Dalam dunia superhero Marvel, Hulk dikenal sebagai salah satu karakter paling ikonis yang telah menjadi favorit banyak penggemar sejak kemunculannya pada tahun 1962. Alter ego dari Bruce Banner ini dikenal sebagai sosok yang memiliki emosi dan kekuatan luar biasa yang meledak-ledak. Menariknya seiring berjalannya waktu, tidak hanya kekuatannya saja yang menjadi unggulan, tetapi juga penampilannya. Di komik Marvel sendiri Hulk pernah beberapa kali diperlihatkan mengenakan berbagai macam armor yang memberikan tampilan epik kepadanya. Inilah tujuh armor Hulk paling epik sepanjang sejarah Marvel!

Sakarian Gladiator

Di kisah Planet Hulk, sang Green Goliath Marvel pernah diperlihatkan mengenakan armor paling epik dan paling terkenal dalam sejarah. Armor ini tidak lain adalah kostum khusus yang Hulk pakai ketika menjadi gladiator di Planet Saakar pasca pengasingan yang dilakukan oleh Illuminati. Merasa bahwa dirinya sengaja dibuang oleh para superhero, Hulk lantas kembali ke Bumi dengan armor ini untuk mencoba menuntut balas ditemani oleh kelompok sakarian ladiator Warbound. Hasilnya, tentu saja banyak superhero Bumi yang ‘digeprek’ oleh Hulk, tanpa terkecuali Iron Man dengan armor Hulkbuster-nya. Saking epiknya, versi live action armor ini juga pernah diperlihatkan di film Thor: Ragnarok.

Fear Itself Armor

Satu lagi armor ‘telanjang dada’ milik Hulk yang bisa dibilang epik adalah armor yang dia pakai di kisah Fear Itself. Semuanya bermula ketika tujuh palu Asgardian yang konon bisa menandingi Mjolnir tiba-tiba tersebar ke seluruh penjuru Bumi. Palu-palu kosmik tersebut ternyata tidak lain adalah senjata para pengawal adik jahat Odin yang bernama Cul Borson. Ketika Hulk mencoba mengangkat salah satunya, dia langsung berubah menjadi Nul the Breaker of Worlds lengkap dengan armor a la Destroyer pada bagian lengannya. Untuk melawannya, Thor sampai harus mengumpulkan para superhero Bumi dan mempersenjatai mereka dengan perlengkapan yang terbuat uru metal khas Asgardian.

Troyjan Armor

Ketika pikiran Bruce Banner dan kekuatan Hulk bersatu berkat kemampuan hiptonis Doctor Leonard Samson dalam cerita Troyjan War, Hulk pernah diceritakan mendapatkan armor epik agar bisa melakukan petualangan luar angkasa. Armor yang mirip pakaian khusus astronaut ini mau tidak mau harus dipakai Hulk bersama tim penjaga perdamaian galaksi yang disebut Pantheon untuk menyelamatkan salah satu anggotanya yang akan dinikahkan dengan anak panglima perang dari sebuah bangsa alien. Secara khusus armor ini melindungi Hulk dari lingkungan luar angkasa yang ekstrem serta membuat kekuatannya tetap bisa keluar tanpa menghancurkan apa yang dia kenakan.

Horsemen Apocalype

Melalui peristiwa alternatif di mana mutan jahat Apocalypse berhasil menguasai Bumi, Hulk pernah diceritakan menjadi salah satu panglima Horsemen Apocalypse yang mendapatkan armor khusus sebagai ciri khasnya. Armor ini memungkinkan kekuatan besar Hulk lebih terfokus sehingga setiap serangannya menjadi lebih fatal dan efektif. Mengingat Hulk adalah satu makhluk terkuat di Bumi, dengan armor ini mudah bagi Hulk untuk menjadi Horsemen terkuat dalam sejarah. Untungnya dia berhasil terlepas dari kendali Apocalypse dan akhirnya berbalik melawan tirani sang mutan jahat demi memulihkan keadaan Bumi dan semua isinya.

Psi-Armor

Sesuai dengan namanya Psi-Armor adalah armor epik yang terbuat dari kekuatan psionik sahabat Hulk yang bernama Nate Grey. Di kisah Onslaught sendiri Nate dikenal sebagai versi alternatif Cable yang tidak terkena virus techno-organic, sehingga kekuatan mutan yang diwariskan ibunya Jean Grey membuat dia menjadi salah satu pemilik kekuatan psikis terkuat di Marvel Universe. Nah ketika Nate dan Hulk diceritakan harus menghadapi sang Mad Titan Thanos, Nate sengaja memberikan armor psionik yang memungkinkan Hulk untuk bertahan dari serangan Thanos sampai berhasil mengalahkannya.

Indestructible Hulk

Dalam salah satu komik Marvel yang berjudul Indestructible Hulk, Bruce Banner yang telah berdamai dengan emosi Hulk diceritakan menjadi salah satu agen rahasia andalan SHIELD. Pada titik inilah para ilmuwan SHIELD menciptakan armor kuat dan canggih yang bisa mendukung setiap misinya. Armor ini pada dasarnya dikenakan oleh Bruce Banner ketika dalam wujud manusianya. Menariknya ketika dia berubah, armor ini juga bisa turut menyesuaikan tubuh Hulk tidak seperti celana robek yang biasanya dia pakai. Hebatnya lagi tubuh Hulk juga menjadi lebih terlindungi dari serangan dahsyat yang dilancarkan musuh-musuhnya.

Smashtronaut

Smashtronaut adalah sebutan baru bagi Hulk yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021 lalu. Bersamaan dengan julukannya yang epik, Hulk juga mendapatkan sebuah armor yang dia buat sendiri menggunakan bahan dan alat rampasan dari markas AIM. Armor barunya ini terdiri dari helm canggih bervisor merah serta sebuah jetpack yang memungkinkannya untuk terbang. Dengan armor ini Hulk terbukti mampu terbang ke luar angkasa, berpindah-pindah dari satu planet ke planet lain, sambil menghadapi kekuatan sang God of Thunder Thor serta menghancurkan armor kosmik Iron Man yang berusaha menghentikannya.

Dengan ketujuh armor epik miliknya ini Hulk telah berhasil mengukir sejarahnya sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai superhero terkuat di Marvel Universe. Bagaimana tidak, tanpa armor saja sebenarnya kulit dan tulang Hulk sudah mampu menahan berbagai serangan yang mungkin bisa langsung menewaskan manusia biasa. Sekarang dengan armor-armor ini bisa kita bayangkan betapa kuat dan tahannya Hulk, sehingga tidak aneh jika pada akhirnya semua lawannya mengaku kalah bahkan takut untuk menghadapinya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.