Saat ini film teranyar DC yang berjudul Blue Beetle tengah tayang di bioskop seluruh dunia. Filmnya sendiri befokus pada Jaime Reyes yang menjadi Blue Beetle ketiga setelah bergabung dengan artefak alien Scarab yang sangat canggih. Seperti biasa, karena filmnya telah resmi tayang di tanah air, kali ini kita akan menjelaskan arti credit scene yang ada di dalamnya. Nah berbeda dari post credit-nya yang hanya berisi lelucon tentang superhero Meksiko, mid credit scene Blue Beetle justru hadirkan sesuatu yang sangat menarik, yaitu suara misterius dari salah satu karakter penting di DC Universe. Siapakah dia?

Suara Misterius di Komputer

Pada dasarnya plot Blue Beetle sendiri bercerita tentang Jaime dan keluarganya yang diburu oleh CEO baru Kord Industries, Victoria Kord. Dengan bantuan Carapax, tujuan utama Victoria tidak lain adalah menciptakan pasukan robot O.M.A.C. (One Man Army Corps) dari Scarab yang malah memilih Jaime sebagai inangnya. Singkat cerita, di akhir film Jaime dan keluarganya diceritakan berhasil melarikan diri, sementara Carapax yang sebelumnya diubah menjadi robot oleh Victoria akhirnya memutuskan untuk meledakan diri demi membunuh bosnya tersebut sekaligus menghancurkan hampir semua unit O.M.A.C.

Credit scene blue beetle

Setelah film Blue Beetle ditutup dengan ‘ciuman terbang’ Jaime dan love interest-nya Jennie Kord, kita akhirnya diperlihatkan pada mid credit scene yang menarik. Di mana markas Blue Beetle yang akhirnya kembali aktif mulai memperlihatkan banyak pesan aneh pada layar komputernya. Saat kamera mengarah pada kostum Blue Beetle kedua milik Ted Kord, terdengar suara laki-laki yang keluar dari salah satu komputernya, “Halo, halo! Ya Tuhan, ini berhasil. Siapa pun yang menyalakan komputerku, tolong sampaikan pesan kepada putriku Jenny Kord. Katakan padanya aku mencintainya dan aku masih hidup.”

Ayah kandung Jenny tidak lain adalah Ted Kord, Blue Beetle kedua sekaligus CEO Kord Industries yang diceritakan telah hilang selama bertahun-tahun dan dianggap telah meninggal dunia di awal film, sebelum digantikan oleh saudarinya Victoria. Cukup jelas bahwa suara misterius di mid credit scene Blue Beetle tersebut adalah suara Ted, yang artinya dia sebenarnya masih hidup. Hanya saja sampai filmnya berakhir, tidak ada satu orang pun yang tahu di mana lokasi Ted dan bagaimana keadaannya.

Eksistensi Ted Kord di DC Comics

Seperti yang sudah disinggung di atas, dalam cerita DC Comics sendiri Ted Kord merupakan Blue Beetle kedua yang melakukan debutnya pada tahun 1966. Sebelum dirinya, masih ada Dan Garrett yang menjadi Blue Beetle pertama sejak tahun 1939 setelah bersatu dengan artefak alien Scarab. Tidak lama setelah pertemuan pertama mereka, Dan kemudian menjadi mentor bagi Ted yang pada saat itu terkenal sebagai sosok genius yang mewarisi perusahaan Kord Industries. Dari Dan, Ted banyak belajar tentang Scarab yang pada akhirnya membantunya menciptakan berbagai teknologi canggih.

Begitu Dan Garrett meninggal, Scarab akhirnya terlepas dari tubuhnya, tetapi tidak mau memilih Ted sebagai penggantinya. Walaupun begitu Ted tetap memutuskan untuk menjadi Blue Beetle kedua. Dengan kekayaan dan kecerdasannya, dia menciptakan banyak teknologi canggih yang mempermudah tugasnya sebagai superhero. Ted bahkan sampai membangun markas Blue Beetle sendiri di rubanah rumah besar keluarganya. Secara garis besar Ted kurang lebih mirip seperti Bruce Wayne alias Batman, bedanya dia mempunyai karakter yang lebih santai dan ceria, serta warna kostum yang lebih cerah.

Salah satu ciptaan terbaik Ted adalah pesawat serbaguna berbentuk kumbang yang diberi nama The Bug. Dengan sumber tenaga yang sebagian besarnya berasal dari energi Matahari, The Bug yang dilengkapi laboratorium, blaster, magnet kuat, cakar besar, dan perisai energi, terbukti mampu beroperasi di udara dan air.  Nah cerita komik inilah yang sepertinya diadaptasi sebagai prolog film Blue Beetle. Jadi apa yang kita lihat di filmnya, seperti markas Blue Beetle dan pesawat The Bug, begitu juga dengan suara Ted yang minta tolong di credit scene, sedikit banyak merupakan lanjutan dari cerita komiknya.

Masa Depan Ted di DC Universe

Meskipun sudah sangat jelas bahwa suara misterius di credit scene Blue Beetle adalah suara Ted Kord, tetapi untuk sekarang masih belum ada penjelasan yang mengungkap nasib Ted seperti apa. Yang jelas, co-CEO DC Studios James Gunn sudah mengonfirmasi bahwa Jaime Reyes alias Blue Beetle ketiga sendiri merupakan bagian dari reboot DC Universe. Itu artinya Ted juga merupakan bagian kecil dari jagat sinema baru yang kisahnya bisa dieksplor lebih jauh pada masa mendatang.

Credit scene blue beetle

Mungkin saja ke depannya jika Jaime kembali dengan film sekuelnya, dia akan diceritakan berusaha menyelamatkan Ted yang keberadaannya masih menjadi misteri. Namun terlepas dari semua misterinya, yang jelas jika Ted benar-benar kembali, itu artinya dia akan punya kisah yang lebih besar lagi pada masa depan DC Universe. Mengingat di DC Comics sendiri Ted adalah sahabat dari superhero penjelajah waktu Booster Gold dan juga pernah menjadi bagian dari Justice League, sepertinya akan menarik jika suatu hari nanti dia akan kembali bersama Jaime sebagai duo Blue Beetle yang tak terkalahkan.

Sekian pembahasan tentang mid credit scene film Blue Beetle yang menyinggung keberadaan Ted Kord. Kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutan kisah Jaime Reyes di DC Universe ya Geeks. Yang jelas dua lebih baik daripada satu, artinya dua Blue Beetle yang punya keunikan tersendiri akan jadi premis yang cukup menjanjikan untuk masa depan waralabanya. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.