Ahsoka adalah spinoff baru Star Wars yang akan berfokus pada karakter Ahsoka Tano, pengguna kekuatan Force yang sebelumnya diasingkan dari Jedi Order. Berlangsung pada periode waktu yang sama dengan The Mandalorian, tepatnya pasca runtuhnya tirani Galactic Empire, series dari Dave Fillloni ini digambarkan sebagai versi live action Star Wars Rebels yang akan menceritakan petualangan para ‘samurai luar angkasa’. Menariknya walaupun baru tayang kemarin, Ahsoka baru saja dapat rating Fresh dari Rotten Tomatoes.

Sama seperti kebanyakan proyek Star Wars yang selalu berusaha merahasiakan detail plotnya seminimal mungkin, informasi tentang series Ahsoka sendiri terbilang masih belum begitu banyak. Namun berdasarkan bocoran premis yang sudah beredar sejauh ini, termasuk dari adegan terakhir Ahsoka Tano di series The Mandalorian, tujuan utama dari karakter yang diperankan oleh Rosario Dawson ini tidak lain adalah memburu Grand Admiral Thrawn (Lars Mikkelsen), pemimpin bengis Chiss Imperial sekaligus antagonis utama Star Wars Rebels.

Rating Ahsoka

Pasca perilisan seriesnya kemarin malam, Rotten Tomatoes baru saja merilis rating kritik awal untuk dua episode perdana Ahsoka. Di mana untuk saat ini total rating dari para kritikus mencapai 86% dan dari penonton sebesar 87%, skor ini sudah lebih dari cukup untuk membuat series Ahsoka mendapatkan predikat Fresh. Secara garis besar ulasan yang ditulis oleh lebih dari lima puluh kritikus ini banyak yang memuji seriesnya yang dianggap dapat mengembalikan kejayaan Star Wars di mata penggemar.

Meskipun telah mendapatkan banyak ulasan yang positif, tetapi bukan berarti Ahsoka menjadi series sempurna yang lolos dari kritikan. Faktanya masih ada beberapa kritikus yang mengeluhkan bahwa seriesnya kehilangan unsur George Lucas yang sejauh ini menjadi ciri khas trilogi Star Wars dan berhasil dieksekusi oleh series spinoff seperti The Mandalorian dan Obi-Wan Kenobi. Selain itu ada juga yang mengkritik adegan pertarungan lightsaber di seriesnya karena dianggap punya koregrafinya yang kurang matang.

Terlepas dari rating yang mungkin akan berubah seiring dengan berjalannya series Ahsoka, yang jelas predikat Fresh untuk dua episode perdananya sudah cukup menjanjikan untuk kita saksikan. Ahsoka sendiri sudah ditetapkan akan mempunyai total delapan episode untuk season perdananya, di mana dua episode awal yang berjudul ‘Master and Apprentice’ dan ‘Toll and Trouble’ sudah bisa kalian saksikan di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.