Pulau Elbaf kemungkinan menjadi tujuan dari kru Topi Jerami selanjutnya dalam alur cerita cerita One Piece yang akan datang setelah salah satu Log Pose menunjuk ke arah pulau tersebut. Situasi di pulau Egghead sendiri saat ini sedang dalam siaga penuh. Angkatan laut sudah mengepung pulau Egghead dengan 100 kapal perang dan 30.000 pasukan. Belum lagi, salah satau Gorosei ada di kapal mereka dan kru Topi Jerami dalam kondisi yang terdesak.

Kru Topi Jerami sendiri di chapter 1089 diketahui berusaha untuk menggunakan York sebagai tameng hidup mereka. Kru Topi Jerami memanfaatkan York yang berkomunikasi dengan angkatan laut dan Gorosei untuk bisa membuat jalan keluar dari kepungan angkatan laut. Para fans pun penasaran dengan apa langkah selanjutnya dari kru Topi Jerami. Namun, petunjuk di chapter One Piece terbaru memberikan kemungkinan jika mereka akan pergi ke pulau Elbaf.

Petunjuk Menuju Pulau Elbaf

Petunjuk mengenai kemungkinan kru Topi Jerami akan pergi ke pulau Elbaf sendiri muncul di manga One Piece chapter 1090. Dalam chapter ini diperlihatkan jika Luffy melakukan negosiasi dengan angkatan laut dan Gorosei. Luffy meminta mereka untuk pergi dari pulau Egghead atau memberikan jalan kepada mereka untuk kabur jika ingin nyawa York selamat, Gorosei sempat bertanya kepada Luffy namun Robin menutup komunikasi tersebut.

Stussy kembali muncul di chapter ini setelah sebelumnya menghilang. Dia menjelaskan kembali tentang situasinya jika ada 30.000 pasukan dan 100 kapal perang yang mengepung pulau Egghead. Vegapunk kemudian bertanya kepada Nami mengenai kemungkinan untuk pergi dari sana dan pulau selanjutnya. Nami pun kemudian memperlihatkan Log Pose di lengannya.

elbaf one piece

Menurut Nami, mereka bisa mengikuti salah satu dari tiga arah yang sebelumnya sudah terekam di negara Wano. Salah satunya mengarah ke arah utara, yang mana menurut Vegapunk pulau di utara yang Nami maksud adalah pulau Elbaf. Mendengar hal tersebut, Luffy dan Usopp langsung kegirangan dan mereka mengatakan bahwa sudah sejak lama mereka bermimpi untuk bisa pergi ke sana.

Fakta ini menarik mengingat sebenarnya para fans sendiri sebenarnya sudah sejak lama memprediksi jika destinasi kru Topi Jerami selanjutnya adalah pulau Elbaf. Hal ini bahkan sudah diprediksi sejak arc Wano selesai. Para fans meyakini jika pulau Elbaf akan memiliki peranan penting di arc selanjutnya. Namun, pertanyaanya kemudian apakah memang kru Topi Jerami akan pergi ke pulau Elbaf?

Peluang Kru Topi Jerami Menuju Pulau Elbaf

Peluang untuk kru Topi Jerami menuju pulau Elbaf memang cukup besar. Pasalnya, Eiichiro Oda sudah memberikan petunjuk tentang pulau para raksasa tersebut akan dikunjungi oleh kru Topi Jerami sejak lama. Para fans juga menduga jika di pulau tersebut kru Topi Jerami akan bertemu dengan salah satu sosok Yonko lainnya yang juga merupakan kawan lama dari Luffy, yaitu Shanks.

Di pulau Elbaf ini diprediksikan akan ada banyak hal spektakuler dan epik lainnya yang terjadi, yang tidak kalah heboh dari apa yang disuguhkan di Wano. Misalnya, melihat apa yang dihadirkan oleh Oda Sensei mengenai pulau Elbaf sepertinya ada sebuah misteri yang akan terungkap tentang sejarah dunia di pulau ini. Mungkin kita juga akan mengetahui sejarah tentang para suku raksasa atau bahkan suku lainnya.

Kemudian, mengingat para suku raksasa adalah bangsa yang berumur panjang mungkin Oda Sensei akan menghadirkan potongan sejarah dunia yang tersimpan di pulau ini. Apalagi, seperti yang Geeks ketahui jika di pulau Elbaf juga tersimpan berbagai buku-buku bersejarah yang sempat ada di pulau Ohara. Buku-buku tersebut kemudian diselamatkan pasca kehancuran pulau itu.

Yang juga mungkin terjadi adalah akan ada pertempuran epik yang terjadi di pulau tersebut. Meskipun kru Topi Jerami sudah bertambah kuat, namun mereka tidak akan sanggup untuk bisa mengalahkan 30.000 angkatan laut, 9 orang wakil admiral, 1 admiral, dan 1 orang Gorosei. Peluang mereka untuk selamat dari serangan tersebut sangat kecil sehingga kabur adalah keputusan yang tepat.

Bisa jadi, pertempuran menghadapi angkatan laut ini tidak akan terjadi di pulau Egghead melainkan di pulau Elbaf. Kru Topi Jerami bisa memanfaatkan bantuan dari para suku raksasa yang ada di sana untuk menghancurkan kekuatan angkatan laut. Luffy dan Usopp merupakan dua orang yang dihormati dan difavoritkan oleh para raksasa seperti Dory dan Brogy. Sehingga, mereka tentu tidak akan keberatan membantu kru Topi Jerami mengalahkan angkatan laut.

Faktor Lain

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas. Ada juga berbagai faktor lain mengapa Elbaf memang bisa jadi pulau selanjutnya yang akan dikunjungi kru Topi Jerami. Pertama, pergi ke pulau Elbaf akan jadi momen reuni antara Nico Robin dan Jaguar D Saul. Seperti dijelaskan dalam kilas balik Vegapunk, terungkap jika sebenarnya Saul masih hidup setelah serangan Buster Call angkatan laut.

elbaf one piece

Saul kemudian bersembunyi dan kembali di pulau Elbaf. Oda Sensei selalu memberikan petunjuk tentang pertemuan atau kemunculan sebuah karakter. Ini artinya penjelasan Vegapunk tersebut bisa jadi petunjuk tentang pertemuan kembali Robin dan Saul. Kedua, pulau Elbaf bisa jadi tempat yang aman bagi kru Topi Jerami. Selain menjadi teritori atau wilayah para raksasa, Elbaf adalah daerah kekuasaan Shanks.

Vegapunk bisa tinggal di pulau ini untuk menghindari serangan dari World Government. Dia akan dilindungi oleh Saul dan para raksasa lainnya. Jadi, pulau Elbaf memang dirasa masuk akal untuk menjadi pulau selanjutnya yang kru Topi Jerami datangi apalagi mengingat situasi yang mengerikan dan terdesak di pulau Egghead. Kita nantikan saja ya Geeks momen kemunculan kru Topi Jerami di pulau Elbaf.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.