Dalam industri perfilman sebesar Hollywood, kabar meninggal dunia seorang aktor yang sedang berada di puncak karier biasanya selalu menjadi berita yang mengguncangkan publik. Pasalnya ketika karier yang gemilang, bakat yang luar biasa, dan karisma dari seorang aktir tiba-tiba meredup, umumnya hampir seluruh media tanpa terkecuali di tanah air akan terus membahasnya sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Seperti yang terjadi kepada delapan aktor terkenal berikut ini, di mana mereka telah meninggalkan kesan yang sangat mendalam dalam dunia perfilman dan hati para penggemarnya!

Bruce Lee (1940-1973)

aktor puncak karier meninggal

Sampai hari ini Bruce Lee masih dianggap sebagai ikon legendaris dalam dunia seni bela diri dan perfilman. Dia dikenal sebagai bintang film aksi yang telah membintangi berbagai film populer. Mulai dari film Hong Kong’ Fist of Fury (1972) dan The Way of the Dragon (1972), hingga film Hollywod yang mendunia seperti Enter the Dragon (1973) dan The Game of Death (1978). Ketika aktor yang merupakan murid Yip Man ini berada di puncak karier, dia justru tiba-tiba meninggal dunia saat berusia 32 tahun pada 1973 karena pembengkakan otak. Tragisnya lagi, hal yang sama juga terjadi kepada anak kandungnya Brandon Lee yang meninggal di lokasi syuting The Crow (1994) saat puncak karier.

River Phoenix (1970-1993)

aktor puncak karier meninggal

Di industri perfilman Hollywood, River Phoenix dikenal sebagai aktor berbakat yang sering memerankan karakter-karakter mencolok. Misalnya Chris Chambers di Stand by Me (1986) dan Indy muda di Indiana Jones and the Last Crusade (1989), dan Mikey Waters di My Own Private Idaho (1991). Pada tahun 1993 di mana usianya baru 23 tahun, aktor yang juga aktif sebagai musikus ini justru meninggal dunia saat berada di puncak karier akibat overdosis narkoba. Pada saat itu kematan River dianggap sangat merugikan dunia perfilman Hollywood, karena dia digadang-gadang punya potensi besar sebagai seorang aktor muda.

Chris Farley (1964-1997)

Chris Farley dikenal sebagai salah satu komedian Amerika paling berbakat dan mungkin paling lucu pada tahun 1990-an. Bakatnya yang sering mengundak gelak tawa telah mengantarkan Farley untuk menjadi salah satu anggota dari grup komedi terkenal dalam acara Saturday Night Live. Sedangkan di dunia perfilman sendiri, dia telah membintangi film komedi seperti Black Sheep (1996) dan Beverly Hills Ninja (1997). Sayangnya kecanduan narkoba dan alkohol justru malah menghancurkan kesehatan sang aktor yang tengah berada di puncak karier ini, sampai akhirnya tahun 1997 dia dinyatakan meninggal dunia pada usia 33 tahun karena overdosis.

Heath Ledger (1979-2008)

aktor puncak karier meninggal

Pada tahun 2008, Heath Ledger dilaporkan telah meninggal dunia saat usianya baru menginjak 28 tahun. Penyebabnya adalah overdosis obat penenang yang sebelumnya sering dia minum pasca popularitasnya meroket setelah membintangi film The Dark Knight (2008) dari sutradara Christopher Nolan. Di film Batman versi aktor Christian Bale ini Ledger berhasil mencuri perhatian dunia dengan penampilan ikonisnya sebagai Joker. Perannya ini tidak hanya mendapatkan banyak pujian, tetapi juga mengantarkan dirinya memenangkan penghargaan Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik setelah dirinya meninggal dunia pada puncak karier.

Paul Walker (1973-2013)

aktor puncak karier meninggal

Paul Walker adalah salah satu aktor Hollywood yang namanya makin dikenal setelah membintangi waralaba film aksi balap mobil Fast & Furious, tepatnya sebagai karakter Brian O’Conner. Sayangnya ketika dia mulai menapaki puncak karier, Paul justru meninggal pada usia 40 tahun dalam kecelakaan mobil pada tahun 2013 silam. Walaupun begitu, karier dan kontribusinya dalam dunia perfilman terus dihargai oleh banyak sineas dan penggemarnya hingga hari ini. Misalnya di waralaba Fast & Furious, di mana sahabatnya Vin Diesel terus mengingatkan penggemar terhadap warisan Paul dan karakternya setiap film baru dirilis, termasuk di film Fast X yang tayang bulan Mei lalu.

Cory Monteith (1982-2013)

Cory Monteith adalah aktor muda yang dikenal sebagai pemeran Finn Hudson di series musikal populer Glee (2009-2013). Karena ketampanan dan bakatnya Monteith banyak digandrungi oleh para penggemar muda. Dalam perjalanan kariernya, dia setidaknya telah mendapatkan penghargaan dari Screen Actors Guild dan Teen Choice Awards. Sayangnya walaupun sempat diramalkan akan menjadi salah satu aktor dengan masa depan yang cerah, Monteith justru meninggal dunia pada tahun 2013 karena overdosis heroin dan alkohol, tepatnya saat usianya masih terbilang sangat muda yaitu 31 tahun.

Chadwick Boseman (1976-2020)

aktor puncak karier meninggal

Jika kalian penggemar film superhero, kalian pasti tahu Chadwick Boseman. Dia adalah aktor andal yang berhasil mencuri perhatian dunia melalui perannya sebagai Raja T’Challa alias Black Panther dalam Marvel Cinematic Universe. Penampilannya di film solo pertama Black Panther (2018) bahkan dianggap telah membuat dunia lebih menghargai orang-orang dari komunitas kulit hitam. Mirisnya aktor yang bisa dibilang sudah mencapai puncak karier ini ternyata tetap bekerja keras walaupun tengah menderita penyakit kanker usus besar, sampai akhirnya dia meningga dunia tahun 2020 pada usia 43 tahun. Dedikasinya dan pengaruhnya membuat Boseman diingat sebagai salah satu aktor terbaik generasinya.

Lance Reddick (1962-2023)

aktor puncak karier meninggal

Terakhir ada Lance Reddick yang belum lama ini dilaporkan meninggal dunia saat berada di puncak karier. Dalam walaraba aksi neo noir John Wick, Reddick dikenal sebagai pemeran Charon, tangan kanan pemilik Continental Hotel Winston Scott. Secara kebetulan karakter dari Reddick ini dimatikan juga di film John Wick Chapter 4 di mana dia tidak sempat menonton filmnya karena lebih dahulu meninggal sebelum premiere. Pada bulan Maret lalu Reddick dinyatakan meninggal saat usianya genap 60 tahun karena penyakit jantung. Walaupun begitu, penggemar masih bisa melihat akting terakhirnya sebagai Dewa Zeus di series Disney’ Percy Jackson yang akan tayang perdana tanggal 20 Desember 2023.

Itulah delapan aktor terkenal yang meninggal dunia saat berada di puncak karier. Kematian mendadak dari kedelapan aktor ini bisa dibilang telah mengiris hati para penggemar sekaligus membuat Hollywood harus kehilangan sejumlah aktor berbakatnya. Kabar baiknya walaupun mereka telah pergi, tetapi setidaknya karya-karya dan warisan mereka masih bisa dikenang oleh para penggemar dan industri hiburan secara keseluruhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.