Batman merupakan salah satu karakter superhero yang sangat populer, namun ada beberapa fakta yang jarang diketahui para fans. Batman sudah muncul di industri komik selama lebih dari 80 tahun. Kepopuleran dari Batman sebagai penjaga kota Gotham benar-benar sangat luar biasa. Batman hampir muncul di berbagai medium yang ada, mulai dari film, Game, bahkan buku serta audio.

DC Comics berhasil menghadirkan berbagai cerita-cerita yang menarik tentang Batman dan petualangannya. Di sisi lain, DC juga berhasil menghadirkan sosok persona Batman yang luar biasa terlepas dari dia adalah manusia biasa diantara para superhero lain. Namun, mungkin tidak banyak dari Geeks yang tahu jika ada berbagai fakta menarik yang jarang diketahui tentang Batman. Apa saja?

Jasa Besar Bill Finger

Bob Kane merupakan salah satu legenda dalam industri komik. Dia adalah sosok pencipta dari karakter Batman dan juga Superman. Bob Kane pada awalnya menghadirkan konsep karakter Batman dengan menggunakan baju merah, topeng kecil, dan sepasang sayap yang mirip sayap kelelawar. Pertemuan Bob Kane dan Bill Finger yang kemudian merubah karakter Batman seperti yang kita kenal.

fakta batman

Kane mengundang Bill bergabung dengan timnya. Dia yang kemudian merubah seluruh estetik dari desain karakter awal Bob Kane untuk kemudian diberikan desain karakter yang kita ketahui saat ini. Perubahan yang diberikan adalah warna pakaian diganti menjadi hitam, topengnya diganti dengan topeng penuh dengan teinga kelelawar, dan sayap kelelawar dengan mantel tanpa lengan (cape).

Makanan Favorit Batman

Mungkin, Geeks sudah sering melihat berbagai skenario cerita yang gila dan luar biasa yang memperlihatkan sosok Batman. Namun, Bruce Wayne pada dasarnya adalah manusia yang tentunya butuh asupan makanan. Dalam cerita komik Batman #701, akhirnya DC menghadirkan fakta menarik jika makanan favorit dari Bruce Wayne adalah Mulligatany Soup.

Mulltigatany Soup merupakan makanan yang berasal dari wilayah selatan India. Sup dari makanan ini berbahan dasar kari, yang kemudian dicampur dengan wortel, santan, serta daging sebagai material protein. Meskipun begitu, Alfred memberikan sedikit perubahan dari resep sup tersebut dengan beberapa bahan yang kemudian diganti. Misalnya mengganti ayam dengan daging babi.

Pernah Dibesarkan Oleh Sang Paman

Rasanya memang tidak banyak yang tahu tentang fakta Batman ini. Dalam berbagai cerita populer Batman, Geeks tentunya sudah tahu jika Batman dibesarkan oleh sang pelayan pribadi, Alfred Pennyworth. Alfred merupakan penjaga dari sosok Bruce Wayne semenjak kedua orang tuanya meninggal. Namun, salah satu fakta menarik yang jarang diketahui adalah Bruce Wayne pernah dibesarkan bukan oleh Alfred melainkan sang paman.

fakta batman

Alur cerita tersebut merupakan salah satu cerita awal kemunculan Batman. Dalam ceritanya, paman yang merawat Bruce adalah adik dari Thomas Wayne, Phillip Wayne. Phillip berasal universe yang berbeda yaitu Earth-One, meskipun dalam beberapa cerita dia kemudian pindah ke Earth-Two. Phillip kemudian menghilang pasca Crisis on Infinite Earths. Phillip kemudian dihadirkan kembali, namun sebagai Phillip Kane. Tetapi, DC Comics tidak pernah lagi menghadirkan karakter Phillip Kane.

Aturan Tidak Membunuh

Batman dikenal memiliki prinsip yang sangat kuat dalam setiap cerita yaitu tidak boleh membunuh musuh atau lawannya. Dia memiliki aturan yang kemudian dikenal sebagai ‘no-killing rule’ yang kemudian sangat populer. Mayoritas cerita yang menghadirkan Batman memang menghadirkan elemen tersebut, meskipun ada juga cerita yang memperlihatkan sisi mengerikan Batman seperti Grim Knight.

Namun, sebenarnya, aturan tersebut tidak ada sedari awal. Bahkan, di awal kemunculannya sosok Batman justru merupakan karakter superhero yang sering menghabisi lawannya dengan peluru jika memang situasinya memaksa dia melakukan hal tersebut. Bahkan, di Batman #1 diperlihatkan bagaimana seorang kriminal digantung di atas Batplane. Kemungkinan karena alasan popularitas Batman yang luar biasa membuat DC merubah hal tersebut. Mereka ingin menghadirkan sosok Batman yang cerdas, filosofis, dan handal dalam bertarung.

