Ada beberapa transformasi yang dianggap sangat epik dan gila yang muncul dalam cerita Super Dragon Ball Heroes. Franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise terbesar, di mana selain manga dan anime ada banyak medium yang sudah menghadirkan cerita tentang Goku ini. Yang juga menarik adalah ada banyak versi cerita yang dihadirkan di sepanjang sejarah kehadirannya.

Salah satu contohnya adalah Super Dragon Ball Super Heroes, yang merupakan series spin off dari cerita Dragon Ball Super. Salah satu ciri khas dari franchise Dragon Ball adalah bagaimana Akira Toriyama sering menghadirkan berbagai transformasi apik dan menarik, seperti yang terjadi di series Dragon Ball Super Heroes. Meskipun begitu, ada beberapa transformasi atau form gila dan epik yang hanya muncul dalam series Super Dragon Ball Super Heroes. Apa saja?

Super Saiyan God Trunks

Ada beberapa transformasi yang muncul dalam ceritanya yang menjadi perwakilan cerita Dragon Ball di era modern, seperti salah satunya adalah Super Saiyan God. Form ini pertama kali diperkenalkan dalam cerita Dragon Ball Z: Battle of the Gods. Super Saiyan God merupakan form yang membutuhkan sebuah ritual khusus untuk bisa mengaksesnya, di mana lima orang Saiyan akan saling mengirimkan energi mereka masing-masing.

Dalam cerita Super Dragon Ball Heroes, variant dari Future Trunks, Xeno Trunks, diperlihatkan berhasil mencapai form ini dalam puncak cerita Dark King Mechibura Saga. Yang menarik adalah Xeno Trunks mendapatkan form ini secara tidak sengaja. Hal ini karena para Xeno Saiyans lainnya tidak sadar jika dengan memberikan atau memindahkan energi mereka kepada Xeno Trunks merupakan ritual untuk mencapai Super Saiyan God.

Super Saiyan 4 Limit Breaker

Dalam cerita Dragon Ball, awalnya Super Saiyan 4 merupakan puncak kekuatan yang bisa diakses oleh para Saiyans sebelum kemudian diperkenalkan berbagai form baru yang lebih kuat. Banyak fans yang sempat berharap jika Toriyama Sensei akan menghadirkan Super Saiyan 5, yang bahkan membuat para fans membuat versi mereka sendiri. Namun, pada kenyataanya, Super Saiyan 5 tidak pernah ada.

transformasi Dragon Ball

Meskipun begitu, Toriyama Sensei kemudian menghadirkan Super Saiyan 4 dengan versi yang lebih dahsyat yaitu Super Saiyan 4 Limit Breaker atau Super Full Power Saiyan 4 Limir Breaker. Transformasi ini membuat penggunanya perubahan yang unik, di mana akan muncul aura berwarna ungu dan rambut yang berwarna Magenta. Karena merupakan versi dahsyat dari Super Saiyan 4, kekuatan dari Super Saiyan 4 Limit Breaker pun sangat luar biasa.

Super Saiyan 3 Vegeta

Salah satu misteri besar yang muncul di dunia Dragon Ball adalah apakah Vegeta sudah pernah atau mampu mengakses Super Saiyan 3. Sebagian fans berspekulasi jika Vegeta pernah memiliki kemampuan Super Saiyan 3, hanya saja dia tidak pernah menggunakannya. Di sisi lain, sebagian fans lainnya menganggap jika Super Saiyan 3 hanya bisa terjadi ketika tubuh seorang Saiyan mengalami hal unik seperti kematian Goku atau fusion dari Gotenks.

Meskipun begitu, dalam sebuah wawancara di tahun 2003 yang dilakukan Anime Insider, FUNimation sempat memberikan petunjuk jika form Golden Oozaru hanya bisa diwujudkan setelah seorang Saiyan bisa mengakses Super Saiyan 3. Artinya, Vegeta memang memiliki kekuatan tersebut dalam cerita Dragon Ball GT. Dan dalam cerita Super Dragon Ball Heroes Xeno Vegeta diperlihatkan bisa mengakses Super Saiyan 3 bahkan Super Saiyan 4.

Super Saiyan 3 Rose

Dalam alur cerita Dragon Ball Super, Toriyama Sensei memperkenalkan versi jahat dari Goku yaitu Goku Black. Selain memiliki kekuatan Goku, Goku Black juga mampu mengakses berbagai transformasi epik Goku seperti Super Saiyan. Jika Goku bisa menggunakan Super Saiyan Blue, maka Goku Black bisa menggunakan Super Saiyan Rose. Transformasi ini mirip seperti Super Saiyan Blue, hanya saja warnanya berubah jadi lebih gelap.

transformasi Dragon BallSeries Super Dragon Ball Heroes sering kali menghadirkan berbagai karakter protagonis dan juga villain dari berbagai series Dragon Ball, di mana salah satunya adalah Goku Black. Dalam cerita di series ini, Goku Black berusaha menghancurkan semua Goku yang ada di multiverse Dragon Ball. Dan setelah berbagai pertarungan epik, Goku Black mampu meningkatkan level Super Saiyan Rose miliknya menjadi Super Saiyan 3 Rose.

Super Saiyan 4 Vegito

Dua fusion dari Vegeta dan Goku, Gogeta dan Vegito, merupakan dua fusion terkuat dan terbaik dalam cerita Dragon Ball. Sebagian menganggap bahwa dua fusion tersebut overpowered karena menggabungkan Goku dan Vegeta yang memang sudah sangat kuat. Meskipun begitu, kemunculan Gogeta dan Vegito bisa dibilang sangat jarang apalagi menggunakan transformasi terkuat mereka.

transformasi Dragon Ball

Setelah sekian lama tidak muncul dalam cerita, Toriyama Sensei pun kemudian menghadirkan kembali fusion ini dalam cerita Super Dragon Ball Heroes dengan transformasi yang jauh lebih gila yaitu Super Saiyan 4 Vegito. Dalam cerita diperlihatkan Super Saiyan 4 Xeno Goku melakukan fusion dengan Super Saiyan 4 Vegeta yang kemudian menghasilkan Super Saiyan 4 Xeno Vegito. Transformasi ini sengaja dilakukan untuk menghadapi Saiyan jahat yang jadi musuh utama di seriesnya, Cumber.

Dengan menghadirkan sebuah cerita spin off, seperti Super Dragon Ball Heroes, Akira Toriyama bisa menghadirkan berbagai hal yang baru. Salah satunya adalah bagaimana dia menghadirkan berbagai transformasi epik dalam ceritanya yang tidak pernah muncul dalam alur cerita utama. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.