Gear 5 kemungkinan bukan true awakening atau awakening yang sebenarnya dari sosok Monkey D Luffy dalam alur cerita manga One Piece. Gear 5 dari Luffy akhirnya diperkenalkan oleh Eiichiro Oda dalam cerita One Piece, baik dalam versi manga atau pun versi animenya. Para fans pun banyak yang sangat antusias dengan kemunculan Gear 5 ini.

Dari apa yang diperlihatkan sejauh ini, kekuatan dahsyat dari Gear 5 memang luar biasa. Bahkan, dengan menggunakan kekuatan Gear 5 pada akhirnya Luffy mampu untuk mengalahkan Kaido dalam arc Wano. Namun, ada sebuah teori yang menarik yang menyebutkan jika Gear 5 bukan awakening dari kekuatan Luffy. True awakening Luffy dalam cerita One Piece akan jauh lebih dahsyat dari hal ini.

Gear 5 Bukan Awakening

Sejak arc Dressrosa para fans One Piece banyak yang bertanya-tanya kapan dan seperti apa kebangkitan atau awakening dari buah iblis milik Monkey D Luffy. Pertama kali diperkenalkan melalui sosok antagonis Donquixote Doflamingo, ternyata buah iblis mampu berkembang dan menghasilkan kemampuan yang jauh lebih dahsyat setelah potensi terbesar dari buah iblis tersebut ditemukan.

Setelah Doflamingo, Oda Sensei kemudian menghadirkan sosok Katakuri sebagai karakter lainnya yang mampu membangkitkan kemampuan maksimal dari buah iblisnya, di mana diperlihatkan Katakuri juga mampu mengendalikan sekitarnya berkat kebangkitan buah iblis tersebut. Dan yang paling baru adalah kita melihat Trafalgar Law dan Eustass Kid yang membangkitkan buah iblis mereka.

Meskipun mereka sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, Law dan Kid menyebutkan bahwa menggunakan teknik tersebut akan menguras stamina mereka. Meskipun terlihat seperti sebuah ketidaksengajaan, apa yang terjadi kepada Kid dan Law tentang efek samping penggunaan awakening ini mirip dengan apa yang terjadi kepada Luffy ketika dia mengakses berbagai Gear terbarunya.

true awakening luffy

Contohnya adalah ketika Luffy dan kelompok Topi Jerami berada di Enies Lobby, Gears adalah peningkatan kekuatan pertama Luffy dalam cerita One Piece. Dengan menggunakan Gear Second, dia meningkatkan aliran darah dalam tubuhnya dengan memanfaatkan elastisitas tubuhnya dan juga sel-selnya untuk memaksa lebih banyak darah mengalir di tubuhnya.

Meskipun Luffy mengatakan jika Gear 5 adalah adalah puncak kekuatannya, tetapi ada kemungkinan jika belum semua kekuatan dahsyat dari buat iblis Nika sudah dihadirkan dalam cerita One Pieece. Dan ada kemungkinan juga jika Gear 5 Luffy bukan merupakan awakening kekuatan Luffy. Gear 5 memang harus diakui sangat dahsyat, tetapi itu hanya peningkatan drastis dari Gear 4.

True Awakening Luffy

Lalu, seperti apa true awakening atau awakening yang sebenarnya dari sosok Luffy? Gorosei pernah mengatakan buah iblis Nika adalah buah iblis yang paling kuat dan memiliki kekuatan paling mengerikan di dunia One Piece. Kita sudah melihat bagaimana Luffy bisa menangkap petir, merubah ukuran lengannya menjadi sebesar pulau, dan bahkan mengubah sekitarnya menjadi karet.

Namun, bisa ajadi true awakening dari sosok Luffy jauh lebih dahsyat dari apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Dengan kekuatan Gear 5, Luffy memang sudah bisa jadi sosok yang sulit dikalahkan atau dihabisi nyawanya. Namun, ketika kemudian Luffy benar-benarĀ  menghadirkan awakening dari buah iblis tersebut dia akan benar-benar berubah menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Luffy akan berubah jadi sosok dewa.

Kekuatan yang dia hadirkan bisa jauh berkali-kali lipat dari apa yang sudah dihadirkan sekarang. Jika pada awalnya Luffy hanya mampu merubah sekitarnya, ketika Luffy berhasil menghadirkan true awakening maka dia bisa memengaruhi dan merubah permukaan di sebuah wilayah atau bahkan di seluruh dunia. Dan bisa jadi kekuatan dahsyat tersebut yang jadi kekuatan sebenarnya dari Nika, sang Dewa Matahari.

Selain dari kekuatan buah iblis, yang benar-benar bisas merubah menjadi seorang dewa, true awakening dari Luffy juga terjadi dengan kekuatan tubuh lainnya yaitu Haki. Kekuatan Gear 5 sendiri merupakan kombinasi epik antara kekuatan buah iblis daan Haki. Sehingga, masuk akal jika awakening sebenarnya dari Luffy juga memengaruhi kekuatan dari Hakinya yang akan sangat luar biasa.

true awakening luffy

Sejauh ini, Shanks diketahui merupakan karakter yang diketahui mampu menggunakan Haki sampai titik maksimalnya. Dia adalah pengguna Haki terbaik. Berkaca pada Shanks, Luffy juga akan mampu menghadirkan kekuatan dahsyat dari kekuatan Haki. Bahkan, bisa jadi kekuatan Haki dari Luffy akan jauh lebih dahsyat dari Shanks. Teorinya juga menyebutkan jika ini bisa jadi ada kaitannya dengan sosok Joy Boy.

Joy Boy diduga tahu apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang, sehingga dia menulis berbagai hal yang terjadi di masa lalu melalui sebuah Poneglyph. Tujuannya agar generasi baru bisa tahu apa yang terjadi pada masa lalu. Bagaimana kemudian Joy Boy bisa tahu tentang apa yang akan terjadi selanjutnya adalah karena kemampuan Observation Haki yang dia miliki.

Luffy merupakan salah satu karakter yang bisa melihat ke masa depan dengan menggunakan Haki miliknya. Ketika kemudian Luffy berhasil mengaktifkan true awakening dalam dirinya, dia bukan hanya bisa melihat masa depan selama beberapa detik. Namun, Luffy mungkin akan mampu melihat puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun yang akan datang. Mengapa? Seperti disebutkan di atas, true awakening Luffy akan membuatnya benar-benar berubah menjadi dewa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.