Mungkin, tidak banyak Geeks yang tahu jika ada anime yang merupakan adaptasi dari cerita komik barat seperti DC dan Marvel Comics. Sudah bukan hal asing bagi anime atau bahkan manga untuk menghadirkan berbagai hal yang diadaptasi atau terinspirasi dari komik Barat. Contohnya adalah My Hero Academia yang banyak menghadirkan referensi dari DC Comics.

Meskipun jarang terjadi, namun berbagai adat atau budaya yang berbeda yang dihadirkan dalam sebuah cerita tentunya akan sangat diapresiasi para fans. Dalam hal ini terdapat beberapa judul anime yang mengadaptasi komik barat seperti DC dan Marvel. Selain menghadirkan cerita, artwork atau gaya visual dari film atau series ini dihadirkan dalam format anime. Berikut adalah anime adaptasi komik barat.

Iron Man

Iron Man merupakan salah satu karakter klasik dari Marvel Comics. Namun, popularitas dari anime semakin banyak dikenal publik ketika Marvel Studios menghadirkan filmnya di tahun 2008. Bukti popularitas dari Iron Man adalah ketika Studio Madhouse menghadirkan sebuah series Iron Man dalam gaya visual anime di tahun 2010. Meskipun begitu, anime ini bukan bagian dari cerita canon MCU.

anime adaptasi komik baratCerita dari series anime Iron Man ini bersetting di dunia yang berbeda di mana diperlihatkan Tony Stark pergi ke Jepang. Sayangnya, kunjungan Stark ke Jepang harus terganggu setelah organisasi mecha bernama Zodiac muncul dan menghancurkan pesta yang dia selenggarakan. Selain Iron Man, Wolverine juga muncul dalam series ini mengingat Wolverine menjadi salah satu karakter favorit para fans di Jepang.

Blade

Rasanya, di Jepang tidak pernah kehabisan ide untuk menghadirkan cerita anime tentang vampir. Salah satu bukri dari hal ini adalah bagaimana mereka menghadirkan sosok pemburu vampir populer dari Marvel Comics, Blade, ke negara mereka. Dalam anime ini, Blade pergi Jepang untuk memburu sosok Deacon Frost. Frost sendiri merupakan sosok yang sudah menghabisi ibunya.

Namun, pencarian dan perburuan Blade terhadap Deacon Frost tidaklah mudah karena dia harus menghadapi organisasi vampir milik Frost dan juga para anak buahnya. Sayangnya, terlepas dari kualitas visual yang sangat luar biasa, banyak dari para fans Marvel yang justru kecewa dengan seriesnya. Hal ini karena anime Blade yang berjumlah 11 episode terlalu banyak menghadirkan karakter lama.

Wolverine

Sosok Wolverine memang memiliki keterikatan yang kuat dengan negara Jepang. Ada banyak cerita menarik diluar X-Men atau kekasihnya yang memperlihatkan Wolverine di Jepang. Inilah yang kemudian membuat Wolverine jadi salah satu karakter yang populer di Jepang. Dia tahun 2011 Wolverine mendapatkan sebuah series anime, yang menghadirkan cerita di mana Wolverine mencari kekasihnya yang menghilang di Tokyo.

anime adaptasi komik barat

Mengingat ini adalah sosok Wolverine, ada konspirasi dan rencana bersar yang terlibat. Logan pun harus terlibat dalam sebuah pertarungan besar menghadapi Shingen, yang mana dia sangat terobsesi dengan keabadian yang dia miliki. Anime ini mengikuti alur cerita di komiknya di mana Wolverine atau Logan ternyata adalah ayah mertua dari Shingen.

X-Men

Dan berbicara mengenai Wolverine atau Logan, setelah kesuksesan anime Wolverine muncul anime lainnya di tahun 2011 yaitu X-Men. Dan sesuai namanya, series anime ini mengikuti alur cerita dari tim para mutan tersebut. Selain Wolverine, beberapa karakter populer dari tim ini pun muncul seperti Beast, Cyclops, Professor X, Jean Grey dan bahkan Storm.

anime adaptasi komik barat

Dalam cerita ini, tim X-men sengaja dikumpulkan oleh Professor X dan pergi ke Jepang untuk menajalankan sebuah misi yaitu menyelamatkan seorang mutan yang diculik bernama Hisako alias Armor. Namun, misi menyelamatkan Hisako tersebut membuat X-Men harus berhadapan dengan sebuah kelompok tertentu yang sangat mengincar kekuatan dahsyat dari Hisako.

