Pesona Batman sepertinya masih belum akan pudar selama beberapa tahun ke depan. Meski sudah menemani kita sejak lama, Batman masih sangat diidolakan. Meski tanpa kekuatan super, nyatanya Batman menggunakan “kekuatan” lain yaitu kepintaran. Selain jago menentukan taktik, dan membuat berbagai device canggih, Batman juga piawai dalam memecahkan kasus. Karena itulah dia dianggap sebagai detektif terbaik di dunia, berkat penelurusannya yang jitu. Tetapi ternyata ada beberapa kasus yang gagal dipecahkan Batman di DC Universe. Apa saja?

7The Long Halloween

The Long Halloween yang rilis sepanjang tahun 1996 hingga 1997 memang menjadi cerita yang menarik, karena sang detektif terhebat dunia, Batman, harus menghadapi kasus yang sangat rumit. Meskipun Batman telah menyimpulkan bahwa Holiday Killer (pembunuh berantai) sebenarnya terdiri dari dua orang, tetapi dia tidak menyadari bahwa ada orang ketiga di balik berbagai pembunuhan keji yang terjadi di Gotham.

Dan orang-orang yang berlindung di balik nama “Holiday Killer” ternyata adalah Alberto Falcone, Gilda Dent, dan Harvey Dent. Di antara ketiganya, Batman tidak mengetahui bahwa Gilda menjadi orang ketiga yang terlibat sebagai Holiday Killer. Gilda lah yang bertanggung jawab atas beberapa pembunuhan yang dia lakukan untuk membantu mengurangi beban suaminya.

6Long Shadows

Setelah Final Crisis berakhir, Bruce Wayne diceritakan meninggal, dan Gotham membutuhkan pahlawan baru sampai akhirnya Dick Grayson yang menjadi Batman baru. Dan ketika Grayson berada di Batcave, dia menemukan fakta baru terkait Bruce Wayne. Grayson menemukan sebuah drive USB yang dia temukan tersembunyi di sebuah kota yang berisi kostum Robin versi Jason Todd.

Di sana, terungkap bahwa Batman alias Bruce Wayne sedang menangani kasus lama tentang kematian orang tua Dick Grayson, karena Bruce merasa dia belum berhasil mengungkap sepenuhnya kebenaran tentang pembunuhan tersebut. Sebenarnya Bruce sudah menyelidiki kasus itu sebelumnya, di mana pembunuhan tersebut diinisiasi oleh Tony Zucco. Tetapi Bruce menyadari bahwa ada hal besar yang terjadi dibelakangnya.

5The Last Riddler Story

Dalam komik The Batman Adventures #10, The Riddler secara mengejutkan berhasil mengalahkan Batman. Yap. Batman ternyata tidak mampu memecahkan teka-teki Ridller yang sangat sulit. Bagi mereka yang bertanya-tanya, teka-teki tersebut berkaitan dengan Jewelled Eagle yang berhasil dicuri oleh Riddler. Meskipun Batman tidak dapat memecahkan misteri ini, dia mampu memberikan pukulan kepada Riddler. Riddler tentu saja sangat gembira karena Batman mengakui bahwa Riddler telah mengakalinya.

Di saat itu, Batman harus menghadapi banyak villain sekaligus. Selain Riddler, dia juga harus disibukkan dengan villain lain seperti Mastermind, Mr. Nice, dan Perfesser. Dan setelah Riddler “mengalahkan” Batman, dia tidak jadi pensiun dari dunia kejahatan di Gotham dan membuat lebih banyak kekacauan.

4Dark Victory

Peristiwa ini terjadi setelah Batman mengungkap kasus Holiday Killer. Dalam Dark Victory, kasusnya berfokus pada seorang villain yang telah menghabisi banyak polisi, dan sosok tersebut adalah Hangman. Sebenarnya sosok dibalik Hangman adalah Sofia Gigante, tetapi Batman sendiri tidak dapat mengetahuinya. Yang membuat semua orang terkejut adalah fakta bahwa Catwoman tahu lebih dulu tentang sosok Hangman, karena dia berusaha menggali lebih dalam tentang keluarga Hangman.

