Film Blue Beetle baru saja memperkenalkan Jaime Reyes dari aktor Xolo Mariduena sebagai salah satu superhero pertama di reboot DC Universe. Statusnya ini bahkan pertama kali dikonfirmasi oleh co-CEO DC Studios James Gunn sebelum jagat sinema lama DCEU benar-benar berakhir. Berbekal hal tersebut cukup aman untuk disimpulkan bahwa para karakter dan elemen di filmnya adalah bagian dari DC Universe juga. Termasuk keberadaan Blue Beetle lain sebelum Jaime, di mana salah satunya yang bernama Ted Kord kemungkinan akan jadi superhero penjelajah waktu pada masa mendatang. Begini teorinya, Geeks!

Blue Beetle Kedua Masih Hidup

Meskipun awalnya Jenny Kord menceritakan kepada Jaime bahwa ayahnya Ted Kord telah menghilang selama bertahun-tahun dan dianggap mati, tetapi adegan mid credit scene Blue Beetle justru mengungkap fakta sebaliknya. Pengungkapan ini terjadi ketika Jaime dan Jenny tengah merayakan kemenangan mereka setelah berhasil mengalahkan villain Victoria Kord dan Carapax. Ketika kamera membawa penonton ke markas para Blue Beetle yang dibangun oleh Ted, kita diperlihatkan pada sejumlah komputer yang memperlihatkan pesan aneh, pada titik inilah terungkap bahwa Ted alias Blue Beetle kedua masih hidup.

Blue Beetle penjelajah waktu

Melalui pesan suara yang keluar dari komputernya Ted terdengar jelas mengatakan “Halo, halo! Ya Tuhan, ini berhasil. Siapa pun yang menyalakan komputerku, sampaikan pesan untuk putriku Jenny Kord. Katakan padanya aku mencintainya dan aku masih hidup!” Dari adegan adegan inilah bisa kita pastikan bahwa Ted Kord sebenarnya belum mati, dia masih hidup dan kemungkinan besar tengah terjebak di suatu tempat. Itulah mengapa sebelumnya dia sangat kesulitan untuk mengabari anaknya Jenny dan baru bisa melakukannya setelah komputer di markasnya kembali dihidupkan.

Berdasarkan apa yang terjadi di mid credit scene Blue Beetle tersebut tidak sedikit penggemar yang merasa yakin bahwa Ted sebenarnya tengah terjebak di luar ruang dan waktu, tepatnya di time stream yang sangat erat hubungannya dengan para penjelajah waktu DC. Bagaimana bisa? Jawabannya karena Blue Beetle kedua ini merupakan sahabat dari salah satu penjelajah waktu ikonis DC, Booster Gold. Di mana mereka memang pernah beberapa kali melakukan misi penjelajahan waktu bersama di DC Comics.

Blue Beetle & Booster Gold di Komik

Di DC Comics, Ted Kord dikenal sebagai satu-satunya inkarnasi Blue Beetle yang tidak punya kekuatan super. Karena Scarab tidak memilihnya pasca kematian Blue Beetle pertama sekaligus mentornya Dan Garrett dan baru kembali aktif saat bergabung dengan Blue Beetle ketiga Jaime Reyes. Walaupun begitu dia adalah seorang ilmuwan jenius, ahli akrobat dan seni bela diri. Dalam setiap aksinya dia menggunakan peralatan canggih yang dia buat sendiri, termasuk kostum Blue Beetle yang memungkinkannya memiliki berbagai kemampuan atletis.

Kemudian sahabatnya Booster Gold yang mempunyai nama asli Michael Jon Carter adalah seorang superhero nyeleneh dari masa depan yang berambisi untuk orang terkenal dan kaya raya pada masa kini. Meskipun awalnya terlihat sebagai sosok yang egois dan hanya peduli pada ketenaran, seiring berjaannya waktu Booster Gold membuktikan dirinya sebagai superhero yang memiliki tekad untuk membela kebenaran khususnya ketika bertemu dengan Ted.

Keduanya bertemu di komik Justice League International #3 (1987), ketika Booster Gold bergabung dengan tim Justice League yang di dalamnya sudah sejak lama terdapat Blue Beetle Ted Kord. Sejak saat itulah kedekatan dan dinamika mereka mulai tumbuh dari yang awalnya bukan siapa-siapa menjadi salah satu duo superhero favorit penggemar. Di mana Blue Beetle Ted Kord mulai merasakan menjadi seorang penjelajah waktu dengan teknologi mesin waktu milik sahabatnya Booster Gold.

Salah satu misi perjalanan waktu Ted dan Booster Gold yang paling ikonis adalah ketika mereka harus bekerja sama dengan Black Beetle, Dan Garrett, dan Jaime Reyes untuk mencegah kematian Ted di tangan Maxwell Lord. Singkat cerita Booster Gold dan para Blue Beetle yang merasakan menjadi penjelajah waktu ini akhirnya berhasil mengubah takdir Ted di DC Universe yang sebelumnya sempat dianggap mati oleh orang-orang terdekatnya.

Masa Depan Ted di DC Universe

Pengungkapan nasib Ted Kord di mid credit scene Blue Beetle sendiri secara tidak langsung telah membuka jalan baginya utnuk kembali pada masa dean DC Universe. Di mana mungkin kisah yang diangkat nanti bisa mengambil inspirasi dari peristiwa komiknya, di mana Ted menjadi salah satu Blue Beetle pertama yang menjadi penjelajah waktu karena kedekatannya dengan Booster Gold. Saat ini ada kemungkinan dia tengah terjebak di time stream karena penyebab yang masih menjadi misteri. Jawabannya mungkin akan kita temukan di film Blue Beetle 2 atau series Booster Gold pada masa mendatang.

Blue Beetle penjelajah waktu

Apa pun tayangan yang akan memperlihatkan kembalinya Ted Kord sebagai Blue Beetle kedua, saat itu terjadi dia bersama Booster Gold bisa menjadi duo penjelajah waktu di DC Universe. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir keberadaan Ted dapat menghalangi perkembangan karakter Jaime sebagai Blue Beetle, karena dia punya porsinya sendiri sebagai penjelajah waktu. Sepertinya akan sangat menarik juga seandainya Ted dan Booster Gold diam-diam menjadi buddy cop lintas waktu yang menjaga kestabilan timeline jagat sinema reboot DC Universe mendatang.

Sekian pembahasan teori Blue Beetle Ted Kord yang akan jadi superhero penjelajah waktu pada masa depan DC Universe. Meskipun untuk saat ini masih belum ada lampu hijau untuk film Blue Beetle 2, tetapi setidaknya co-CEO DC Studios James Gunn dan Peter Safran sudah mengonfirmasi bahwa series Booster Gold akan menjadi bagian pertama dari reboot DC Universe nanti, yaitu Chapter One: Gods and Monsters. Jadi kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang semua hal menarik ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.