shikamaru kekuatan eidaAda kemungkinan jika Shikamaru mengalami hal yang sama seperti Sasuke yaitu sadar akan kekuatan dahsyat dari Eida. Manga Boruto kini bersiap untuk perilisan chapter terbaru yang menghadirkan banyak hal menarik. Mulai dari perubahan nama menjadi Boruto: Two Blue Vortex, hingga alur cerita manganya yang akan dimulai pasca timeskip.

Sebelumnya para fans sendiri sudah menduga jika manganya akan menghadirkan momen timeskip setelah melihat berbagai petunjuk yang ada. Dalam cerita sebelumnya diperlihatkan jika Eida menukar ingatan semua orang di Konoha. Dia menukar antara ingatan Kawaki dan juga Boruto. Yang menarik adalah Sasuke merupakan salah satu orang yang sadar akan kekuatan Eida dan ada yang salah dengan ingatannya. Hal ini juga kemungkinan dialami oleh Shikamaru.

Momen Sebelumnya di Boruto

Di beberapa chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana situasi di Konoha sempat tiba-tiba berubah menjadi tegang. Hal ini berawal ketika Eida dan Daemon akhirnya tiba di Konoha, setelah mereka sepakat untuk membantu Konoha untuk menghadapi Code. Mereka berdua tinggal di satu rumah yang sama bersama dengan Kawaki dan juga Uzumaki Boruto.

Sayangnya, hal itu ternyata tidak berjalan dengan semestinya. Situasi semakin buruk ketika Kawaki, Boruto, dan Sasuke, akhirnya menyadari jika Momoshiki masih hidup dan ada di tubuh Boruto. Menyadari situasi yang berbahaya tersebut Kawaki memutuskan sebuah aksi yang gila dan berani. Dia pun berusaha untuk menghabisi Boruto yang dianggap ancaman bagi Naruto dan Hinata.

Rencana itu jelas mendapatkan halangan dari Naruto dan Hinata, yang mana kemudian mereka “diculik” oleh Kawaki dan disembunyikan di sebuah dimensi. Sementara itu, semua orang menyangka jika Kawaki sudah menghabisi nyawa dari Naruto dan Hinata. Pertarungan antara Kawaki dan Boruto pun sempat terjadi, bahkan dalam pertarungan ini Boruto mendapatkan bekas luka sayatan di matanya.

Puncaknya, dalam pertarungan tersebut Kawaki meminta bantuan dari Eida untuk mewujudkan apa yang dia inginkan yaitu menjadi Boruto. Dengan menggunakan kekuatan tersebit akhirnya semua ingatan penduduk Konoha tertukar. Dalam ingatan mereka, Boruto adalah Kawaki dan Kawaki adalah Boruto. Inilah yang kemudian membuat para shinobi Konoha mengincar nyawa Boruto.

Shikamaru Sadar Kekuatan Eida

Namun, ternyata tidak semua terpengaruh kekuatan tersebut. Diketahui Uchiha Sarada dan Sumire tidak terpengaruh oleh kekuatan tersebut. Apa yang kemudian jadi alasan hal tersebut masih belum diketahui. Yang menarik adalah Sasuke sebenarnya menjadi korban dari kekuatan Eida. Tetapi, Sasuke pun sadar bahwa ada yang salah dengan ingatan dalam kepalanya dan dia pun mau membantu Boruto.

Hal ini juga yang mungkin terjadi kepada Shikamaru. Ada sebuah teori menarik yang muncul di kalangan fans yang menyebutkan jika Shikamaru kemungkinan juga menyadari bahwa ada yang salah dengan realita atau pikirannya. Dalam teorinya, Shikamaru mungkin sengaja bertindak seperti sekarang. Dia ingin mengikuti alur cerita “drama” yang terjadi sambil mencari tahu fakta yang sebenarnya.

Keputusannya untuk menjadi Hokage menggantikan Konoha dianggap sebagai salah satu cara atau jalan untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi. Teori ini bisa dibilang cukup masuk akal apalagi jika kita melihat beberapa hal dari sosok Shikamaru. Pertama, kecerdasan Shikamaru. Shikamaru merupakan sosok shinobi yang dikenal kritis dan cerdas terutama dalam berbagai situasi genting.

shikamaru eida

Biasanya, dia akan melakukan analisa dan mengamati berbagai potensi dan kemungkinan yang ada. Karena itulah, ada kemungkinan jika Shikamaru pun menyadari jika ada yang salah dengan ingatan atau apa yang dia lihat saat ini. Hal itu muncul setelah dia melakukan analisis atau pengamatan setelah beberapa tahun – tepatnya empat tahun jika berdasarkan waktu timeskip di ceritanya.

Jika Sasuke menyadari kesalahann tersebut berdasarkan ciri-ciri yang ada, seperti ikat kepala yang digunakan oleh “Kawaki.” Sasuke mengaku bahwa dia tidak pernah ingat memberikan ikat kepala miliknya kepada Kawaki, melainkan kepada Boruto. Shikamaru merupakan sosok yang sangat membenci Kawaki, karena dianggap sebagai ancaman besar bagi Konoha.

Sebagai sosok yang sangat membenci Kawaki, seperti halnya Sasuke, Shikamaru akan ingat wajah dari Kawaki. Tentunya, dalam pikiran Shikamaru akan sadar bahwa sosok Kawaki yang dia benci tidak memiliki bentuk wajah yang mirip seperti anak dari Naruto. Shikamaru tentunya akan mengolah dan menganalisis hal tersebut yang kemudian memunculkan kesimpulan bahwa memang ada yang salah dengan realita tersebut.

Petunjuk Dari Eida

Teori tentang Shikamaru ini juga bahkan didukung oleh apa yang Eida katakan dalam chapter 81 atau chapter 1 dari manga Boruto: Two Blue Vortex. Sumire dan Sarada di chapter itu bertanya kepada Eida apakah ada cara untuk mengembalikan semuanya. Eida pun menjawab bahwa tidak ada cara untuk mengemballikan itu semua. Dia kemudian bertanya balik tentang bagaimana mereka berdua mendapatkan sebuah ingatan.

shikamaru eida

Artinya, kenangan atau ingatan dalam seseorang bisa kembali atau muncul ketika terdapat sebuah peristiwa penting atau memorable. Kebencian Shikamaru terhadap Kawaki – dan Amado – sama kuatnya seperti Sasuke yang menyadari kesalahan ingatan dalam pikirannya karena peristiwa dia mewariskan ikat kepalanya kepada Boruto merupakan sesuatu yang memorable.

Jadi, kesimpulannya, Shikamaru memang ada kemungkinan menyadari jika ingatan atau realita yang dia jalani berbeda dari apa yang dia ingat atau ketahui sebelumnya. Hal ini berdasarkan fakta jika Shikamaru adalah sosok yang cerdas dan pintar dalam menganalisis sebuah peristiwa. Shikamaru sadar jika semua yang terjadi merupakan akibat dari kekuatan Eida. Menarik tentunya untuk melihat apa yang sudah Shikamaru rencanakan sejauh ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.