Superman memang terkenal memiliki sebuah kelemahan besar yaitu Kryptonite, namun tidak banyak yang tahu bahwa Superman memiliki kelemahan lain yang bisa bunuh superhero tersebut. Dengan kekuatan yang sangat luar biasa banyak fans bertanya-tanya apa hal yang bisa menghabisi nyawa Superman. Kryptonite adalah jawaban yang paling umum untuk pertanyaan itu. Namun, banyak Geeks yang mungkin belum tahu jika ada hal lain yang bisa bunuh Superman. Apa saja?

1. Pengendalian Pikiran

hal bisa bunuh superman

Ada alasan mengapa kemudian Batman selalu mempersiapkan Kryptonite dan dia selalu membawanya ke mana pun. Batman sadar betul jika ini jadi jalan terakhir untuk kemudian mengalahkan Superman ketika lepas kendali. Terlepas dari kemampuan fisik yang luar biasa, Superman memiliki kelemahan yang mungkin jarang orang ketahui yaitu pengendalian pikiran.

Pikiran atau isi kepala dari Superman tidak kebal terhadap pengendalian dari karakter lain. Inilah yang kemudian membuat villain seperti Maxwell Lord mampu untuk mengendalikan Superman. Salah satu contoh dari hal ini bisa dilihat dalam komik Superman: Sacrifice di mana Wonder Woman pada akhirnya harus menghabisi nyawa dari Maxwell Lord untuk menghentikan pengendalian pikiran tersebut.

2. Radiasi Matahari Merah

Melihat bagaimana Superman mendapatkan kekuatannya dari matahari, membuat superhero ini bisa diibaratkan sebagai baterai hidup. Dengan adanya sinar matahari membuat Superman menjadi tidak terkalahkan dengan sumber kekuatan tanpa batas. Namun, fakta menariknya adalah salah satu hal yang bisa bunuh Superman ternyata adalah radiasi sinar matahari merah.

Dalam cerita komiknya, sinar matahari merah merupakan sumber tenaga dan kekuatan dari para penduduk bangsa Krypton. Tetapi, bagi Kal-El alias Superman, justru matahari tersebut menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan dan membuat dia lemah. Tidak sedikit para villain yang coba untuk menciptakan sinar matahari merah buatan untuk kemudian melemahkan Superman dan mengalahkannya.

3. Kekuatan Sihir

hal bisa bunuh superman

Sebagian Geeks mungkin sudah tahu salah satu hal klasik yang bisa bunuh Superman ini. Kelemahan dari Superman terhadap kekuatan sihir memang jarang muncul dalam cerita komik. Kelemahan ini diperkenalkan pertama kali puluhan tahun lalu dan baru kembali muncul di era modern dalam cerita ketika Superman harus berhadapan dengan Black Adam atau Shazam.

Banyak perdebatan di kalangan fans mana yang lebih kuat antara Shazam dan Black Adam dengan Superman. Dalam cerita di komik Shazam, memang sempat diperlihatkan bagaimana Billy Batson berhasil untuk mengalahkan Superman. Ketika Shazam menggunakan kekuatan sihir terhadap Superman, dia mampu menyerang Superman dengan cukup telak.

4. The Phantom Zone

Phantom Zone merupakan sebuah alam interdimensi yang berada di luar ruang dan waktu dunia nyata. Biasanya, Phantom Zone digunakan sebagai tempat untuk memenjarakan para villain mengerikan dan jahat agar peluang mereka untuk kembali berulah sangat kecil. Di sisi lain, ini juga jadi salah satu hal yang bisa bunuh Superman karena sang superhero tidak bisa menggunakan kekuatannya di alam tersebut.

Sebenarnya, Phantom Zone tidak benar-benar bisa bunuh Superman. Namun, ketika kemudian Superman berhasil terjebak di dalam Phantom Zone semua kekuatan yang dia miliki tidak akan mampu membantunya keluar dari sana. Di komiknya sendiri diperlihatkan bagaimana satu-satunya cara Superman bisa keluar dari Phantom Zone adalah karena bantuan dari Batman.

