Kita semua pasti sudah tahu bahwa Transformers adalah alien sekaligus robot raksasa canggih dari Planet Cybertron yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi bentuk lain. Pada umumnya mereka sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok yang punya nilai-nilai perjuangan tersendiri di dunia Transformers. Namun, sama halnya dengan cerita apa pun, tak semua Transformer adalah robot yang setia. Beberapa di antaranya malah memilih jalur pengkhianatan yang akhirnya menyebabkan kontroversi dan pergolakan di antara penggemar. Seperti sepuluh Transformers pengkhianat paling kontroversial berikut ini!

Constructicons

Pertama kali diperkenalkan di series animasi Transformers Generation 1, Constructicon sejatinya adalah sebutan untuk para robot penjaga perdamaian Cybertron yang terdiri dari Bonecrusher, Gook, Long Haul, Mixmaster, Scavenger, dan Scrapper. Namun dalam prosesnya, Megatron diam-diam memprogram ulang mereka agar menjadi Transformers pengkhianat yang mengabdi sebagai sub grup Decepticons. Sejak saat itulah mereka mulai menjadi para robot jahat yang malah menghancurkan Crystal City dan berkhianat kepada Omega Supreme. Karena mereka adalah kelompok combiner yang bisa berubah menjadi robot raksasa Devastator, tidak banyak yang berani menghadapinya secara langsung.

Cliffjumper

Transformers pengkhianat

Dalam sejarah waralaba Transformers ada banyak sekali versi Cliffjumper yang telah diperkenalkan kepada penggemar. Pada dasarnya dia adalah Autobots yang bisa dibilang ‘kembaran’ Bumblebee versi warna merah. Nah dari sekian banyak versinya, Cliffjumper yang paling kontroversial pernah diceritakan di series Transformers: Prime. Di mana dia dibunuh oleh Starscream pada episode perdana dan diceritakan berubah menjadi zombie setelah terkena percikan Dark Energon. Hasilnya dia menjadi Transformers pengkhianat sebagai bagian dari Terrorcons yang ingin menghancurkan para Autobots.

Dreadwing

Transformers pengkhianat

Dreadwing adalah Transformers pengkhianat kontroversial lainnya yang muncul dalam kisah Transformers: Prime. Bedanya dengan Cliffjumper, Dreadwing awalnya justru merupakan seorang Decepticon yang tetap setia walaupun sering direndahkan oleh Megatron. Namun suatu hari dia mengetahui sebuah fakta mengejutkan bahwa Starstream sengaja mengubah adiknya Skyquake menjadi zombie Terrorcons dengan Dark Energon. Dari sinilah dia memutuskan untuk membantu Optimus Prime dan para Autobots dalam mengalahkan Decepticons. Di sisi lain dia sendiri punya tujuan untuk membalaskan dendam adiknya kepada Starscream.

Grimlock

Grimlock dikenal sebagai pemimpin dari sub grup Autobots yang disebut Dinobots, kelompok robot berpengaruh yang mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi dinosaurus. Dalam series Transformers Generation 1 sendiri, para Dinobots termasuk Grimlock merupakan ciptaan Wheeljack yang dimaksudkan untuk menjadi salah satu kekuatan utama Autobots ketika bertempur melawan Decepticons. Namun ternyata karena sifat Grimlock yang terlalu liar dan angkuh, dia malah menjadi Transformers pengkhianat setelah terhasut oleh Megatron. Untungnya, Optimus Prime berhasil membuktikan siapa bos yang sebenarnya, sehingga akhirnya dia kembali ke pelukan Dinobots dan Autobots.

Jetfire

Dikenal sebagai robot yang sangat menjujung tinggi ilmu pengetahuan di Transformers Generation 1, Jetfire awalnya adalah bagian dari Decepticons sebelum perang besar Cybertron. Suatu hari dia menghilang ketika tengah melakukan ekspedisi penelitian di Bumi. Secara kebetulan perang antara Autobots dan Decepticons pun akhirnya pecah sampai akhirnya terbawa ke Bumi. Pada suatu titik pertempuran inilah Starscream berhasil kembali menemukan Jetfire. Namun Jetfire yang merasa nila-nilai Decepticons sudah sangat bergeser, lantas memutuskan untuk menjadi Transformers pengkhianat dengan meminjamkan kekuatannya kepada para Autobots.