Ternyata, Sofia selama ini berpura-pura lumpuh, untuk mengelabui orang-orang. Hangman terbukti mampu mengalahkan Batman dan Jim Gordon, karena keduanya tidak mampu memecahkan kasus itu. Oiya Geeks, Hangman juga sempat membuat beberapa teka-teki yang juga gagal dipecahkan Batman. Tetapi Catwoman sekali lagi berhasil memecahkannya.

3Return of Joker

Dalam peristiwa ini, bukan hanya satu Batman saja yang tidak bisa memecahkan misteri, tetapi bahkan dua Batman pun tidak bisa memecahkan kode yang dihadirkan dalam Batman Beyond: Return of the Joker. Dua Batman tersebut adalah Terry McGinnis, di mana dia adalah Batman yang beraksi di bawah pengawasan Bruce Wayne. Di sini, mereka harus memecahkan misteri tentang Joker yang kembali hidup setelah dia diceritakan tewas 40 tahun lalu.

Baik Terry maupun Bruce, keduanya tidak dapat memecahkan kasus tersebut. Lebih parahnya lagi, Joker mengetahui semua rahasia McGinnis, termasuk Bruce Wayne. Joker mengetahui segalanya setelah Joker, berhasil menempelkan chip kepada Tim Drake. Dengan chip tersebut, Tim berada di bawah kendali Joker.

2City of Bane

Dalam City of Bane, Batman alias Bruce Wayne kembali harus mengungkap teka-teki Riddler. Teka-teki ini berhubungan dengan nasib Alfred Pennyworth. Yap, jika Bruce Wayne dan Bat Family tetap tinggal di Gotham, Alfred diancam akan dihabisi. Karena itulah, Bruce Wayne berangkat ke Paris bersama Seline Kyle. Sebenarnya, sosok yang membuat ancaman itu adalah Thomas Wayne dari timeline Flashpoint. Itu berarti Thomas Wayne adalah Batman di universenya itu.

Bruce Wayne mencoba mencari cara agar dia bisa menang, dan kembali ke Gotham, tanpa membuat Alfred terancam. Dan itulah cara yang tidak bisa dipecahkan oleh Batman. Bruce sebenarnya berniat untuk pensiun dan menjalani kehidupan yang tenang bersama Selina. Tetapi Alfred kemudian memaksa Bruce untuk kembali ke Gotham karena merasa Alfred sudah aman. Tetapi setelah kembali, Thomas Wayne (bersama Bane) mematahkan leher Alfred, yang membuatnya tewas.

1Hush

Sesuai dengan judul, kali ini Batman harus mencari tahu siapa Hush sebenarnya. Buat kalian yang belum tahu, Hush sebenarnya adalah Tommy Elliot, yang merupakan teman masa kecil Bruce Wayne. Tetapi Bruce tidak mengetahui bahwa Hush dan Elliot adalah satu orang yang sama. Bahkan Elliot berhasil memanipulasi Batman selama berbulan-bulan. Yang semakin menambah rasa malu Batman, dia juga tidak bisa mengungkap misteri di balik motivasi Elliot.

Saat orang tua Elliot mengalami kecelakaan mobil ketika masih kecil, dijelaskan bahwa kemudian Elliot membenci ayah Bruce, Thomas Wayne, karena Thomas menyelamatkan nyawa ibu Tommy setelah kecelakaan itu. Ternyata Elliot adalah orang yang mengatur kecelakaan ini dengan menyabotase rem mobil orang tuanya, dengan tujuan agar dia mewarisi jutaan dolar dari orang tuanya.

Itulah beberapa kasus yang tidak berhasil dipecahkan oleh Batman. Meski Batman adalah detektif terhebat di dunia, tetapi gelar itu belum cukup untuk membuktikan bahwa Batman bisa memecahkan semua kasus yang ada. Kasusnya memang sangat sulit, sehingga Batman pun tidak bisa memecahkannya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/