seperti halnya JSA. Ada beberapa petunjuk yang kemudian muncul, misalnya yang pertama adalah kabar tentang Green Lantern.

James dari hal ini adalah kabar sebelumnya yang menyebutkan jika Nathan Fillion akan berperan sebagai Green Lantern. Namun, bukan Hal Jordan, melainkan Guy Gardner. Bahkan, James Gunn ingin melihat sahabatnya tersebut memiliki cetak rambut mangkok yang mirip dengan karakater Guy Gardner. Kedua, Guy Gardner sendiri merupakan anggota dari Justice League International.

Dalam akun Threads, James Gunn sempat menjawab pertanyaan fans yang penasaran dengan keputusan Gunn mengapa dia memilih Guy Gardner sebagai Green Lantern pertama di DCU. Gunn kemudian kemudian menjawab jika Gunn sangat senang dengan karakternya dan karakter dari Justice League International. Gunn juga mengatakan jikakarakter Guy Gardner akan cocok untuk muncul di cerita Superman yang baru.

Justice League International sendiri diketahui beranggotakan Batman, Shazam, Blue Beetle, Doctor Fate, Green Lantern, Black Canary, Doctor Light, Mister Miracle, dan Martian Manhunter. Sejauh ini, sudah ada beberapa anggota JLI yang akan muncul di DCU. Mereka adalah Batman dan Green Lantern. Blue Beetle sendiri masih menunggu keputusan dari pihak WB, meskipun sempat ada petunjuk jika dia akan kembali di DCU berdasarkan pernyataan sang aktor.

Dari segi narasi atau cerita, memang kemunculan JSA versi baru ini cukup masuk akal. Hal ini akan menjelaskan mengapa Ted kord, Booster Gold, dan Guy Gardner membangun universe tersebut. Kemudian, hal ini pun bisa jadi jalan masuk bagi karakter yang dirumorkan akan muncul seperti Martian Manhunter dan juga Lobo. Bahkan, Zachary Levi juga bisa muncul kembali sebagai Shazam.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.