Batman tidak memiliki kekuatan super, tetapi dia mampu menggunakan kepintarannya sebagai “senjata”. Meski menjadi anggota terlemah di Justice League dalam hal kekuatan, tetapi jangan anggap remeh Batman. Dia punya kontribusi yang besar terhadap tim tersebut. Batman juga kerap membuat senjata, atau menyusun taktik untuk mengalahkan musuh. Selain itu, Batman juga beberapa kali membuat armor kuat agar dia bisa disejajarkan dengan superhero lainnya. Lantas apa saja armor terkuat yang pernah digunakan oleh Batman? Simak berikut ini!

Armor One Million

Armor One Million memang mirip seperti Bat-suit biasa. Namun, One Million jauh lebih superior. Diperkenalkan di Oktober 1998, Armor ini digunakan oleh versi Batman yang menjadi anggota Justice League Alpha, dan merupakan penjaga planet Pluto. Bagian yang paling menarik dari armor ini adalah dia dapat berubah menjadi bentuk apapun yang diinginkan. Artinya, sang pengguna bisa mengganti bentuk armor ini, sesuai dengan musuh yang dihadapinya. Sebenarnya hanya itu saja kemampuan utama yang dimiliki armor ini, sehingga memang tidak terlalu mencolok dibandingkan armor lainnya dalam daftar ini.

The Justice Armor

Justice Armor pertama kali muncul dalam sebuah miniseri berjudul Justice #12 yang rilis tahun 2005. Karena hanya tampil cukup singkat, tidak ada banyak informasi yang bisa digali. Tetapi yang jelas, armor ini terinspirasi oleh Batmobile hitam dan merah yang tampil dalam series TV Batman yang tayang tahun 1966. Armornya memang memiliki tampilan retro, berbeda dari armor lain yang digunakan Batman. Nah kemampuan armor ini sangat luar biasa. Pasalnya Justice Armor mampu menahan serangan Superman, dan membantu Batman dalam melawan villain yang sangat kuat. Selain itu, armornya juga memiliki sayap, yang memungkinkan Batman untuk terbang, bukan melayang.

Armor Black Power

The Dark Knights: Death Metal memang menjadi kisah yang spektakuler. Dalam komik tersebut, banyak karakter DC yang mampu melampaui batasnya masing-masing. Bahkan, Batman juga harus melawan Perpetua, meski pada akhirnya dia harus mati. Di dalam kematiannya, Batman tidak menyerah karena dia menggunakan kekuatan Black Power Ring untuk hidup kembali dan mendapatkan kekuatan baru. Tidak seperti pengguna Black Power Ring sebelumnya, Batman bisa memegang kendali penuh atas cincin tersebut. Dan dia pun mendapat armor baru dan bahkan sabit yang membuatnya seperti Grim Reaper. Dengan kekuatan dan armor itu, Batman menjadi tidak terkalahkan.

Justice Buster

Sesuai dengan namanya, Justice Buster merupakan armor yang dibuat oleh Bruce Wayne untuk menghadapi Justice League. Armor ini bukan sembarang armor, karena berukuran sangat besar dan mahal. Menurut Bruce, biaya pembuatan armor ini setara dengan 60% dari biaya pengeluaran militer di seluruh dunia. Nah, Justice Buster dipersenjatai dengan deretan senjata yang dikhususkan untuk mengalahkan setiap anggota Justice League, seperti The Bind of Veils untuk mengalahkan Wonder Woman, busa khusus untuk Aquaman, dan miniatur matahari merah untuk Superman. Dan ketika Justice Buster beraksi, tidak ada satupun Justice League yang berkutik.

Hellbat

Hellbat memang armor yang tergolong baru karena dikenalkan di komik Batman and Robin di tahun 2014. Meski baru, tetapi armor ini mampu menjadi salah satu armor terkuat yang pernah digunakan Batman. Hellbat di desain begitu sempurna. Bagaimana tidak? Untuk membuat armor ini sempurna, Batman juga dibantu dengan Justice League. Komposisi Hellbat terdiri dari logam nano kinetik yang dapat diubah ke bentuk apapun. Selain itu, Hellbat mampu terbang, sehingga memungkinkannya bertarung di angkasa. Hellbat sangat kuat sehingga mampu menghajar Darkseid hingga babak belur. Namun ada efek sampingnya, karena armor ini tidak bisa digunakan terlalu lama. Dan jika terlalu lama, maka Bruce Wayne akan tewas.

Final Bat-suit

Sama seperti Hellbat, Final Bat-suit Batman juga menjadi salah satu armor terkuat yang pernah dibuat. Batman menggunakan kekuatan Mobius Chair dan Element X milik Metron untuk menciptakan Final Bat-suit. Armor ini memungkinkan penggunanya untuk melihat dan mengubah pikiran orang-orang. Nah menariknya, Armor ini juga memiliki kemampuan Reactionary Adaptive, yang bisa memberikan apapun yang Batman butuhkan untuk mengalahkan musuh. Dan lebih luar biasanya lagi, Final Bat-suit memiliki semua kekuatan yang ada dalam mother box. Dengan armor ini, tidak ada yang bisa menghentikan Batman.

The Insider

Insider memang tampil beda karena tidak ada logo Batman yang terlihat. Selain itu, helmnya juga tidak memiliki telinga, yang membuat armornya lebih sederhana. Bruce Wayne sendiri mengenakan armor ini setelah dia kembali ke abad 21. Nah menariknya Insider memungkinkan Batman untuk meniru kemampuan super tertentu berkat teknologi armornya yang sangat tinggi. Menariknya, Armor ini seperti memiliki seluruh kekuatan yang dimiliki Justice League. Itu berarti memungkinkan Batman menggunakan kekuatan seperti Speed Force yang dimiliki Flash, heat vision yang dimiliki Superman, ledakan energi yang mirip dengan yang digunakan Green Lantern.

Itulah dia Geeks beberapa armor Batman terkuat yang pernah ditampilkan dalam komik. Armor-armor tersebut memang jarang ditampilkan dan hanya sesekali saja muncul untuk digunakan oleh Batman untuk mengalahkan musuh. Di antara armor tersebut, mana yang paling menarik perhatian kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/