5. Hati Nuraninya

hal bisa bunuh superman

Meskipun Superman bisa diibaratkan sebagai seorang dewa, para penulis komik sering kali harus menghadirkan batasan dari karakternya. Dan ini yang kemudian jadi salah satu tantangan bagi setiap penulis komik Superman. Seperti yang pernah disebutkan dalam cerita The Dark Knight Returns, Batman mengatakan jika jauh di dalam lubuk hatinya Superman adalah sosok yang baik.

Superman sering kali dianggap sebagai manusia yang memiliki hati nurani luar biasa, terlepas dari kekuatannya yang sangat dahsyat. Tetapi, hati nurani Superman juga adalah salah satu hal yang bisa bunuh sosoknya. Dalam beberapa cerita diperlihatkan bagaimana Superman mengalami momen sedih yang sangat mendalam, misalnya ketika dia kehilangan sang ayah di bumi, Joseph Kent. Dan alam cerita Injustice, kita bisa juga melihat bagaimana dunia akan hancur ketika hati nurani Superman sudah hilang.

6. Gog

hal bisa bunuh superman

Gog adalah makhluk yang sudah menghabisi nyawa Superman bukan hanya sekali, namun dua kali. William merupakan salah satu korban bencana nuklir yang terjadi di Kansas. Dia meyakini bahwa bencana tersebut terjadi karena Superman marah para penduduk bumi sudah tidak lagi membutuhkannya. Namun, William kemudian mendapatkan fakta jika Superman sebenarnya tidak ada saat bencana itu terjadi.

Fakta ini membuat William kecewa dan marah besar. Setelah dia mendapatkan kekuatan dahsyat dari kelompok The Quintessence, William kemudian merubah namanya menjadi Gog dan menggunakan kekuatan epik yang dia miliki untuk menghancurkan Superman. Gog diperlihatkan berhasil menghabisi Superman, namun karena dia tidak puas Gog kembali memutar waktu dan kembali menghabisi nyawa Superman sampai kemudian puas.

7. Cyborg Superman

Cyborg Superman memang sudah sejak lama jadi ancaman bagi sosok Superman yang asli. Dalam cerita komiknya, ada dua nama yang pernah menggunakan identitas Cyborg Superman yaitu Zor-El dan Hank henshaw. Namun, sosok Hank dianggap lebih memberikan ancaman bagi Superman dalam ceritanya. Cyborg Superman tidak ada bedanya dengan sosok Superman asli.

Hanya saja, jika Superman memiliki tubuh makhluk hidup maka Cyborg Superman memiliki tubuh robot atau cyborg. Selain memiliki berbagai kemampuan dan kekuatan dari Superman, Cyber Superman versi Hank juga diketahui memiliki Yellow Ring yang merupakan bagian dari Sinestro Corps. Dengan kekuatannya, Hank mampu mengalahkan Superman.

8. Putus Cinta Dari Lois Lane

hal bisa bunuh superman

Seperti yang disebutkan di atas, Superman tidak ada bedanya seperti manusia normal. Ketika kemudian hati nuraninya hancur atau sudah tidak ada, maka hal itu bisa bunuh sosok Superman. Hal yang juga bisa bunuh Superman yang berkaitan dengan perasaan dari Kal-El adalah putus cinta dari Lois Lane. Seperti yang Geeks ketahui, Lois Lane adalah cinta sejati dari Superman.

Dalam beberapa cerita, Superman harus mengalami momen patah hati yang mana hal ini menjadi momen di mana Superman melemah. Salah satu cerita Superman patah hati adalah The Bride of Batman, di mana Lois Lane diceritakan justru meninggalkan Clark Kent dan lebih memilih Bruce Wayne sebagai kekasih dan memutuskannya sebagai suami. Superman benar-benar tidak berdaya ketika mengalami momen ini.

Superman memang sulit untuk dihabisi atau bahkan dilukai. Hal ini karena kekuatan dahsyat yang dia miliki yang membuat fisiologisnya ribuan kali lipat lebih kuat dari manusia biasa. Namun, meskipun dianggap sama dengan sosok dewa ternyata Superman memiliki beberapa hal yang bisa membuatnya lemah dan bahkan tewas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.