Pernah Bergabung Dengan Wolverine

Persaingan antara DC Comics dan Marvel Comics sudah dikenal sejak lama. Kedua perusahaan penerbit ini benar-benar saling bersaing satu sama lainnya. Namun, sesuatu yang luar biasa kemudian dihadirkan oleh Amalgam Comics. Dalam komik tersebut diceritakan jika universe dari DC Comics dan Marvel Comics melebur karena ulah villain dari kedua penerbit yang kemudian menciptakan sebuah universe baru Amalgam Universe.

Dalam universe ini, para karakter superhero Marvel dan DC menyatu menghadirkan sosok karakter baru. Batman diperlihatkan menyatu dengan karakter ikonik Marvel, Wolverine. Nama karakter dari gabungan kedua karakter ini adalah Dark Claw. Logan Wayne diceritakan menjadi yatim piatu sejak kecil dan dikirim ke Kanada untuk tinggal bersama orang tuanya. Logan kemudian bergabung dengan angkatan udara dan ikut program super soldier yang membuatnya memiliki adamantium. Bagi seluruh dunia, Logan Wayne adalah seorang seniman kaya. Namun, dia adalah Dark Claw.

Bekerja Sama Dengan Spider-Man

Selain menghasilkan karakter Dark Claw, crossover yang terjadi antara DC dan Marvel menghadirkan sebuah kerja sama yang epik dan menarik. Batman diperlihatkan pernah bekerja sama dengan Spider-Man, seperti yang muncul dalam komik crossover one-shot, Spider-Man and Batman: Disordered Minds. Dalam komik ini, Batman dan Spider-Man diperlihatkan bekerja sama untuk mengalahkan Carnage dan Joker.

Carnage dan Joker sempat menyusun rencana di mana Carnage diceritakan tewas di tangan Joker. Namun, hal tersebut pada akhirnya membuat Batman harus terkena jebakan kedua villain itu sebelum kemudian Spider-Man datang membantu. Keduanya pun akhirnya saling bekerja sama untuk menghancurkan kedua villain.

Pernah Menggunakan Cincin Green Lantern

Dark Multiverse merupakan cerminan dari multiverse normal, hanya saja seluruh penduduk di Dark Multiverse merupakan para sosok karakter yang jahat dan mengerikan. Di Earth-32 Dark Multiverse diceritakan ada versi lain dari Bruce Wayne, di mana dia menjadi pemilik dari cincin Green Lantern. Cincin tersebut memilih Bruce setelah kematian kedua orang tuanya.

Namun, bukannya digunakan untuk menghadirkan keadilan bagi yang lain justru cincin tersebut menjadi alat eksekusi bagi para kriminal. Apa yang Bruce Wayne di multiverse tersebut lakukan memaksa Jim Gordon untuk mencari cara demi menghentikannya. Yang luar biasanya, Bruce Wayne mengganti baterai di cincin tersebut dengan ciptaanya. Dan setelah menguasai kekuatan penuh cincin tersebut, Bruce Wayne bahkan mampu menghancurkan seluruh Green Lantern Corp. Dia pun kemudian menjadi sosok Batman yang memiliki cincin Green Lantern.

Pernah Menggunakan Yellow Ring

Selain terpilih untuk mengenakan cincin Green Lantern, Batman juga pernah terpilih menggunakan cincin Yellow Lantern. Yellow Lantern merupakan salah satu kelompok villain yang juga merupakan musuh bebuyutan dari Green Lantern Corp. Kelompok ini dibentuk oleh anggota Green Lantern yang berubah menjadi jahat, Sinestro. Dia menggunakan rasa takut sebagai sumber tenaga dari cincin tersebut.

Dalam cerita Green Lantern: Sinestro Corps War, diperlihatkan sebuah cincin berwarna kuning merasakan kehadiran Bruce Wayne. Cincin tersebut kemudian memilih Bruce Wayne untuk menjadi pemiliknya. Namun, yang menarik adalah Batman mampu untuk melawan semua perubahan dan pengaruh dari cincin tersebut. Dan akhirnya, cincin tersebut pun terlepas dari sosok Batman.

Pernah Mengadopsi Starro

Fakta menarik lainnya tentang Batman adalah dia pernah mengadopsi Starro. Strarro merupakan salah satu villain yang kurang populer dari DC Comics. Namun, karakternya sempat muncul jadi villain utama dalam fil The Suicide Squad garapan James Gunn. Starro merupakan alien berbentuk mirip seperti bintang laut yang sangat mengerikan. Salah satunyu kemampuannya adalah dia mampu menghadirkan Starro berukuran kecil yang mirip seperti Spora.

Dalam cerita No Justice, Starro memutuskan bergabung dengan Justice League untuk menghadapi Omega Titans. Pengorbanan Starro membuat batman terharu dan berusaha mencari sisa potongan tubuhnya yang ternyata masih hidup. Bruce kemudian memeliharanya di Hall of Justice dan memberi nama Jarro. Monster kecil tersebut mulai memiliki hubungan yang dekat dengan Bruce, yang mana menganggapnya sebagai ayah.

