Terlepas dari kekuatannya yang sangat dahsyat ternyata ada beberapa karakter lemah yang mampu untuk kalahkan Superman. Berasal dari planet Krypton, Superman kemudian tumbuh dan berkembang menjadi sosok pahlawan yang populer di DC Universe. Dalam berbagai cerita, baik di komik, film, atau medium manapun, Superman sering kali digambarkan sebagai sosok yang sulit dikalahkan.

Hal ini karena fisiologis dari Superman yang merupakan bangsa Krypton yang membuat dia tahan terhadap berbagai serangan. Hampir tidak ada pernah orang yang bisa melukai atau bahkan menghabisi Superman. Namun, beberapa karakter lemah ini ternyata mampu untuk melakukan hal yang mustahil yaitu berhasil kalahkan Superman. Lalu, siapa saja mereka?

Lex Luthor

Geeks tentunya sudah mengenal siapa sosok karakter satu ini. Lex Luthor merupakan musuh bebuyutan dari Superman di mana dia memiliki ambisi besar untuk bisa mengalahkan Superman. Mayoritas cerita yang menghadirkan sosok Lex sering kali memperlihatkan bagaimana dia kalah dari Superman dan rencana yang sudah dia susun pun akhirnya harus gagal.

Dengan berbagai kegagalan demi kegagalan tersebut mungkin membuat para penulis akhirnya memberikan kemenangan kepada Lex. Ada beberapa momen kemenangan Lex di mana dia berhasil mengalahkan Superman. Seperti dalam salah satu cerita komik di mana Lex akhirnya berhasil menghabisi nyawa Superman. Dan Lex sendiri nampak sangat bahagia dengan pencapaiannya tersebut. Dalam cerita lainnya, Lex berhasil mengalahkan Superman dengan mengandalkan Kryptonite.

Green Arrow

Salah satu karakter lemah yang berhasil kalahkan Superman adalah Green Arrow. Bahkan, kekalahan Superman dari Green Arrow dalam alur cerita komik The Dark Knight jadi salah satu kekalahan yang ikonik. Dalam cerita tersebut, Green Arrow dan Batman menjalin kerja sama untuk mengalahkan Superman dalam pertarungan terakhirnya. Batman pun kemudian memalsukan kematiannya.

karakter kalahkan superman

Meskipun Batman berhasil menghajar Superman, Ollie adalah sosok yang bertanggung jawab untuk membuat lemah dari Superman. Oliver Queen menembakan anak panah yang ujungnya adalah kryptonite ke arah Superman. Meskipun Superman berhasil menangkap anak panah tersebut, tetapi dia tetap terkena efek dari kryptonite yang membuatnya lemah sehingga Batman mampu mengalahkannya.

Karate Kid

Meskipun tidak memiliki kekuatan super apa pun, Val Armorr alias Karate Kid berhasil untuk kalahkan Superman. Karate Kid sendiri merupakan salah satu anggota dari Legion of Superheroes yang berasal dari abad ke 31. Terlepas dari Val yang tidak memiliki kekuatan super, tetapi dia adalah seorang petarung yang sangat luar biasa. Kemampuan bertarungnya bahkan membuat Val jadi sosok penting bagi tim.

Meskipun pertarungan melawan Karate Kid saat itu Clark Kent masih menjadi Superboy, namun dia memiliki kemampuan yang dahsyat yang membuatnya bisa dianggap sebagai Superman. Berdasarkan hal tersebut, Val jadi salah satu karakter lemah pertama yang berhasil kalahkan Superman di DC Universe.

Professor Ivo

Sebagai salah satu karakter cerdas di DC universe, sangat disayangkan jika Professor Ivo memutuskan untuk menggunakan kecerdasannya demi kejahatan. Professor Ivo memang merupakan karakter villain yang kurang populer di kalangan fans. Namun, dia dikenal sebagai orang yang mendesain dan membuat android the Amazo. Android tersebut mampu menirukan kekuatan dari seluruh tim Justice League.

Dengan kemampuan yang mengerikan tersebut, android Amazo terbukti sering menjadi ancaman besar bagi tim pahlawan tersebut. Dalam beberapa cerita, Amazo bahkan berhasil untuk menghancurkan seluruh Justice League termasuk Superman. Dengan Professor Ivo memberikan peningkatan kekuatan kepada Amazo, android tersebut pun menjadi lebih berbahaya.

Maxwell Lord

Dari semua karakter lemah yang pernah kalahkan Superman dalam daftar ini, Maxwell Lord bisa dibilang adalah karakter yang memiliki nilai kemenangan lebih besar dari para karakter lainnya. Semua kemenangan tersebut dia raih tanpa kekuatan atau pun kecepatan. Dalam cerita Infinite Crisis, diperlihatkan bagaimana Maxwell Lord mengakui jika dia adalah pengkhianat bagi Justice League.

karakter kalahkan superman

Dia kemudian menjalankan misi jahatnya dan salah satu hal yang dia lakukan adalah dengan menggunakan kemampuan pengendalian pikirannya dan mengendalikan pikiran dari Superman. Kemampuan pengendalian pikiran Maxwell Lord terlalu kuat untuk dihilangkan dari kepala Superman, yang mana hal ini memaksa Wonder Woman akhirnya mengakhiri nyawa dari Lord.

Alfred Pennyworth

Meskipun Alfred Pennyworth tidak pernah diperlihatkan bertarung atau pun memiliki kekuatan super, memang mungkin terdengar mustahil untuk dipercaya bagaimana Alfred mampu untuk mengalahkan Superman. Namun, pelayan prubadi dan sosok yang bisa dipercaya oleh Batman ini berhasil melakukan hal tersebut di komik Injustice. Dalam ceritanya, Alfred meminum pil 5-U-93-R.

karakter kalahkan superman

Pil tersebut memberikan manusia biasa kekuatan super untuk jangka waktu yang pendek. Alfred terpaksa melakukan hal tersebut untuk kemudian menghajar Superman demi menghentikan Superman menghabisi nyawa Batman. Bahkan, Alfred bukan hanya menghajar Superman melainkan membuat dia tidak berdaya. Banyak fans yang senang dengan Alfred yang berhasil untuk mengahajar Susperman tersebut.

Batman

Meskipun Lex Luthor adalah musuh bebuyutan dari Superman, namun tidak ada manusia yang memiliki ambisi luar biasa untuk mengalahkan Superman sebesar Bruce Wayne alias Batman. Dalam banyak cerita, Batman diperlihatkan sering berusaha untuk menghancurkan dan mengalahkan Superman karena dia menganggap alien dari planet Krypton tersebut sebagai ancaman.

karakter kalahkan superman

Meskipun tidak jarang Batman harus kalah dalam pertarungan tersebut, namun tidak jarang juga dia menang. Kecerdasan, berbagai peralatan canggih, dan momen persiapan yang jadi andalan dari Batman tidak jarang menjadi kunci kemenangan atas Superman. Bahkan, tidak jarang apa yang Bruce Wayne lakukan tidak terpikirkan sebelumnya oleh Lex Luthor.

Mengalahkan atau bahkan membuat luka Superman merupakan sesuatu yang hampir mustahil untuk dilakukan. Para superhero yang memiliki kekuatan super sekali pun atau bahkan para villain hebat belum tentu mampu untuk mengalahkan Superman. Namun, para karakter lemah ini membuktikan bahwa mereka mampu untuk melakukan hal yang mustahil itu yaitu mengalahkan Superman.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.