Ninja Batman

DC Comics juga tidak mau ketinggalan dari rivalnya dalam menghadirkan cerita dalam format anime. Dan akhirnya, mereka pun menghadirkan sebuah film yang berjudul Ninja Batman. Dalam ceritanya, Bruce Wayne diceritakan terlempar ke masa lalu tepatnya di era feodal Jepang. Karena, di zaman itu tidak ada teknologi maka Bruce Wayne pun melakukan berbagai adaptasi dengan sosoknya sebagai Batman.

anime adaptasi komik baratDi era tersebut Batman digambarkan sebagai seorang ninja yang sangat luar biasa, di mana misinya adalah menghentikan kegilaan yang dilakukan oleh Joker. Banyak karakter populer muncul dalam cerita ini dan art style mereka pun berubah menjadi anime. Selain Batman dan Joker, karakter yang muncul dalam film Ninja Batman adalah Nightwing, Catwoman, Robin, bahkan hingga Gorilla Grodd.

Batman: Gotham Knight

Jika Batman Ninja adalah anime terbaru dari DC Comics yang rilis di tahun 2018, maka Batman: Gotham Knight sudah muncul satu dekade lebih dahulu. Gotham Knight merupakan series yang terhubung dengan trilogi Batman versi Christopher Nola. Seriesnya mengisi kekosong dalam timeline waktu antara film Batman Begins dan juga The Dark Knight.

Series Gotham Knight berjumlah enam episode dan memperlihatkan lebih jauh apa ayang Batman lakukan terhadap kota Gotham setelah dia berhasil menyelamatkan kota tersebut dari Ra’s Al-Ghul. Diperlihatkan dia melakukan pertarungan dengan Deadshot, bertarung melawan trauma, dan mencoba berbagai teknologi baru, serta menghancurkan berbagai organisasi kriminal. Namun, hal itu kemudian berubah ketika Joker muncul seperti diperlihatkan dalam film The Dark Knight.

Cannon Busters

Cannon Busters merupakan salah satu anime terbaru yang diadaptasi dari sebuah buku komik barat. Yang menarik, berbeda dengan berbagai judul di atas, Canon Busters mengadaptasi cerita buku komik indie atau independen karya LeSean Thomas. Ceritanya sendiri berfokus pada sebuah robot baik hati bernama SAM, yang melakukan petualangan untuk menyelamatkan temannya yang merupakan pewaris kerajaan besar.

anime adaptasi komik barat

Dalam petualangannya, SAM kemudian bertemu dengan rekan-rekannya yang lain yaitu sebuah robot yang sudah dibuang dan bandit. Mereka pun bekerja sama untuk menyelamatkan teman SAM sambil juga menyelamatkan kerajaannya yang dalam keadaan kacau. Geeks yang mencari alternatif cerita lain dari adaptasi adaptasi komik barat bisa menyaksikan seriesnya.

Witchblade

Witchblade juga merupakan sebuah series yang unik, karena jika Geeks perhatikan series anime ini nampak tidak seperti adaptasi komik barat. Meskipun begitu, inti cerita dari seriesnya tetap mengambil esensi dari komik barat. Ceritanya berfokus pada seorang wanita yang kemudian menjalin koneksi dengan sebuah senjata kuno bernama Witchblade. Senjata tersebut yang kemudian menjadikan wanita itu superhero.

Di sisi lain, sang pahlawan utama, Masane Amaha, mencoba untuk menyeimbangkan kehidupannya sebagai seorang ibu di kehidupannya sehari-hari. Ada keseimbangan cerita dari setiap elemen di dalamnya, yang mana Witchblade bukan hanya jadi salah satu anime adaptasi komik barat yang menarik namun juga menjadikan series ini menarik dalam kategori anime secara umum.

Anime memang sering kali menghadirkan ide gila dari para pengarang ceritanya. Meskipun banyak dari ceritanya merupakan ide yang muncul dari mereka sendiri, tidak jarang ada juga series yang merupakan adaptasi dari franchise lain seperti komik-komik di barat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.