Bertarung Melawan Darkseid

Darkseid merupakan sosok villain yang memang bisa dianggap sebagai dewa melihat kekuatannya yang sangat dahsyat. Sehingga, rasanya tidak ada manusia yang bisa mengalahkan Darkseid. Namun, pada kenyataanya, Bruce Wayne jadi satu-satunya manusia yang mampu bertarung satu lawan satu dengan Darkseid sebagai bukti kedahsyatan dari sosok Bruce Wayne.

Dalam cerita Batman and Robin #37, Bruce Wayne diperlihatkan bertarung menghadapi Darkseid dengan bantuan armor yang dia ciptakan. Armor tersebut tidak lain adalah Hellbat. Dengan menggunakan armor Hellbat, Bruce Wayne mampu mengimbangi Darkseid dan bahkan menghajarnya. Namun, karena ada kelemahan dari armor tersebut, yaitu semakin sering digunakan membuat Bruce Wayne sangat kelelahan karena mengandalkan metabolisme tubuhnya, dia pun akhirnya pergi dari pertarungan.

Asal-Usul Nama Gotham City

Gotham City merupakan salah satu kota atau wilayah fiktif yang sangat populer, bahkan popularitas Gotham jauh lebih dahsyat dari Metropolis atau Central City. Gotham merupakan wilayah yang menjadi “yurisdiksi” dari Batman. Siapa pun yang hendak melakukan sesuatu di kota tersebut, baik villain atau para superhero, perlu “izin” dari sosok Batman.

fakta batman

Namun, di balik popularitas dari nama Gotham City atau kota Gotham sebenarnya bisa dibilang sangat konyol. Bill Finger, salah satu pencipta dan penulis komik Batman, pernah mengatakan jika nama tersebut sebenarnya muncul secara tidak disengaja. Bill sengaja mengambil sebuah buku telepon dan secara acak mengarahkan jaringa ke sebuah nama yaitu sebuah toko perhiasan, “Gotham Jewelers.” Nama itulah yang kemudian jadi nama kota Batman tinggal.

Alasan Batman Banyak Beraksi

Banyak orang yang mungkin menganggap jika Batman adalah karakter yang overrated dengan berbagai cerita yang ada. Juga, Batman dianggap selalu memiliki plot armor yang membuatnya terlihat menarik dan gagah. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya alasan mengapa Batman banyak mengalami hal-hal mengerikan dan berbahaya adalah karena sosok “malaikat” bernama Bat-Mite.

fakta batman

Bat-Mite memiliki bentuk yang mirip seperti anak kecil dan berpenampilan mirip seperti Batman. Sama halnya seperti Mr. Mxyzptlk, Bat-Mite juga berasal dari dimensi kelima. Meskipun begitu, dia berbeda dari sang villain di mana kekuatan sihirnya tidak dia gunakan untuk kejahilan atau kejahatan. Bat-Mite sangat mengidolakan sosok Bruce Wayne, yang mana hal inilah yang membuatnya sering menghadirkan sebuah skenario yang memperlihatkan Batman beraksi.

Bruce Adalah Robin Pertama

Fakta Batman terakhir adalah Bruce Wayne merupakan Robin pertama. Dalam cerita Batman, kita tentunya tahu jika Bruce Wayne sering dibantu oleh sidekick yaitu Robin. Bahkan, sejak kemunculan perdananya Batman sudah memiliki sidekick yaitu Robin. Banyak dari Geeks yang mengenal jika Dick Grayson adalah Robin pertama. Tetapi, faktanya hal itu tidaklah benar. Bruce Wayne justru adalah Robin yang pertama. Hal ini terjadi bertahun-tahun sebelum dia menjadi Batman.

fakta batman

Dalam cerita Detective Comics #225, diperlihatkan jika ketika dia masih muda dia belajar untuk menjadi seorang detektif dari seorang detektif kepolisian bernama Harvey Harris. Sang detektif sendiri kemudian menyadari bahwa Bruce membuntutinya yang membuat keduanya saling bertemu. Detektif Harris sendiri kemudian mengangkat Bruce menjadi asistennya dan diberi nama Robin. Pakaian yang Bruce kenakan saat itu mirip dengan pakaian yang digunakan oleh klasik Robin yaitu hijau dan merah.

Dengan sejarah Batman yang sudah lebih dari 80 tahun muncul di industri komik, wajar jika terdapat berbagai fakta menarik yang jarang diketahui oleh para fans. Banyak dari fakta-fakta ini terjadi di awal-awal kemunculan Batman. DC Comics berhasil menghadirkan sosok Batman yang jauh lebih menarik dan apik di era modern saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.