Kehilangan seorang aktor bukan hanya berarti kehilangan sosok publik yang dikenal oleh banyak orang. Bagi para penggemarnya, kehilangan tersebut justru secara tidak langsung telah menandai akhir dari penampilan mereka yang biasanya selalu menginspirasi banyak orang. Bahkan dalam kasus yang cukup langka ada juga beberapa aktor yang justru tidak bisa melihat kesuksesan filmnya sendiri karena mereka lebih dahulu meninggal dunia. Seperti yang akan kita bahas kali ini, di mana ada setidaknya tujuh aktor populer di Hollywood yang meninggal dunia sebelum sempat melihat film terakhirnya!

Brandon Lee – The Crow

Brandon Lee adalah anak dari aktor sekaligus seniman bela diri Bruce Lee yang meninggal dunia di lokasi syuting pada tahun 1993, saat tengah melakukan pengambilan gambar film terakhirnya yang berjudul The Crow. Sebagai bentuk penghormatan, filmnya sendiri tetap akhirnya dirilis pada tahun 1994 dengan bantuan teknologi CGI dan pemeran pengganti untuk menyelesaikan adegan Lee yang belum terselesaikan sebagai superhero gothic Eric Draven alias Crow. Pada saat itu banyak kritikus dan penggemar yang memuji The Crow, khususnya untuk nuansa, efek visual, sinematografi, dan kualitas akting dari mendiang Brandon Lee di filmnya.

Heath Ledger – The Dark Knight

Satu lagi aktor Hollywood yang meninggal dunia sebelum melihat kesuksesan film terakhirnya adalah Heath Ledger. Di mana dia dikenal sebagai pemeran Joker di film DC The Dark Knight karya sutradara Christopher Nolan. Bedanya dengan Lee, Ledger masih sempat menyelesaikan produksi filmnya sehingga dia bisa tampil penuh sebagai villain Joker yang mengintimidasi. Sayangnya sebelum filmnya dirilis secara global pada bulan Juli 2008, Ledger lebih dahulu meninggal dunia pada Januari 2008 karena keracunan obat penenang. Selain The Dark Knight, Ledger juga tidak sempat melihat bahkan menyelesaikan syuting film The Imaginarium of Doctor Parnassus yang dirlis tahun 2009.

Paul Walker – Furious 7

Semua penggemar film Hollywood mungkin pernah mendengar berita viral tentang meninggalnya aktor muda Paul Walker dalam kecelakaan mobil pada tahun 2013. Di balik kejadian memilukan tersebut, Paul sebenarnya tengah terlibat dalam produksi film ketujuh waralaba Fast & Furious yang berjudul Furious 7. Karena dia meninggal sebelum sempat menyelesaikan adegannya, pada akhirnya dua saudaranya Caleb dan Cody Walker bersedia untuk menjadi pemeran pengganti yang kemudian wajahnya disesuaikan dengan bantuan CGI agar terlihat mirip Paul. Saat Furious 7 dirilis pada tahun 2015, banyak penggemar yang merasa terharu karena masih bisa melihat penampilan terakhir Paul di filmnya.

Carrie Fisher – Star Wars: The Last Jedi

Carrie Fisher dikenal sebagai salah satu aktor Hollywood yang sukses membintangi waralaba besar Star Wars sebagai pemeran Princess Leia Morgana alias Leia Skywalker. Setelah tampil memukau di trilogi asli The Skywalker Saga, Fisher sebenarnya sempat kembali di trilogi sekuel yang berfokus pada karakter Rey Skywalker, di mana karakternya digambarkan sebagai pemimpin kelompok perlawanan terhadap kelompok antagonis New Order. Meskipun aktor verteran Star Wars ini meninggal pada tahun 2016, sampai triloginya selesai dengan film The Last Jedi yang dirlis pada tahun 2019, karakter Leia masih bisa kita lihat di filmnya karena pada saat itu Fisher sudah lebih dahulu menyelesaikan adegannya.

Phillip Seymour Hoffman – The Hunger Games: Mockingjay

Aktor Philip Seymour Hoffman meninggal dunia pada awal tahun 2014 karena overdosis obat-obatan terlarang, sebelum sempat melihat kesuksesan dua film terakhirnya yang berjudul The Hunger Games: Mockingjay Part 1 dan Part 2. Di dua film terakhirnya yang rilis secara berurutan pada tahun 2014 dan 2015 ini Seymour Hoffman sebenarnya memainkan peran yang cukup penting sebagai Plutarch Heavensbee, salah satu pendukung Katniss Everdeen dalam menggulingkan kekuaasan tiran villain Snow di filmnya. Terlepas dari penyebab kematiannya, tidak sedikit penggemar yang bersedih sekaligus menyayangkan kepergian sang aktor yang cukup mendadak ini.

Ray Liotta – Cocaine Bear

Cocaine Bear adalah film bergenre horor komedi yang baru saja dirilis pada bulan Februari lalu. Di film yang menceritakan amukan seekor beruang karena memakan obat-obatan terlarang ini Ray Liotta berperan sebagai karakter antagonis bernama Syd. Di filmnya sendiri dia lebih banyak muncul menjelang akhir adegan ketika karakternya mulai mengancam para manusia dan beruang yang tidak sengaja berhubungan dengan obat-obatan terlarangnya. Sayangnya, aktor senior ini tidak sempat melihat penampilan memukaunya sendiri karena lebih dahulu meninggal dunia setahun sebelum filmnya dirilis.

Lance Reddick – John Wick: Chapter 4

Terakhir, Lance Reddick adalah salah satu aktor yang meninggal dunia sebelum sempat melihat kesuksesan film teranyarnya yang berjudul John Wick: Chapter 4. Di film yang tayang perdana pada bulan Maret kemarin ini, Reddick sebenarnya kembali mengulang perannya sebagai karakter favorit penggemar Charon yang merupakan resepsionis dari Hotel Continental New York. Reddick meninggal dunia karena penyebab alami sekitar satu minggu sebelum John Wick: Chapter 4 tayang, tepatnya tanggal 17 Maret 2023 kemarin. Kabar baiknya, penampilan terakhir Reddick sebagai cameo Charon dipastikan masih akan bisa lihat di film spinoff John Wick berjudul Ballerina yang akan tayang tahun depan.

Itulah tujuh aktor populer yang meninggal dunia sebelum melihat keberhasilan dari film Hollywood terakhirnya. Meskipun ketujuh aktor ini tidak dapat melihat film masing-masing di layar lebar, tetapi untungnya karya-karya mereka masih tetap bisa dinikmati dan diapresiasi oleh para penggemarnya yang tersebar di seluruh dunia. Pada akhirnya para aktor ini akan selalu dikenang dan dihormati, walaupun saat ini sudah tidak ada lagi karya terbarunya. Dari semua kepergian para aktor ini mana yang membuat kalian paling terkejut dan bersedih, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.