Sejak tahun 2008, kostum superhero telah menjadi simbol ikonis dalam dunia perfilman Marvel Cinematic Universe. Namun, di balik kilau gemerlap dan kehebatan kostum-kostum yang biasanya dipoles juga dengan teknologi CGI, ada cerita menarik dari beberapa aktor MCU yang justru benci dengan kostum superhero mereka. Dalam artikel ini, kita akan membongkar rahasia di balik kegundahan mereka. Di mana ketidakcocokan aktor dengan kostum-kostum superheronya secara tidak langsung telah mempengaruhi kehidupan pribadi mereka di balik layar. Siapa saja aktor MCU yang dimaksud? Simak di bawah ini!

Scarlet Johansson sebagai Black Widow

aktor mcu benci kostum superhero

Pertama kali karakter Natasha Romanoff alias Black Widow diperkenalkan di Iron Man 2 (2010), banyak di antara para penggemar MCU yang langsung menyukai penampilan Scarlet Johansson di filmnya. Namun ternyata di balik pesona karakternya, aktor MCU yang melakukan penampilan terakhirnya di film Black Widow (2021) ini ternyata benci dengan kostum superhero yang dikenakannya. Dilansir dari ABC News, Johannson mengungkapkan bahwa selama film The Avengers (2012) pertama, kostum hitam Black Widow yang dia kenakan sangatlah panas. “Saya biasanya akan memeras kaus kaki saya di penghujung hari syuting,” ungkap Johansson.

Dave Bautista sebagai Drax the Destroyer

aktor mcu benci kostum superhero

Dave Bautista adalah mantan pegulat WWE yang karier aktingnya makin melambung setelah menjadi Drax the Destroyer di film Guardians of the Galaxy (2014). Di MCU sendiri karakternya digambarkan sebagai sosok yang kurang pintar, di mana dalam penampilan awalnya Drax lebih sering terlihat bertelanjang dada. Hal inilah yang ternyata membuat aktor MCU berusia 54 tahun ini mengaku benci dengan kostum superhero miliknya. Menurutnya kostum dan make up yang dibuat menyerupai kulit Drax sering membuatnya tidak nyaman di lokasi syuting karena harus terus bertelanjang dada. Karena alasan ini jugalah Bautista memilih pensiun dari MCU setelah membintangi film baru GOTG 3.

Paul Bettany sebagai Vision

aktor mcu benci kostum superhero

Aktor MCU lainnya yang secara terang-terangan mengatakan bahwa dia benci kostum superhero dari karakternya adalah Paul Bettany. Mantan pengisi suara AI J.A.R.V.I.S. yang kini lebih dikenal sebagai pemeran superhero Vision ini pernah marah di lokasi syuting karena merasa tidak nyaman saat pertama kali mengenakan kostum superheronya. “Saya pernah mengamuk di lokasi syuting dan berteriak ‘seseorang harus membantu saya melepaskan kostum ini’, mereka lantas menariknya ke bawah dan semua orang sangat baik,” ungkapnya. Untungnya setelah terbiasa, sekarang Bettany mengaku sudah bisa melepaskannya tanpa bantuan orang lain.

Chadwick Boseman sebagai Black Panther

aktor mcu benci kostum superhero

Penggemar setia MCU pasti sepakat bahwa mendiang Chadwick Boseman adalah casting terbaik untuk pemeran T’Challa alias Black Panther. Aktor MCU yang memulai debutnya di film Captain America: Civil War (2016) ini ternyata benci dengan kostum superhero Black Panther pertamanya. Dalam sesi wawancaranya dengan Slash Film, Boseman mengatakan bahwa kostumnya “Panas, panas sekali. Percayalah, itu sangat panas. Saya belum pernah sepanas itu sebelumnya dalam hidup saya.” Untungnya masalah serupa tidak dia alami saat membintagi film Black Panther karena kostumnya lebih banyak dihadirkan dengan efek CGI.

Robert Downey Jr sebagai Iron Man

Sejak melakukan debutnya di film Iron Man (2008) sampai hari ini Robert Downey Jr. telah terlihat mengenakan banyak sekali kostum. Namun tahukah kalian bahwa aktor MCU yang kini telah pensiun dari perannya sebagai Tony Stark ini ternyata pernah merasa sedikit benci dan keberatan dengan kostum superhero pertamanya Mark I. Menurutnya karena pada saat itu Marvel Studios ingin menghemat budget, dia sampai harus mengenakan kostum yang beberapa bagiannya memang terbuat dari besi. “Setelah bergerak di dalamnya selama beberapa jam, semangat saya agak hancur,” ungkap RDJ. Pada akhirnya Marvel mengganti kostum RDJ dengan kostum motion capture yang lebih praktis.

Itulah lima aktor yang merasa benci dengan kostum superhero yang dikenakannya di berbagai film MCU. Masalah dan kelemahan produksi seperti ini mungkin sampai sekarang masih banyak ditemui di lokasi syuting, bukan hanya MCU saja tetapi juga Hollywood secara keseluruhan. Dan karena hal inilah sekarang banyak teknologi yang lebih mempermudah para aktor untuk tampil sebagai superhero dengan bantuan CGI. Setidaknya dengan solusi tersebut banyak aktor yang bisa lebih fokus dengan aktingnya daripada memikirkan ketidaknyamanannya saat mengenakan kostum sungguhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.