Megatron

Transformers pengkhianat

Dalam cerita komik Transformers terbitan IDW, ternyata sang pemimpin Decepticons yaitu Megatron pernah menjadi robot pengkhianat dengan bergabung Autobots. Semuanya bisa terjadi karena pada akhirnya dia sadar bahwa nilai-nilai yang selama ini dia junjung tinggi malah mengorbankan Planet Cybertron. Ditambah lagi pada saat yang bersamaan Decepticons Shockwave juga berniat mengubah planet asal Transformers tersebut menjadi Dark Cybertron. Dari sinilah niat Megatron untuk membantu Optimus Prime dan para Autobots makin bulat. Meskipun hanya sebentar, tetapi kisah ini tetap menjadi yang salah satu paling kontroversial di komik IDW.

Scourge

Transformers pengkhianat

Jika kalian sudah menonton film Transformers: Rise of the Beastskalian pasti tahu betapa jahatnya Scourge sebagai pemimpin Terrorcons yang diutus oleh Unicron. Hal yang sama juga terjadi hampir di semua kisah Transformers, di mana dia sering digambarkan sebagai bagian dari Terrorcons atau Decepticons. Namun menariknya ada satu versi di series Transformers: Cybertron yang justru menjadi Transformers pengkhianat dengan bergabung Autobots. Hal tersebut bisa terjadi karena Scourge sangat terkesima dengan ambisi dan kekuatan Optimus Prime, sehingga dia memutuskan untuk menjadi sekutu dari kelompok yang menurutnya kuat, dalam hal ini Autobots.

Wheeljack

Transformers pengkhianat

Melalui pembahasan Grimlock di atas kalian mungkin sudah tahu bahwa Wheeljack sejatinya adalah Autobots yang kecerdasan dan kekuatannya sangat berguna untuk tujuan baik. Sayangnya di series Transformers: Armada, karakternya dibalik menjadi robot yang sangat pendendam. Semuanya bermula ketika dia merasa ditinggalkan di bawah reruntuhan oleh Autobot Hotshot yang berjanji akan mencarikan bantuan. Mirisnya, yang datang untuk membantunya malah Megatron, sehingga dia memutuskan untuk menjadi Transformers pengkhianat yang ingin menghancurkan semua Autobots.

Optimus Prime

Transformers pengkhianat

Di series Transformers: Prime, setelah berhasil mengalahkan Unicron dengan mengorbankan Matrix of Leadership miliknya, Optimus Prime diceritakan sempat menjadi pengkhianat karena bergabung dengan Decepticons. Hal yang tampaknya sangat mustahil ini ternyata bisa terjadi karena pada titik ini Optimus kembali ke bentuk lamanya yang bernama Orion Pax tanpa ingatan tentang pertempurannya dengan Decepticons. Megatron yang mengetahui hal tersebut lantas menghasut Orion dengan memframing bahwa Autobots adalah kelompok robot jahat. Untungnya seiring dengan perjuangan Autbots yang tak pernah kendur, akhirnya Orion kembali ingat bahwa dirinya adalah Optimus Prime.

Starscream

Transformers pengkhianat

Setelah tadi berkali-kali namanya disebutkan, ternyata Starscream juga termasuk Transformers pengkhianat yang aksinya cukup kontroversial di series Transformers: Armada. Alasan tangan kanan Megatron ini muak dengan kelompoknya adalah tidak lain karena Megatron sendiri sering memperlakukannya sebagai sampai. Berbekal dendam tersebut dia akhirnya memutuskan untuk membantu Autobots mengalahkan robot yang sangat dibencinya. Nah ketika Unicron menjadi ancaman bagi kedua kelompok, Starscream akhirnya sadar bahwa Autobots dan Decepticons memang harus bersatu, akhirnya dia sengaja mengorbankan dirinya agar menjadi inspirasi bagi robot yang lain.

Itulah sepuluh Transformers pengkhianat paling kontroversial dalam sejarah waralabanya. Mengingat dunia Transformers sangatlah kompleks, pada akhirnya eksistensi para robot pengkhianat ini malah memberikan twist kisah yang menarik bagi para penggemar. Meskipun kisah mereka kadang-kadang mengundang kontroversi, tetapi tidak bisa kita pungkiri juga bahwa kita sendiri sebenarnya menginginkan variasi yang penuh kejutan seperti yang dialami oleh para Transformers ini.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.