Penggemar setia Marvel Cinematic Universe pasti tahu betapa seriusnya produksi film-film MCU dan betapa cermatnya tim produksi dalam menjaga set dan properti mereka. Salah satu alasan mengapa hal tersebut dilakukan adalah demi menjaga kerahasiaan proyeknya dari para leaker dan insider yang sering membocorkan sesuatu sebelum sebuah film MCU dirilis. Namun, dalam prosesnya ternyata ada juga beberapa aktor yang justru iseng dan nekat curi properti yang digunakan dalam film MCU mereka. Berikut ini adalah delapan aktor MCU yang terkenal dengan aksi kocak mereka di lokasi syuting!

Chadwick Boseman

aktor curi properti mcu

Saat ini Chadwick Boseman adalah salah satu aktor MCU paling dikenang sepanjang masa karena dia telah berhasil membawa banyak perubahan pada karakter Black Panther dan bahkan komunitas kulit hitam di dunia. Siapa sangka semasa hidupnya aktor yang meninggal tahun 2020 ini sempat iseng curi properti MCU tepatnya saat dirinya masih aktif memernankan karakter Raja T’Challa. Dalam pengakuannya kepada Jimmy Kimmel Live!, Boseman mengatakan bahwa dia telah membawa salah satu alat komunikasi canggih Wakanda yang disebut Kimoyo Beads ke rumahnya. Menurutnya mungkin tidak ada yang tahu bahwa benda kecil berbentuk gelang tersebut hilang dari lokasi syuting.

Chris Evans

aktor curi properti mcu

Baik di semesta komik Marvel maupun di MCU, perisai Captain America adalah simbol paling ikonis yang tak terpisahkan dari nilai-nilai superhero Amerika. Saking pentingnya, bisa dibilang hanya ada satu Captain America saja yang bisa menggunakannya dalam sekali waktu. Namun menariknya, terlepas dari sakralnya eksistensi perisai tersebut, aktor MCU sekelas Chris Evans yang tidak lain adalah pemeran Steve Rogers alias Captain America ternyata pernah curi properti penting tersebut dan membawanya ke rumah. Sekarang Evans telah pensiun dari MCU, tetapi setidaknya dengan perisai andalan Captain America tersebut dia bisa terus mengenang peran ikonisnya.

Chris Hemsworth

aktor curi properti mcu

Chris Hemsworth mungkin tidak pernah membawa kostum Thor-nya ke rumah, karena bobotnya yang berat serta jubahnya yang bikin ribet. Namun sebagai gantinya, salah satu aktor veteran MCU ini malah terbilang selalu curi properti palu Mjolnir kapan pun dia bisa. Alasannya sangat sederhana karena mungkin dia tidak pernah bisa lepas dari palu kesayangan Thor tersebut. Menurut pengakuannya kepada Jimmy Kimmel, ada banyak sekali Mjolnir yang tersebar di penjuru rumahnya, baik itu di ruang tamu maupun di pojok ruangan, tetapi entah mengapa istrinya selalu memindahkan semuanya ke kamar mandi. Kira-kira untuk apa ya, Geeks?

Chris Pratt

aktor curi properti mcu

Saat pertama kali Peter Quill alias Star-Lord muncul di MCU, mungkin tidak banyak yang mengira perannya akan sebesar sekarang, kecuali pemerannya sendiri yaitu Chris Pratt. Saking yakin karakter yang diperankannya akan sangat terkenal, aktor MCU ini pernah sengaja curi properti film Guardians of the Galaxy yang dikenakannya, yaitu jaket Star-Lord. Hebatnya selain membawanya ke rumah, Pratt juga pernah mengenakan jaket tersebut ke acara amal untuk anak-anak penyintas cancer. Hasilnya pada hari ini mungkin tidak ada satu orang pun yang tidak mengenal Chris Pratt dan karakternya Star-Lord.

Karen Gillan

Satu lagi aktor Guardians of the Galaxy yang pernah mengaku iseng curi properti film MCU adalah Karen Gillan. Di kalangan penggemar sendiri, Gillan terkenal sebagai aktris cantik yang rela menghabiskan waktu hingga lima jam untuk mengenakan make-up dan kostum Nebula. Selain make-up dan kostum yang sangat detail, dia juga memakai sebuah sarung tangan panjang prostetik untuk membuat lengan kirinya seakan terbuat dari logam. Nah sarung tangan prostetik inilah yang diam-diam Gillan bawa ke rumahnya sebagai kenang-kenangan. Untungnya properti tersebut tidak bisa berubah menjadi senjata lain seperti di filmnya, dengan begitu tidak ada orang yang mempermasalahkannya.

Jeremy Renner

Jeremy Renner adalah salah satu aktor MCU yang memulai perannya sebagai Clint Barton alias Hawkeye di film The Avengers. Sejak saat itu aktor veteran ini mengaku sering melihat bahkan memergoki para koleganya di lokasi syuting yang curi properti MCU dan membawanya sebagai oleh-oleh ke rumah. Awalnya dia merasa hal tersebut tidak akan pernah dilakukannya, karena baginya profesionalitas adalah hal yang paling utama bagi seorang aktor. Namun Renner akhirnya tetap tidak tahan juga, setelah membintangi series Hawkeye, dia juga akhirnya membawa kostum superheronya ke rumah dan sengaja memakainya ke sebuah acara di sekolah putrinya.

Robert Downey Jr.

aktor curi properti mcu

Siapa yang tidak mengenal Robert Downey Jr. atau yang biasa dipanggil RDJ? Aktor yang kini telah pensiun dari MCU ini sangat terkenal sebagai pemeran Tony Stark yang telah memulai jagat sinemanya dengan film pertama Iron Man. Selama dirinya masih menjadi bagian dari MCU, sudah tidak terhitung ada berapa banyak armor Iron Man yang telah dikenakan oleh RDJ, mulai dari Mark I sampai Mark LXXXV. Namun alih-alih curi salah satu armornya, aktor veteran MCU ini lebih memilih mengambil properti lain yang sangat tidak biasa, yaitu lambang ‘A’ dari Avengers Tower dan sengaja menempatkannya di kantor pribadinya yang berada di Los Angeles.

Tom Holland

aktor curi properti mcu

Sebagai aktor MCU yang mengaku murid RDJ, tidak aneh jika Tom Holland juga melakukan hal yang sama seperti mentornya, yaitu curi properti dari lokasi syuting. Dalam sejarahnya bukan hanya satu properti saja yang pernah Holland bawa ke rumahnya, tetapi banyak. Menurut pengakuannya dia pernah membawa kostum Spider-Man karena ritsletingnya macet, kemudian web shooter, hingga kacamata Stark di film Spider-Man: Far From Home senilai 500 dolar Amerika. Ketika ditanya apakah dia pernah dipergoki oleh tim produksi, jawabannya untuk sekarang belum ada satu orang pun yang melakukannya. Entah karena mereka pura-pura tidak tahu atau memang sudah terbiasa dengan kelakuan Holland.

Itulah delapan aktor yang mengaku pernah curi properti film MCU. Cukup jelas bahwa pada akhirnya alasan para aktor ini mau mengaku kepada publik adalah karena tujuan awal mereka hanya sekadar candaan atau iseng. Di sisi lain mereka juga tampaknya selalu memastikan bahwa aksi iseng mereka ini tidak mengganggu proses produksi yang serius dan membuat Marvel mengalami kerugian yang besar. Marvel Studios sendiri sepertinya sudah sangat memaklumi perbuatan mereka. Walaupun begitu, mencuri tetap dilarang keras sehingga kita sama sekali tidak boleh menirunya apalagi dengan alasan iseng.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.